Ariefmas's Weblog

Sejenak Menapak Riuhnya Dunia Maya

Sambel Pecel Mbah Pawiro

sambel pecel bumbu dapur

sambel pecel bumbu dapur

Ingat tujuh belasan, aku jadi ingat waktu kecil. Rame benar di desaku. Banyak tontonan, pameran, dan jajanan. Nah, ada salah satu yang jadi jajanan favoritku, yaitu pecelnya Mbah Pawiro. Nggak lupa setiap tujuh belasan aku pasti beli pecel Mbah Pawiro. Rasanya benar-benar pecel.

Sejak SMP sampe waktu belasan tahun aku sudah hengkang dari desa, jadi sudah nggak sempat lagi menikmati keramaian tujuhbelasan. Pecel Mbah Pawiro juga sempat lama terlupakan.
Dan sekarang Mbah Pawiro sudah uzur, nggak kuat lagi jualan pecel kalau tujuhbelasan, “trimo neng ngomah momong putu…” katanya.

Namun aku coba ngrayu cewek angkatan 45 ini buat ngajari bikin sambel pecel. Karena inti rasa yang lezat dari pecel ialah sambel pecelnya.

Bahannya cukup mudah didapat, semuanya ada 7 item ;
1. Kacang tanah
2.Cabe Rawit &/ Cabe Merah
3.Kencur
4.Bawang putih
5.Gula jawa
6.Daun jeruk nipis
7.Garam secukupnya

Jumlah untuk masing-masing item, lihat di gallery aja ya.. mungkin perlu di-zoom…. terus dikira-kira sendiri seberapa banyaknya. Itu buat yang tertarik mau bikin sambel pecel nan lezat selera very hot ala Mbah Pawiro.

Prosedur pembikinannya seperti ini :

Perlu diingat terlebih dulu, semua bahan harus disangrai (kecuali gula jawa dan garam), jangan digoreng dengan minyak. Itu untuk menjaga keawetan sambel pecel.

1. Kencur dan bawang putih disangrai sampe diperkirakan mateng, jangan sampe gosong banget. Diangkat.
2. Cabe dan daun jeruk nipis disangrai, terutama sampai daun jeruk nipisnya renyah. Tapi cabenya jangan terlalu kering. Diangkat
3. Selanjutnya kacang tanahnya disangrai juga, jangan lupa dibolak-balik.. biar nggak gosong.
4. Kalo sudah matang semua, selanjutnya kencur dan bawang putih dihaluskan terus disusul cabe, daun jeruk nipis, dan diberi garam secukupnya
5. Sedikit demi sedikit gula jawa mulai dihaluskan dan dicampur dengan bahan-bahan tadi.
6. Langkah terakhir campurkan kacang tanah yang sudah disangrai bersama semua bumbu-bumbu tadi, tapi JANGAN LUPA… kacang tanahnya DIHALUSKAN dulu ya !!!!!!
Warning : kalau capek menghaluskan dengan ulegan, bisa dengan cara ditumbuk…

SELAMAT MENCOBA..

Iklan

7 Oktober 2009 - Posted by | Catatan Saya | ,

3 Komentar »

  1. aduh.. baca postingan mas… jadi lupa makan niih…
    untung diingatkan dengan sambel pecel ini…
    bikin ndirian aja yang di warung2…
    hehehe….
    gk kerasa udah tengah malem….
    pengen turu aku….
    tapi makan pecel dlu…… donk…..

    ————————
    Arief: wah, seneng sambel pecel juga ya?
    Tahu lotek nggak?
    Saya suka banget sama LOTEK, biasanya jual bareng gado-gado kalo di jogja..

    Komentar oleh nurprasetia | 5 Maret 2010 | Balas

    • drooooliing…. jadi pingin ke Purworejo lagi,
      Meski bukan tanah kelahiran (Istriku asli PWR) tp koyo desoku dewe, setiap ke PWR slalu nyari lotek, kalo tetangga di Sucen ga jualan, nyari ke kampung lain, pokoknya sampe nemu tuh lotek…., nek saget kalihan es dawet ireng asli PWR…
      btw, tulisan2 mas arief sip banget, mas nyus pokoknya, ditunggu lanjutannya….

      Komentar oleh Pakpo | 6 Juni 2011 | Balas

      • Matur nuwun sanget . . . Inget purworejo jadi inget nenek moyang juga mulai bapak ke tas teruuus dari purworejo. Salam.

        Komentar oleh 'Ariefmas | 13 Juni 2011 | Balas


Dipersilakan mohon Komentar di SiNi [trima kasih]

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: