Peternak Puyuh Kemitraan PT Peksi Gunaraharja Dihajar Habis-Habisan di Tahun 2010 (1)

Peternak puyuh sebagai plasma dalam kemitraan dengan PT Peksi Gunaraharja sampai bulan April tahun 2010 ini masih dibuat kalangkabut dengan harga pembelian. Ada apa dan bagaimanakah ?

Memasuki tahun 2010, PT Peksi memberlakukan pembelian dengan system timbangan. Dimana sebelum itu pembelian dihitung secara butiran / per-butir. System baru tersebut mulai diterapkan per 1 januari 2010, kemungkinan diberlakukan dengan pertimbangan mengikuti standar pembelian nasional, namun bisa juga ditujukan untuk memperbaiki kualitas telur.

Walaupun sudah ada pemberitahuan terlebih dahulu dan juga sudah diujicoba pada bulan Desember 2009 yang lalu, tetapi penerapan system baru ini masih cukup mengagetkan peternak plasma puyuh petelur. Banyak yang bahkan sampai sekarang belum bisa beradaptasi dengan keadaan tersebut. Antara lain ditandai ada juga yang telurnya tidak memenuhi standar timbangan untuk per-ikat (900 butir), dimana PT Peksi memberlakukan standar timbangan per-ikat minimal 9,5 kg. kenyataannya bahkan ada peternak yang menyetorkan telurnya per-ikat di bawah 8 kg.

Kemudian menjadi pertanyaan menarik yalah kenapa kualitas setoran telur ada yang sedemikian buruknya dan apa hubungannya dengan kebijakan baru PT ?

Mencoba melihat secara luas dengan perbandingan-perbandingan kondisi pada tahun-tahun sebelumnya, untuk tahun ini langsung berani ambil konklusi bahwa peternak puyuh petelur kemitraan PT Peksi Gunaraharja memang sedang dihajar habis-habisan.
Bagaimana tidak?

Pada tahun-tahun sebelumnya, mulai bulan Desember, Januari, kadang hingga Februari kondisi harga sudah menjadi rutinitas boleh dibilang kurang atau malah tidak menguntungkan peternak puyuh. Kondisi tersebut biasanya diantisipasi dengan “sekalian” menjadi bulan awalan untuk meremajakan puyuh petelurnya.
Namun untuk tahun 2010 ini sampai bahkan bulan April ternyata harga masih dalam kondisi memprihatinkan.
Sekedar perbandingan saja dengan tahun yang lalu. Memakai perhitungan sederhana untuk populasi 2000 ekor yang membutuhkan pakan sejumlah 6 sak per-minggunya. Pada tahun lalu, pakan 6 sak tersebut bisa ditutup cukup dengan 8 ikat telur. Namun untuk tahun 2010 [sampai pertengahan april ini] untuk menutup kebutuhan pakan yang 6 sak tadi membutuhkan paling tidak 10 ikat telur.

Selisih 2 ikat !!!!!

Terkait dengan kondisi berat telur yang disetorkan oleh peternak seperti telah disinggung di atas ada yang bahkan dibawah 8 kg per-ikat, merupakan salah satu bentuk hasil dari kondisi harga yang masih memprihatinkan. Dimana sebagian peternak kemudian memodifikasi pakan dengan mengurangi jumlah pakan dari PT menggantinya dengan jagung giling, maupun katul dedak halus. Akibatnya tentu saja berat telur menjadi berkurang. Walaupun diharapkan akan mendapat keuntungan yang lebih besar dibanding apabila memakai pakan murni dari PT. Jadi kondisi berat telur yang di bawah standar rata-rata karena merupakan hasil dari mensiasati jumlah pengambilan pakan.

Mencoba menelisik keadaan yang terjadi sekarang, sekedar mendapat info, bahwa ternyata harga telur nasional sekarang lebih tinggi daripada tahun kemarin [info per-April 2010].

Nah…. Dari info tersebut kemudian muncul pertanyaan; harga nasional telur puyuh lebih tinggi dari tahun kemarin, tapi mengapa harga yang diberikan dari PT Peksi Gunaraharja untuk plasma atau peternak kemitraannya malah lebih parah ??? Terutama sampai saat ini bulan April 2010.

Ternyata ada beberapa hal penting yang perlu diketahui oleh plasma kemitraan PT Peksi Gunaraharja……
Apa saja ???? Kita lanjutkan di postingan yang akan datang….. Terima kasih.

[ditulis oleh: M. Arief B.]

=====================================>

ARTIKEL TERKAIT:

Berbagi Cerita Pengalaman Beternak Burung Puyuh

Permasalahan Kemitraan Beternak Burung Puyuh Petelur

Menghadapi Bulan-bulan Buruk Harga Telur Puyuh

Tips Merawat dan Memelihara Puyuh Petelur Agar Tetap Berproduksi dengan Maksimal

Syarat-syarat yang Diperlukan dalam Budidaya Burung Puyuh Petelur

Aneka Makanan dengan Bahan Telur Puyuh

Kiat Meningkatkan Keuntungan dalam Beternak Burung Puyuh Petelur dengan Mencampur Pakan (tidak Berlaku untuk Kemitraan)

Gambar Kandang Burung Puyuh PetELUR

[pic] Persiapan dan Perkembangan Pembesaran DOQ Ternak Burung Puyuh Petelur

Bisnis Puyuh Memang Sedang Ampuh

Beberapa Hal yang Penting Diperhatikan pada 3 Hari Pertama Pembesaran DOQ Puyuh Petelur Sistem Manual dengan Pemanasan Lampu Listrik

TELUR PUYUH: Sangat Bagus untuk NUTRISI OTAK !!!!!

DIJUAL: CD Video dan Buku Panduan Cara Beternak Burung Puyuh yang Benar

Alamat Lengkap PT Peksi Gunaraharja

About these ads

15 thoughts on “Peternak Puyuh Kemitraan PT Peksi Gunaraharja Dihajar Habis-Habisan di Tahun 2010 (1)

  1. Mas.. pertama agak sedikit bingung antara picture, topic dan isi article ini :D

    semoga ditemukan alternatif yang tidak merugikan peternak :)

  2. saya mau tanya ne pak mengenai pembelian bibit puyuh dan prosedurnya??
    saya berada di medan. apakah ada penjualan bibit puyuh untuk daerah saya??

    terima kasih,

    felix

  3. saya tinggal di kebumen, mau tanya hubungan ariefmas’s weblog dengan pt peksi guraharja apa sih? trus klo saya mau belajar beternak burung puyuh mengenai pembelian kandang dan alat untuk beternak ,pembelian bibit yang siap telur, pakan, perawatan, penjualan telur dan burung puyuh yang sudah tidak produktif dimana? saya tertarik. serius!!!!

  4. maaf ada kesalahan tulis pada hubungan aries,s weblog dengan pt peksi gunaraharja, dan saya mau tanya lagi sekarang pt peksi gunaraharja masih ada ga?

Dipersilakan mohon Komentar di SiNi [trima kasih]

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s