Beternak Ayam Pedaging, Apakah Menguntungkan ( Melirik Bisnis Tetangga )

 

Salam sejahtera

Beternak ayam pedaging, biasa disebut juga dengan ayam broiler atau juga ayam potong; apakah menguntungkan ?

Tentu saja menguntungkan. Kalo tidak menguntungkan ya mana ada yang mau menjalankan budidaya ayam pedaging. Nyatanya di desaku saja, dalam radius dua kilometer dari rumah tempat tinggalku terhitung ada 9 ( sembilan ) rumah kandang ayam pedaging. Mulai dari yang jumlahnya 2000 sampai yang lebih dari 10.000 populasi.
Bahkan sekarang ada lagi dalam tahap pembangunan kandang untuk muatan 2000 populasi ayam pedaging.
Perkembangan yang luar biasa pesatnya di desa saya.

 

Namun memang seperti pernah ada yang bilang, rata2 peternak ayam pedaging sebelumnya memang sudah berlatar belakang ekonomi kuat atau golongan orang mampu. Itu hanya sepenggal penglihatan yang terjadi di desa kami.
Kalau sebelumnya tidak tergolong orang mampu, ya mana bisa, sedangkan untuk piara 2000 ekor ayam pedaging saja ada yang habis 50jt bahkan 60jt biaya pembangunan rumah kandang ternak ayam pedaging siap pakai ?

Dari sedikit tahu mengenai permodalan beternak ayam pedaging yang bagi saya jelas modal yang “wah” dan di luar jangkauan. Akhirnya saya ingin tau lebih lanjut sampai seberapa keuntungannya dan BEP budidaya ayam pedaging / broiler yang membutuhkan modal demikian besarnya.

Sampai pada saatnya saya mendapat kesempatan ngobrol2 dengan pemilik budidaya ayam pedaging dengan populasi 6000 ekor. Sebelumnya terima kasih untuk beliau.

Kesempatan bincang2 itu saya dapat ketika saya ingin tau dan ingin melihat bentuk dan cara kerja pemanas gasolet. Rencananya waktu itu saya ingin pembesaran DOQ bibit puyuh petelur dengan pemanas gasolet.
Setelah selesai melihat lengkap alat gasolet, kemudian saya dan bapak pemilik ternak ayam duduk2 ngobrol.

Kalimat awal yg beliau ucapkan adalah menawarkan ke saya seluruh bangunan rumah kandang ayam pedagingnya siap pakai, sudah termasuk sewa tanah dan seluruh peralatannya. Ditawarkan untuk diganti biaya totalnya 155 juta.

Tentu saja saya hanya tersenyum. Itu jumlah uang yg luar biasa besar. Mana mampu.

Dari hasil ngobrol dengan beliau, saya memperoleh beberapa poin mengenai beternak atau budidaya ayam pedaging berdasar populasi 6000 ekor, demikian garis besarnya ( kalau ada yg salah, mohon dikoreksi ) :

1. Modal utama peternak plasma kemitraan ayam pedaging hanya menyediakan sarana yang berupa tempat rumah kandang budidaya
Bangunan siap pakai untuk 6000 populasi membutuhkan dana total 155 juta sudah termasuk sarana, peralatan, dll yang dibutuhkan

2. Bangunan tersebut berdasar petunjuk dari PT kemitraan yang bersangkutan

3. Setelah kandang siap, pemesanan sampai DOC bibit ayam pedaging datang kira2 membutuhkan waktu satu minggu

4. DOC bibit ayam pedaging itu tidak membayar

5. Pakan juga tidak membayar

6. Pakan dan DOC bibit ayam pedaging akan diperhitungkan nanti pada saat panen

7. Harga beli pada saat panen sudah ada tercantum dalam kontrak perjanjian antara plasma peternak dengan PT kemitraan

8. Dalam waktu satu tahun mencapai 8x panen.

9. Rata2 per-panen mendapatkan hasil 12 juta

10. Hasil 12 juta dikurangi biaya karyawan ( 1 orang ), pembelian sekam, tabung gas, obat2an untuk pembersihan, dll sekitar maksimal 4 juta akan ketemu hasil bersih beternak ayam pedaging populasi 6000 ekor adalah 8 juta per-panen.

