Ariefmas's Weblog

Sejenak Menapak Riuhnya Dunia Maya

25 Game Terbaik untuk Pendidikan

Video game komputer tidak selalu dihubungkan dengan nilai edukasinya, tapi sebagaimana media virtual tumbuh dan berkembang, pengajar menemukan bahwa games adalah cara yang hebat untuk membuat anak kecil belajar sekaligus merasakan kesenangannya di kelas. Tidak setiap game cocok untuk dipakai di kelas, tapi ada beberapa yang cocok dan bernilai untuk diajarkan karena dapat membantu perkembangan anak tersebut, luar maupun dalam lingkungan sekolah. 

Apabila Anda mencari sebuah game yang bersifat edukasional untuk dimainkan anak ataupun murid, pertimbangkanlah beberapa game di bawah ini. 

Sejarah 
Buat masa lalu jadi hidup dengan game yang menarik dan informatif ini.

  1. Civilization III: Civilization III menempatkan murid-murid memegang kendali atas perencanaan, mengatur dan berkompetisi dengan kebudayaan lainnya. Murid-murid akan belajar semua mengenai perbedaan sistem pemerintahaan, geografi dunia dan banyak sekali sejarah kebudayaan dunia dan pemimpin mulai dari Genghis Khan sampai Ratu Isabella dari Spayol.
  2. Revolution: Game ini dibuat oleh MIT untuk Education Arcade. Game ini mengijinkan murid-murid untuk mengambil peran sebagai seorang penduduk semasa Perang Revolusi Amerika. Murid-murid akan mempelajari mengenai konflik dari perspektif orang sehari-hari, dan mereka akan belajar semua hal mengenai ekonomi, sosial dan politik yang berjalan selama perang.
  3. Age of Empires III: Game ini mengijinkan murid-murid untul belajar mengenai jatuh dan bangun dari semua kerajaan di dunia. Seri ketiga ini meliputi zaman medieval sampai dengan pertengahan 1800 di sekitar negara Eropa dan Amerika Utara. Murid-murid akan ditantang untuk mengatur strategi, pengembangan sumber daya, dan perluasan dari societies di seluruh dunia.
  4. Oregon Trail: Game ini mengajarkan pada mereka bagaimana kesulitan yang dihadapi oleh pendatang dari barat sampai dengan memperoleh pengertian mengenai geografi dan pengaruh manusia kepada lingkungan.
  5. Pirate Raider: Pirate Raider membawa murid-murid ke laut bebas dengan kapal bajak laut di mana mereka harus bertarung dengan semua mulai dari monster laut sampai dengan pusaran air sementara membangun sebuah kapal dan memperoleh harta karun. Game ini dapat menjadi cara yang baik untuk mengajarkan kepada murid-murid mengenai sejarah bajak laut sementara membuatnya menjadi lebih menarik dan imaginatif. Murid-murid akan mempelajari berbagai macam tipe kapal, geografi dan banyak lagi sepanjang game di mana mereka dapat mengaplikasikan semua pengetahuan sejarah mereka.
  6. Where In Time is Carmen Sandiego?: Murid-murid akan mengikuti Carmen Sandiego melalui waktu dengan game edukasi klasik ini. Game ini membantu mereka dengan kasus yang harus mereka selesaikan, berjalan menuju tempat yang berbeda-beda dan waktu untuk menangkap Carmen Sandiego dari mencuri relik dari masa lampau. Murid-murid akan mempelajari fakta sejarah mengenai segala hal mulai dari Mesir Jaman Dulu sampai Ben Franklin, semua dalam format yang memberikan penghargaan atas pengetahuan mereka.
  7. Pharaoh: Dapatkan pengalaman dari kebudayaan Mesir Jaman Dulu dengan game strategi ini. Murid-murid akan membangun kebudayaan Mesir dari komunitas kecil sampai dengan kota besar, lengkap dengan piramid dan obelisk. Game ini memberikan informasi yang akurat mengenai konflik, pemimpin dan mitos Mesir dan kata-kata dan dapat menjadi tambahan baik untuk pelajaran mengenai sejarah Mesir.
  8. Making History: Game strategi turn-based ini membawa murid-murid ke dalam masa sebelum dan sesudah Perang Dunia II. Murid-murid akan bertanggung jawab untuk membuat aliansi, membuat senjata, mengatur prajurit dan mengatur peraturan internasional. Game ini fokus pada Perang Dunia II tapi dapat dimodifikasi untuk mempelajari Roma Jaman Dulu atau Perang Dingin. Murid-murid akan mempelajari pengaruh dari keputusan politik dan mengerti pentingnya diplomasi dan hubungan internasional.
  9. Nancy Drew: Message In a Haunted Mansion: Tantangan bagi murid-murid untuk menggunakan kemampuan memecahkan masalah mereka untuk memecahkan sebuah misteri Victorian mansion. Murid-murid akan mempelajari mengenai arsitektur Victorian ketika memecahkan misteri yang sedang terjadi di dalam mansion tersebut.