11. Berkaitan dengan poin 8, berarti hasil bersih dalam setahun 8x panen adalah 8 x 8jt = 64 juta

Kemudian saya simpulkan untuk kembali modal yang 155 juta tadi membutuhkan waktu lebih dari 2 (dua) tahun.

Demikian yang sedikit saya ketahui mengenai budidaya beternak ayam pedaging. Entah benar atau tidaknya, saya hanya mendapatkan cerita dari bapak peternak ayam.
Namun yang jelas, menurut pendapat saya, beternak ayam potong adalah usaha dengan obyek sebagai bahan makanan yang mendekati kebutuhan pokok. Hampir di semua wilayah dengan banyak selera, daging ayam menjadi lauk yang sudah mengakar di masyarakat.

Terima kasih.

31 thoughts on “Beternak Ayam Pedaging, Apakah Menguntungkan ( Melirik Bisnis Tetangga )

  1. Ass wr wb.
    Mas Arief yang budiman…and loman..hehehe..
    setelah membaca artikelnya, saya lebih jadi tertarik untuk mencoba beternak puyuh yang gak terlalu membutuhkan modal besal (apalagi setelah membaca….Kisah sukses Plasma Puyuh)
    Isnya Allah , Bismillah untuk memulainya…. doakan semoga berhasil dan sukses.
    wassalam wr wb.
    abdurachman di Ciangsana Gunung Putri Kabupaten Bogor

    • Waalaikumsalam wr wb
      Semua usaha tentu ada kelebihan dan kekurangannya masing2. Tinggal dipilih mana yang cocok dg selera kita. Asal ditekuni dan dengan kesungguhan menjalaninya.
      Saya hanya bisa ikut mendoakan. Mudah2an berhasil dengan sepenuh kesuksesan. Semoga.
      Amin amin . .

  2. Assalamualaikum Wr, Wb…

    Perkenalkan saya Fadhil mas Arief,
    Kalo untuk kondisi tempat untuk beternak ayam boiler, ayam petelur atau puyuh apakah ada bedanya,,??misal dari segi daerah atau cuaca,
    Tolong ya mas Arief bisa dishare pengalamannya,,,,
    Terimakasih,,,

    • Waalaikumsalam wr wb . . .

      Salam perkenalan juga, Mas Fadhil. Mohon maafnya baru menanggapi. Lebih seringnya membuka yang http://puyuhjaya.wordpress.com

      Khusus untuk memperbandingkan dengan ayam petelur, saya belum bisa memahami.
      Namun bila dibandingkan dengan ayam pedaging, kelebihan beternak puyuh ialah pada lebih hemat tempat dan lebih ringan dalam perawatan. Faktor lokasi juga tidak harus jauh terpencil, yang penting pengelolaan kotoran harus benar.

      Untuk iklim, puyuh bisa hampir di berbagai daerah tidak masalah. Di pegunungan tinggi maupun wilayah pantai yang panas, bisa.

      Sementara demikian, Mas Fadhil.
      Terima kasih sama-sama.
      Salam.

  3. kayaknya modal awal untuk 6000 ekor nggak akan sebesar itu. Karena kandang tidak perlu membeli tanah dan membangunnya. Tapi sewa kandang yg sudah jadi saja. untuk sewa mungkin hanya 10 jt sd 12 jt per tahun. wallohu’alam

  4. Assalamu’alaikum w…w…
    Sy sekarang sedang membangun 1 unit kandang ayam dgn kapasitas 7000e.
    Sblum berjalan sdh sy hitung2 hanya menghabiskan 75jt, it sdh termasuk untuk anggunan kpd pt inti.
    Tetapi sy tidak menebang lokasi kandang.
    Jd klo hanya kapasitas 6000e habis segitu sy msh ragu.
    At mungkin d daerah sana agak susah mencari bahan bangunan’y.

    • Waalaikumsalam wr wb . . Betul, Mas. Mungkin di bahan dan atau pemborongannya. Bambu juga ambil dari jauh. Sistem airnya sudah otomatis.
      Tapi pekerjanya tetep berat, pernah hampir jumatan harus mengangkut 100 sak sendirian dari truk ke gudang. Karyawan yang truk hanya satu yg mbantuin ngangkat di truknya. Yg lain cuma nonton. Karena itu rata-rata pekerjanya ganti2 terus.

      Ada juga yg baru bikin, sekitar 3rb populasi habisnya sudah 60 jt an.
      Kalau mau sewa kandang, ya nunggu ada mandeg, biasanya terus disewakan. Di sini sudah ada 3 yg disewakan. Yang satu sudah ambruk bangunannya.

      Tapi hasil ngobrol terbuka, tetap bisa cari untung lebih kok. Tidak perlu saya sampaikan.

  5. Mas arief,
    terimakasih atas pencerahannya.
    Kalau boleh tau lokasi mas arief dimana.
    saya lagi mau memulai kemitraan ayam.
    saat ini lagi Cari sewa kandang, daerah, banyumas, purwokerto, cilacap. kalau ada info kandang sewa mas? tolong berbagi info.
    henri_noc@yahoo.com

  6. assalamu alaikum, saya telah lama menjadi anak kandang di peternakan ayam potong,saya juga ingin memiliki peternakan sendiri di kemudian hari,yang saya herankan, kok beda cara permodalannya, untuk populasi 6000 ekor memerlukan dana 155 juta rupiah, itu menurut bos saya adalah biaya yang langka.. kemarin bos saya cerita,untuk membuat kandang dengan populasi 2500 saja memerlukan modal 150 juta, berhubung saya ingin tau lebih dalam,tolong penjelasan dari anda, atas jawabannya saya ucapkan terima kasih,

  7. Kami sedia Bio Suplemen Pakan Ternak yang dapat menambah nafsu makan ternak anda dan meningkatkan daya tahan tubuh dan meningkatkan bobot ternak dalam waktu relatif singkat. Harga 500.000 dapatkan 1,5 liter termasuk ongkos kirim ke seluruh Indonesia. Hubungi Suwarto 085227348404

  8. wkwkwwkkw, ente ketipu sama toke kandangnya,,, gw dulu beternak thn 2008, dgn kapasitas 15 rb ekor,, gw bermitra di PT PKP sama PT.Musi raya,,, Total biaya pembuatan kandang beserta peralatannya sekitar 170-180jt, tapi pemanasnya pake batu bara….
    tp,, setelah gw hitung2, ternyata enakan modal sendiri daripada bermitra sama Perusahaan tersebut, masalahnya ketika saya mengalami kerugian (banyak ayam yg mati pd umur 25-33 hr) padahal saya sudah memberitahu PPL nya supaya cepat di panen,, tp belum jg di panen., ketika itu saya rugi 14 jtan ( belum termasuk biaya operasional dan gaji anak kandang),, eh ternyata setelah saya hitung2, pihak perushaan sudah untung 110-120 jt an (bocoran dari PPL-nya)

    PPL nya bilang bhw pihak perusahaan banyak mengambil untung dari mitranya,, misalnya saja

    1. bibit = 10-15 %
    2. Obat2an = 20-25 %
    3. Pakan = 10-15 %
    4. Selisih harga jual saat itu= 15300- 12900 = 2400

    • dengan modal sendiri akan kesulitan pemasarannya. Lebih baik dengan mitra karena kita tdk perlu memikirkannya. Kita tgl hanya mengelola kandang dan setelah ayam besar, mitra akan menjemputnya dan dia sdh punya link penjualan. Bayangkan kalau kita yg hrus memasarkan 6.000 ekor ayam. Mau dibawa kemana? coba. Kalau gagal, kerugian akan jadi sgt besar