Logika dan ilmu pengetahuan 
Menantang murid-murid untuk menggunakan kemampuan logika di kimia, fisika dan biologi untuk memainkan game-game ini.

  1. Return of the Incredible Machine Contraptions: Game ini menantang murid, tidak hanya untuk memecahkan masalah tapi juga menunjukkan pengetahuan mereka akan fisika, melalui pengertian energi kinetik dan potensial, pemindahan energi, gerak dan gaya, dan banyak lagi.
  2. Bioscopia: Game petualangan dan logika ini akan membawa murid-murid melalui sebuah fasilitas penelitian biologi kosong di mana mereka harus melakukan sebuah penyelamatan dengan memecahkan berbagai teka-teki dan terus maju. Puzzle di dalam game digabungkan dengan pelajaran dalam biologi yang meliputi semua hal dari biologi sel sampai dengan tingkah laku organisme yang kompleks.
  3. Chemicus: Murid-murid akan bekerja melalu sejumlah masalah yang berhubungan dengan ilmu kimia untuk membantu seorang teman yang diculik. Puzzle berdasarkan kimia, memerlukan murid-murid untuk mempelajari dan mengaplikasikan pelajaran mengenai struktur atom, hubungan kimia dan kimia organik.
  4. Zoombinis Logical Journey: Anak-anak akan mendapat sebuah kesempatan untuk berinteraksi dengan orang-orang imaginatif dari Zoombinis dalam game logika ini. Game menantang murid-murid untuk memecahkan masalah sehubungan dengan Zoombinis yang memerlukan mereka untuk menggunakan matematika, logika, membuat dan mencoba hipotesa. Anak-anak akan dapat untuk membangun kemampuan dalam area ini sementara merasakan bahwa belajar sebetulnya menyenangkan.
  5. Spore: Direncanakan akan dirilis akhir tahun 2008, game ini memiliki potensi menjadi alat yang baik di kelas untuk mengajar murid-murid mengenai evolusi dan tingkah laku organisme. Game mengijinkan murid-murid untuk membuat sebuah makhluk di mana mereka dapat atur untuk berevolusi dari sebuah organisme multi-cell sampai sebuah spesies interstellar exploring.
  6. Roller Coaster Tycoon 3: Sehari di sebuah taman hiburan terdengar tidak mendidik, tapi murid-murid dapat mempelajari pelajaran yang beharga ketika membangun roller coaster mereka sendiri dalam game ini. Roller coaster ini harus memiliki kriteria fisika yang cocok, dengan maksud agar dapat terus melewati jalur berikutnya ataupun untuk menghindari keluar jalur, dan murid-murid akan dipaksa untuk menggunakan pengertian mereka bagaimana dasar kerja untuk membangun atraksi yang menarik dan berfungsi. Murid-murid dapat mengaplikasikan pelajaran mengenai G force, energi kinetik dan potensial dalam permainan mereka.

Mitologi 
Murid-murid dapat mempelajari banyak sekali mengenai mitos dan sejarah dengan game ini.

  1. Age of Myhtology: Game ini menyediakan murid-murid dengan cara yang menarik dan interaktif untuk mempelajari sebuah mitos Yunani. Cara bermainnya menantang murid-murid untuk menenangkan dewa-dewa, melawan makhluk mistis dan membangun sebuah kebudayaan yang bertahan lama dan sukses. Murid-murid akan belajar berinteraksi secara langsung dengan dewa-dewa dan makhluk, dan game ini memberika elemen mitos di latar belakannya.
  2. Dark Age of Camelot: Membangun pengetahuan mengenai Raja Arthur dan Meja Bundarnya merupakan sebuah pengalaman yang menarik dan interaktif dari game ini. Murid-murid akan mendapat kesempatan untuk bagaiman mitos yang ada disesuaikan dengan sejarah dari British Isles, mempelajarai bagaimana legenda berevolusi dan tumbuh dengan waktu, dan mendapat pengalaman akan perang di Inggris. Hanya cocok untuk pelajar dewasa.

Fitness 
Ajak murid-murid berdiri dan bergerak dengan game ini.

  1. Dance Dance Revolution: Banyak kelas olahraga membantu murid-murid untuk sehat dengan cara yang menyenangkan dengan menggunakan video game sebagai bagian dari kurikulum. Murid-murid akan berkompetisi satu dengan yang lain untuk menyelesaikan gerakan yang sulit, berdiri dan bergerak, membakar kalori dan bersenang-senang. Game ini membantu murid-murid mempelajari fitness dapat menyenangkan dan membangun kemampuan koordinasi mereka.
  2. Wii Fit: mengkombinasikan permainan dan fitness ke dalam satu produk! (UPDATE 10 Juni 2008)

Bisnis dan hukum 
Game ini dapat membantu murid-murid untuk mempelajari keuangan dan bekerja dalam sistem yang legal.

  1. Railroad Tycoon II: Simulasi ini tidak hanya mengajarkan sejarah dari jalur kereta api di seluruh dunia, tapi juga mengajarkan dasar dari mengatur bisnis. Murid-murid akan mendapat kesempatan untuk membangun rel, mengatur sumber daya dan bahkan membeli dan menjual perusahaan dalam pasar saham virtual sementara mereka membangun kerajaan jalur kereta di Amerika, Eropa dan Afrika.
  2. Trade Empires: Murid-murid akan mempelajari apa yang harus dilakukan untuk membangun dan mempertahankan sebuah bisnis ekspor/impor dalam simulasi ini. Selama game berjalan, produk baru, pasar dan rute baru akan muncul, mengjar murid-murid tidak hanya mengenai aspek ekonomi tentang perdagangan tapi juga aspek sejarahnya.
  3. Law & Order: Disadur dari serial TV terkenal, game Law & Order ini membantu murid-murid mempelajari untuk mengatur keluar dan masuk dari sistem legal sementara memecahkan kejahatan. Game ini memerlukan pelajar untuk mencari petunjuk, membangun sebuah kasus dan membawa pendapat mereka di hadapan pengadilan, membantu mereka, selangkah demi selangkah dalam proses hukum legal di Amerika Serikat.

Community and Personal Skills 
Murid-murid dapat memperoleh bantuan yang mereka perlukan untuk mengerti komunitas, hubungan interpersonal dan untuk berinteraksi dengan murid lain dengan game ini.

  1. Sim City 4: Versi terakhir dari sim game klasik ini memerlukan pemain untuk mengatur keuangan, pertumbuhan, sumber daya dan letak dari sebuah kota. Murid-murid akan mendapat kesempatan untuk membangun kota dengan segala macam lingkungannya, berkompetisi atau bekerja sama dengan kota tetangga dan mengikuti kehidupan penduduknya. Ini akan memberikan mereka sebuah pengertian yang lebih baik tentang bagaiman kota dan komunitas diatur dan mengijinkan mereka untuk melihat pengaruh dari kota dan lingkungan terhadap penduduk mereka.
  2. Sims 2: Murid-murid dapat membuat miniatur lingkungan mereka dan membuat diri mereka sendiri sesuai dengan desain yang mereka suka. The Sims membantu murid-murid untuk mengerti bagaiman hubungan antara edukasi, sukses dalam karir, dan perkembangan hubungan interpersonal. Game ini menunjukkan murid-murid dengan simple sebab dan akibat dari hubungan sesuai dengan keputusan mereka, dan mereka juga dapat melihat bagaimana memainkannya sesuai dengan keadaan nyata.
  3. Whyville: Whyville adalah sebuah alam virtual yang mengijinkan murid-murid untuk berinteraksi satu dengan yang lain dan mempelajari mengenai topik yang berkisar dari bisnis sampai dengan geografi. Murid-murid memainkan game dengan anak-anak lain untuk mempelajari dan membangun kemampuan mereka dalam lingkungan online. Karakter mereka dalam dunia akan menerima gaji, dan murid-murid akan mendapat kesempatan untuk memulai bisnis mereka, membeli dan membangun hal-hal baru.
  4. Quest Atlantis: Komunitas game online mengajarkan murid-murid mengenai tanggung jawab sosial, kreativitas, diversifikasi, konservasi dan banyak lagi. Murid-murid akan menyelesaikan misi kecil untuk membantu menyelamatkan kebudayaan Atlantis. Game ini mengajarkan murid-murid untuk bekerja sama, menyelesaikan masalah rumit dan mempelajari bagaiman sebuah tindakan mempengaruhi kebudayaan dan lingkungannya.

17 September 2008 - Posted by | Unduh dari media online | , ,

24 Komentar »

  1. LIHATLAH MEREKA DENGAN SOMBONG MENANCAPKAN SALIB DI-MANA2, ..LIHATLAH BENDERA2 PAGAN (PARTAI2 SEKULER) BER-KIBARAN DI-MANA2….TAPI MANA AR-RAYAH SEBAGAI PANJI TAUHID …KENAPA HENYA BERDEBU MENJADI HIASAN DINDING DAN KENAPA BERDEBU HANYA KETIKA MASIROH…MASI KITA KIBARKAN BENDERA2 TAUHID TERSEBUT…DAN INGAT BAHWA AR-RAHA BUKANLAH MILIK SATU HAROKAH SAJA TAPI MILIK SEMUA UMAT ISLAM

    Komentar oleh matengkol | 7 Oktober 2008 | Balas

  2. Thanx for sharing such a good ideas

    Komentar oleh konta bankowe | 9 Maret 2011 | Balas

  3. Cealis

    Komentar oleh cheap cealis online canada | 13 Maret 2011 | Balas

  4. I really love the theme on your site, I run a blog as well, and I would really like to use this theme. Is it a free style, or is it custom?

    Komentar oleh Krystin Shankman | 28 Maret 2011 | Balas

  5. I concur with you on the first issue nevertheless, the 2nd point I would have to take issue with you on just because I do not comprehend your line of reasoning. Are you able to be more clear on why you feel this way? Thanks and I am looking forward to your answer back.

    Komentar oleh y8 | 4 April 2011 | Balas

  6. Interesująca propozycja w tym wpisie. Nie wiem czy się z tym zgadzam

    Komentar oleh ostra domina | 12 April 2011 | Balas

  7. I think I found few comment that looks like spam on your blog. I highly recommend you to report them with askimet. Anyway I found interesting point here and I learn english in the meanwhile ! Keep on bloging !

    Komentar oleh Iné | 5 Mei 2011 | Balas

  8. I very much like your blog’s post and all and i like the theme and the visuals but probably it needs a new style, its been awhile, anyone else think the same?

    Komentar oleh Dusty Rosenstein | 15 Juli 2011 | Balas

  9. I want to get across my affection for your generosity in support of those individuals that must have help with in this question. Your very own dedication to getting the solution along appeared to be especially functional and have frequently enabled guys like me to get to their pursuits. Your insightful guidelines denotes a whole lot a person like me and still more to my fellow workers. Thanks a ton; from each one of us.