      • betul bro…tempat aku banyak yg gulung tikar gara2 dipermainkan pembelinya..ga gampang nyari pembeli yg butuh ribuan ekor…ada satu dua yg mau kadang di dp dulu sisanya bablas ga kebayar….banyak kejadian kayak gitu

  9. assalamualaikum.. saya tertarik sekali dengan berbisnis ayam potong.. tp yang masih saya bingungkan bagaimana nanti penjulannya.. saya minta bantuan anda mungkin ada yang berminat berbusnis dr PT yang bsa saya ajak kerja sama,.. saya sudah punya tempatnya,,

  10. Ass. saya Oki W pernah mencoba pengelolaan ayam broiler didaerah Magelang dan sukses, tapi karena sesuatu hal yang prinsip tidak bisa meneruskan lagi dimagelang krn kejauhan, maka saya mohon informasi lokasi kandang ayam diwilayah sawangan, parung dan tangerang yang cukup strategis dan memadai kira2 berapa ya harga sewanya /th,
    dan saya juga minta informasi nama pihak Mitra PT PPL yang cukup bonafide sehingga tdak salah pilih.
    sebelum dan sesudahnya terima kasih mohon infonya via sms ke 087890901488 atai email : mustko_06@yahoo.co.id

    Thanks.

  11. Di Jawa Timur, pembuatan kandang panggung rata2 membutuhkan biaya Rp 1.000/ekor dgn hasil yg ciamik. Untuk kapasitas lebih besar bisa lebih murah. Tapi itu belum termasuk biaya sewa tanah maupun pembelian peralatan sperti tandon air, tempat pakan dan minum ayam, pemanas. Dan soal kemitraan, cari yg ketentuannya jelas (ada hitam di atas putih). Keuntungan ikut kemitraan, ada kesepakatan harga di depan (harga kontrak), dan tidak akan terpengaruh dgn perubahan harga pasar selama proses budidaya; kemudahan pemasaran/panen (untuk kemitraan Wonokoyo, panen pasti dilakukan pd umur 35 hari dan langsung habis krna punya RPA sendiri. Untuk kemitraan lain, seringnya molor sampai umur >40 hari); kemudahan dalam hal mendapatkan bibit/DOC dan pakan karena pembayaran akan dipotong dari hasil panen. Saya sendiri adalah PPL PT. MUS (Wonokoyo Group) area Lumajang Probolinggo Jember Bondowoso. Jika butuh informasi, kerjasama, atau konsultasi tentang dunia ayam broiler, bisa kontak di 085646951550, 085230820708, 085646642010. Atau email: look_ass_manutd@yahoo.co.id. Pin BB: 2A19F85A. Terima kasih.

  12. ass.wr.wb salam kenal semuanya
    saya kmrn baru itung2an sama teman saya yg punya kandang ayam broiler,kira2 untuk kandang kapasitas 3000 ekor biayanya kurang lebih 60 juta itu sudah siap semua,DOC tggl masuk
    kebetulan teman saya krjnya brg saya jd bs nanya2

  13. Mas saya fendi,,
    Saya tertarik pengen coba bisnis ayam broiler,
    Saya mau tanya? klo buwat 1000 ekor itu modal awalnya berapa dan untung /tidak?

    terimakasih.

  14. salam alaikum mas bro… bisa tolong info nya mengenai agent bibit doc broiler dan pakannya yg bisa di jadikan mitra di daerah karawang barat…. makasih mas bro…

  15. Salam Sejahtera beserta keluarga
    Saya menawarkan tanah datar untuk dijual 3 ha di daerah Purbalingga Jawa Tengah sangat cocok untuk peternakan,karena di lingkungan saya banyak peternakan,air mudah melimpah,jauh dari pemukiman penduduk,pinggir jalan raya besar,
    BAGI YANG MINAT & SERIUS Hubungi = 0811 262 777

Dipersilakan mohon Komentar di SiNi [trima kasih]