    Komentar oleh nvidia geforce 9500 gt | 26 Juli 2011 | Balas

  10. I wanted to write you that little bit of word to be able to thank you very much once again for all the unique thoughts you’ve featured on this page. It was quite strangely generous with people like you to make openly what a few people could possibly have marketed for an e-book to get some cash for themselves, even more so given that you could possibly have tried it in the event you wanted. The thoughts also worked to be the good way to recognize that most people have a similar zeal really like my personal own to know the truth great deal more with regards to this matter. I’m sure there are millions of more pleasant occasions ahead for those who take a look at your blog.

    Komentar oleh Simonne Mateos | 27 Juli 2011 | Balas

  11. I have been surfing online more than 3 hours today, yet I never found any interesting article like yours. It’s pretty worth enough for me. In my view, if all website owners and bloggers made good content as you did, the internet will be a lot more useful than ever before.

    Komentar oleh Submit URL | 28 Juli 2011 | Balas

  12. It’s actually a cool and helpful piece of information. I’m satisfied that you shared this helpful info with us. Please keep us up to date like this. Thanks for sharing.

    Komentar oleh kamas pas cher | 1 Agustus 2011 | Balas

  13. 72. I’ve recently started a site, the information you offer on this website has helped me tremendously. Thank you for all of your time & work.

    Komentar oleh Darwin Pizzo | 1 Agustus 2011 | Balas

  14. One thing I want to discuss is that weightloss routine fast can be achieved by the suitable diet and exercise. Ones size not merely affects appearance, but also the overall quality of life. Self-esteem, despression symptoms, health risks, in addition to physical ability are damaged in an increase in weight. It is possible to make everything right and still gain. In such a circumstance, a problem may be the root cause. While excessive food and not enough exercising are usually responsible, common health concerns and popular prescriptions may greatly add to size. I am grateful for your post here.

    Komentar oleh comments | 2 Agustus 2011 | Balas

  15. I just could not depart your web site prior to suggesting that I extremely enjoyed the usual info a person supply to your visitors? Is going to be again frequently to check up on new posts

    Komentar oleh College Students | 16 Agustus 2011 | Balas

  16. I genuinely like your write-up. It’s evident that you have a whole lot knowledge on this subject. Your points are well produced and relatable. Thanks for writing engaging and intriguing material.
    Discovered this on Google and I’m happy I did

    Komentar oleh how to get google backlinks} | 19 September 2011 | Balas

  17. wd40…

    Beautiful faces are those that wear whole-souled honesty printed there. (Ellen Palmer Allerton)…

    Lacak balik oleh ,, | 28 Oktober 2011 | Balas

  18. http://best-buy.exoticasia.org/

    Komentar oleh Alyssa | 21 Desember 2011 | Balas

  19. The advantage is that you can lift the mattress, cotton mattress, the mattress because the salon is divided into three pieces together. But be aware that the need for manufacturers to use the new 100 percent cotton or mixed cotton rag scrap or other materials. Make sure to pick a Japanese silk fabric is wrinkle-resistant than Hnagake. The pure wool mattress that will be very tight, but I see it.

    Komentar oleh www.bestseller69.com | 6 Februari 2012 | Balas

  20. even as looking for a similar subject, your website came up, it looks good. I have bookmarked it in my google bookmarks.

    Komentar oleh Pheromone Advice | 20 Maret 2012 | Balas

  21. You have a very good blog. For a long time looking for something so wonderful.

    Komentar oleh abiti da sposa roma italia | 19 April 2012 | Balas

  22. Wah..ternyata Age of Empires termasuk game yang mendidik to…game favorit sepanjang masa

    Komentar oleh Xboxbundlewithkinect Guide | 21 April 2012 | Balas

  23. I wonder how you got so superior. This is really a fascinating website, lots of stuff that I can get into. One thing I just want to say is that your Web log is so perfect!

    Komentar oleh mojo rubber tracks | 2 Juni 2012 | Balas

  24. This design is incredible! You most certainly know how to keep a reader amused.
    Between your wit and your videos, I was almost moved to start my own blog
    (well, almost…HaHa!) Wonderful job. I really
    enjoyed what you had to say, and more than that, how you presented it.
    Too cool!

    Komentar oleh Cathryn | 1 Januari 2013 | Balas


Dipersilakan mohon Komentar di SiNi [trima kasih]

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: