Ariefmas's Weblog

Sejenak Menapak Riuhnya Dunia Maya

Syarat-syarat yang Diperlukan dalam Budidaya Burung Puyuh Petelur

Syarat-syarat dalam memelihara burung puyuh ini bukan merupakan syarat teknis. Namun tidak apa-apa lah sekedar untuk mengetahui. Sebab syarat-syarat non teknis ini hanya rekaan penulis yang jelas tidak bisa dipertanggungjawabkan secara ilmiah apakah ada hubungan antara syarat-syarat ini dengan maju mundurnya usaha budidaya puyuh petelur.

Bagi yang berkeinginan terjun dalam usaha budidaya burung puyuh petelur, sebaiknya memperhatikan syarat-syarat berikut:

Syarat pertama adalah kasih sayang.
Bagaimanapun mereka tetap hewan. Secara logika burung-burung puyuh itu tidak akan mengerti biarpun kita bilang beribu-ribu kata sayang. Apakah sayang itu berbentuk selalu mengelus-elus mereka atau ikut tidur di dalam kandang ?
Bukan sayang seperti itu yang mereka inginkan. Tapi rasa sayang yang diwujudkan dengan memberi perhatian.
Tak kenal maka tak sayang, benar juga untuk diterapkan dalam budidaya beternak burung puyuh. Mengenal apa saja yang burung puyuh butuhkan, kemudian memberi perhatian. Di sini lah ada semacam ikatan batin antara kita dan burung puyuh; bahwa mereka bukan sekedar mesin pencetak uang.

Syarat kedua adalah adalah disiplin.
Mohon maaf, artikel selengkapnya saya pindah ke http://puyuhjaya.wordpress.com/syarat-syarat-yang-diperlukan-dalam-beternak-puyuh

——————————————————–

ARTIKEL TERKAIT:

Berbagi Cerita Pengalaman Beternak Burung Puyuh

Permasalahan Kemitraan Beternak Burung Puyuh Petelur

Menghadapi Bulan-bulan Buruk Harga Telur Puyuh

Tips Merawat dan Memelihara Puyuh Petelur Agar Tetap Berproduksi dengan Maksimal

Aneka Makanan dengan Bahan Telur Puyuh

Kiat Meningkatkan Keuntungan dalam Beternak Burung Puyuh Petelur dengan Mencampur Pakan (tidak Berlaku untuk Kemitraan)

Gambar Kandang Burung Puyuh PetELUR

[pic] Persiapan dan Perkembangan Pembesaran DOQ Ternak Burung Puyuh Petelur

Alamat Lengkap PT PEKSI GUNARAHARJA

Bisnis Puyuh Memang Sedang Ampuh

Beberapa Hal yang Penting Diperhatikan pada 3 Hari Pertama Pembesaran DOQ Puyuh Petelur Sistem Manual dengan Pemanasan Lampu Listrik

TELUR PUYUH: Sangat Bagus untuk NUTRISI OTAK !!!!!

4 Desember 2009 - Posted by | Catatan Saya, Dunia Puyuh, Puyuh Lama | , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

60 Komentar

  1. Lam knal mas arief,,
    Apakah kelembaban dan fentilasi udara dlm ruangan atau kandang puyuh mempengaruhi produksi puyuh tsbt??
    Terimakasih.

    Komentar oleh Raiya | 5 Desember 2009

  2. Kelembaban dan fentilasi memang berpengaruh. selain produksi, juga berpengaruh terhadap kondisi telur (lembab=menjadi “njamur”). Yang jelas mengenai fentilasi bener-bener minta diperhatikan (kita saja yang ngukur.
    Tapi yang penting, bagaimana dalam prakteknya saja. Monggo.
    Sebenarnya ada standar kelembaban, tapi saya sendiri juga tidak seteliti sampai pengukuran kelembaban.
    Sudah ada alat untuk mengukur kelembaban bisa dipasang di tiap-tiap kandang, tersedia di pt peksi gunaraharja, tapi mahal mas… saya kurang tertarik :)

    Komentar oleh M. Arief B. | 6 Desember 2009

  3. slam knl bos arief……
    bos,,kandange simple bnget…krmin langkah2 pembuatane dounk….
    saya jg memelihara puyuh ru 2 minggu ini…
    mslahe bnyak bnget yg aku alami
    ,,kndangq lantaine dasar..pengaruh tidak jika wktu panen q ambillansng pk tangan msk ke dalam????
    trus gmn kostruksi kandang yang air minume otomatis???????
    thax boz

    ——–
    Arief: salam kenal juga….
    Ambil langsung ke dalam?
    Asal tidak tiap hari grobyakan/gaduh, saya pikir tidak masalah ya, mungkin juga sudah terbiasa, jadi tidak terganggu/stres.
    Mengenai proses pembuatan kandang, sebentar lagi mau bikin baru, coba saya ambil gambarnya per-tahap terus saya posting di sini.
    Air minum otomatis? Seperti ternak ayam pedaging ya? Mungkin bagus juga, irit waktu, tapi saya belum mampu.
    Yrwc.

    Komentar oleh putut | 24 Desember 2009

  4. wah, mas… saya juga tertarik sama budidaya burung puyuh… jika punya info lebih lajut ttng burung puyuh… bagi saya ya. kirim ke E-mail saya …
    trimz

    ——–
    Arief: Trims juga….
    Mengenai info lebih lanjut, yang bagaimana ya?

    Komentar oleh dj martin | 1 Januari 2010

  5. numpang tnya lho mas,klo air minum puyuh kt buat air leding,kira2 gmna y mas?trims

    Komentar oleh rio | 27 Januari 2010

    • Skedar numpang tanya, tapi itu ide yang sangat bagus. Terutama untuk populasi di atas 5rb, bisa praktis dan irit waktu.
      Untuk ke depannya saya akan coba. Mungkin perlu dua tampungan, yang kedua untuk diisi obat/vitamin.

      Trims pertanyaannya.

      Komentar oleh ariefmas | 27 Januari 2010

  6. lam kenal mas, he he sebenarnya sy dah beberapak kali baca blog nya. saya mau mulai ternak puyuh ini mas,.. tp sebelumnya mau tanya, harga doq nya berapa ya? enakan mulai dari doq atau pulletnya? sekian aja thanks.. n sukses selalu..

    —————
    Arief: Lam kenal juga dan trima kasih atas kunjungan2nya :)

    Harga doq saat ini dari pt peksi masih Rp 1250/ ekor diantar sampai tempat (dalam wilayah jangkauan pt peksi).

    Tentang enakan mana piara sejak doq atau pullet (kalo boleh saya sebut ‘dara puyuh siap telur’), terus terang saja saya tidak bisa membandingkan, mas.
    Karena saya belum pernah piara yang dara puyuh siap telur. Sebab pt peksi dalam kemitraannya hanya melayani doq dan dibesarkan sendiri oleh plasma.

    Tapi kalo saya mengira-ira saja, sepertinya kok enakan piara yang pullet ya, mas. Sekitar umur 30 hari-nan. Langsung masuk ke kandang teluran :)
    Memperkecil resiko saat pembesaran.

    Sukses selalu untuk mas Setiyo..

    Komentar oleh setiyo kuntoro | 31 Januari 2010

  7. assalamu’alaikum??maz,mau tanya ni..dalam pembuatan kandang apabila terdiri dari 5 tingkat apa si puyuh gak terlalu sumpek tu untk bergerak???
    .maz py facebook gak?lok py krm k email sy..
    .oiya sekalian krm pic kandang pembesaran ya
    ,maturnuwun…
    wss

    ———————————-
    Arief: Waalaikumsalam…
    Kebanyakan memang tingkat 4, sehingga puyuh terlihat lebih leluasa dan kelembaban terjaga.
    Memang sepertinya sumpek ya dengan kandang 5 tingkat, tetapi untuk lahan terbatas seperti yang saya pakai, sementara ini kandang 5 tingkat masih terasa cocok dan relatif tidak mengganggu produksi.

    Mengenai facebook… Saya sangat jarang sekali buka facebook. Nanti kalo pas buka saja saya add… :)

    Komentar oleh doni | 1 Februari 2010

  8. salam kenal pak arief,
    saya tertarik untuk berternak puyuh petelur,kira2 modal yang dibutuhkan awal idealnya berapa artinya dg, analisa ekonomis,trus….bibit yang akan saya pakai sebaiknya yag bagaimana…..
    terimakasih.

    ———–
    Arief: Salam kenal juga.
    Trima kasih untuk ketertarikan beternak puyuh. Menambah kaya diversifikasi bidang pembangunan khususnya peternakan di indonesia.

    Mengenai m0dal awal yang ideal, tergantung pada keinginan dan tujuan beternak.
    Namun andaikata berangkat dari n0l, sebaiknya belajar dulu dengan memiara sedikit saja. Bersabar.
    Sebab kalo 1000/2000 populasi dan memakai karyawan, masing2 pihak saya kira hasilnya kurang terasa ya. Walaupun itu jelas relatif.

    Kemudian sistem beternaknya mau kemitraan atau mandiri. Pilihan ini juga membawa konsekuensinya masing-masing.

    Kabarnya ada sebuah group yahoo yang mendiskusikan tentang budidaya puyuh petelur. Walaupun sampai sekarang saya belum sempat searching.
    Barangkali di sana, mbak dan juga saya akan mendapat pencerahan yang lebih dalam mengenai beternak puyuh petelur.

    Komentar oleh ririn | 3 Februari 2010

  9. salam..
    saat ini saya menjual CD cara ternak burung puyuh yang benar, hanya dengan harga 50 ribu.
    CD bukan berisi ebook PDF atau paparan data melainkan video interaktif/audio visual bagaimana prakteknya
    langsung di lapangan. dan ada juga buku panduannya setebal 242 halaman (berwarna) harga 60 ribu.
    jika berminat silahkan hub.saya di 081-911857815 atau email rozi679@gmail.com.

    terima kasih

    Komentar oleh solvapotter | 16 Maret 2010

  10. […] Syarat-syarat yang Diperlukan dalam Budidaya Burung Puyuh Petelur […]

    Ping balik oleh Berbagi Cerita Pengalaman Beternak Burung Puyuh « Ariefmas's Weblog | 19 Maret 2010

  11. […] Syarat-syarat yang Diperlukan dalam Budidaya Burung Puyuh Petelur […]

    Ping balik oleh Peternak Puyuh Kemitraan PT Peksi Gunaraharja Dihajar Habis-Habisan di Tahun 2010 (1) « Ariefmas's Weblog | 13 April 2010

  12. asalamkm…
    mas saya mau beternak burung puyuh,,,,,
    mau mencari bibit yang siap telur
    yang saya tanyakan berapa harga burung puyuh per ekor dan siap telur….. terimakasih

    Komentar oleh habib | 8 Mei 2010

  13. asalam…
    salam knl pak…saya tertarik untuk berternak puyuh,,
    mw tnya pak, untuk faktor lokasi ndri apakah bs diternakkan didalam perumahan?????
    tolong penjelasannya pak…trimakasih

    Komentar oleh arba | 10 Juni 2010

  14. Salam kenal mas arief

    seperti yang ditanyakan mas habib saya juga bertanya seperti itu. Untuk beli burung puyuhnya dimana ya? dan juga harga perekornya. Atas bantuannya saya ucapkan terima kasih.

    wasalam

    Komentar oleh sachroni | 29 Juli 2010

  15. Pak kalau minat ternak puyuh semua keperluannya sampai burung dan pakannya di mana???
    Saya niat untuk tambahan pendapatan saya dan senang ambil telurnya dari kandang.
    Apa bisa bantu? Ada nomor yang bisa dihubungi g?

    Komentar oleh Nur | 29 Juli 2010

  16. Bos mau tanya nih?aq mau ternak puyuh dengan populasi 1000ekor, tapi dengan modal pinjaman, kira kira dengan modal pinjaman ini bisa untung nggak? Dan keuntungan minimal unt populasi 1000 ekor tiap bulanya berapa?please dijawab ya lewat email. Thx

    Komentar oleh nadif | 27 Agustus 2010

  17. mas arif yang baik hati … saya mau tanya tentang suhu yang bisa di terima oleh brng puyuh itu kisaran berapa yah…? terus klo di budidayakan di daerah banten bisa ga..>? thanks mas….

    Komentar oleh ruswan | 16 September 2010

  18. lam kenal mas,,,saya di banyumas untukpenyedia bibit puyuh yg terdekat dimn ya mas ?

    Komentar oleh agus | 24 Oktober 2010

  19. slm kenal .
    nm sya huda .
    sya sngt pngn skali bsa mmbudidayakan burung puyuh .
    tapi sya g tau bagmn cara membudidayakannya.

    Komentar oleh huda | 23 November 2010

  20. assalamungalaikum pak arief
    saya mau nanyak ni “kalau di medan ada gak cabang PT.Peksi Gunaraharja,kalau ada tolong ya kasi tau alamatnya.tx sya tunggu

    Komentar oleh IWAN | 25 Desember 2010

  21. salam kenal,
    kalau daerah sulawesi khususx selatan, sda ada blm tempat ambil bibit yg untuk petelur…
    Trims

    Komentar oleh Danny Thoz | 18 Januari 2011

  22. Ternak puyuh sebenarnya sangat menjanjikan ..tp banyak yang gak th cara ternak nya…gmana ya

    Komentar oleh yousev | 21 Januari 2011

    • kalo gak tau tnya sama mbah google

      Komentar oleh avrison | 12 Maret 2011

  23. mas, kalau mau beli bibit yang udah siap bertelur (dara)itu dmn? dan harganya berapa?? bisa diantar atau gk ya?
    terus perbandingan cewe dan cowo dalam satu kandangberapa???
    terus kita nunggu berapa lama smpai bisa mendapatkan telur2 itu??
    nah, klo udah bertelur, sampai usia berapa tahun puyuh itu masih produktif?
    klo udah gk produktif biasanya dikemanakan??
    tolong dijawab ya mas…
    makasiiiiiiiiiiiiiiiiiiiih bnyk…..

    Komentar oleh nunu | 6 Februari 2011

    • mbak,, rmah anda di daerah mana?
      semuanya harus jelas agar dapat jwban yg akurat

      Komentar oleh avrison | 12 Maret 2011

  24. mas, klo beli DOQ di cirebon dimana truz harganya brapa????

    Komentar oleh naufal si ganteng | 7 Februari 2011

  25. minta info pak… di jakarta untuk beli bibit

    Komentar oleh viyan | 18 Februari 2011

  26. bagaimana mengetahui bibit yang unggul

    Komentar oleh jatiputra | 18 Februari 2011

  27. mas,modal yang di perlukan untuk pakan per bln brpa
    dan hrga brng pyhnya sendiri brpa yg kecil aja

    Komentar oleh ave | 12 Maret 2011

  28. assalamu’alaikum wr wb……..
    pak Arief…saya tinggal di Sorong Papua….kalo ingin budidaya puyuh yang siap bertelur apa bisa kami peroleh….. di mana kami menghubunginya…matur sembah nuwun, wassalam wr wb

    Komentar oleh naryo | 21 Maret 2011

  29. assalamu’alaikum wr wb……..
    Pak Arief dh beberapa bulan ni sya ingin punya usha drmah ttpi sya trbentur waktu karna sya harus bekrja dulu pulng jam 2,,
    ttpi melihat peluang burung puyuh petelur ni sya sangat tertarik tp hingga saat ini sya masih buta dengan informasi tntang jenis usaha ini, sya ingin memulai dari hal terkecil dhulu…
    untuk pemula seperti saya tolong bri gambaran harus mulai dari mana dlu..
    1 ukuuran kandang tinggi, pnjang n lebarnya berapa?
    2 satu kandang isi barapa Ekor puyuh??
    3 harga DOC petelur sktar 1 bln langsung Produktif brpa?
    4 harga pakan? untuk pembelian pakan kemana?
    5 hasil produksi dijual kemna??

    seblumnya sya ucapkan trimakasih

    Komentar oleh yayan | 24 Maret 2011

  30. salam kenal.

    Komentar oleh maulana | 1 April 2011

  31. Assalamu’alaikum warocmatullah wabarokatuh
    Pak Arief yang baik ,salam kenal
    Boleh saya berkunjung ke tempat bapak , untuk lebih mengenal mengenai burung puyuh ,kalau boleh banyak terima kasih
    Lukito di tangerang

    Komentar oleh Lukito | 3 April 2011

  32. mas, kalo belinya burung puyuh dimana ? harganya berapa ?
    antar kota pengirimannya gimana ? minimal belinya berapa ?

    tlong kabarin ke e-mail sya ya … Terima kasih

    Komentar oleh samuel | 5 April 2011

  33. mas boleh mas puyuh ntu sendiri harus d paksin pa engga?
    kira harga sepasang puyuh ciap telor itu berapa?

    Komentar oleh fajar pratama | 24 April 2011

  34. saya baru di phk dr perkerjaan saya,,saya bner2 bingung,,,saya pingn berwira swasta,,saya tertarik pada bdng usaha ini,,saya mhon gmn cra awal usaha ini krn sya bnr2 awam di bdng ini,,n saya mhon pd semua berkan saya saran n cra2 menekuni di bdng usaha ini,,,trmksih sya ccng dr cianjur

    Komentar oleh ceceng | 14 Mei 2011

  35. slm kenal untk ms ceceng,jika anda ingn ush di bdg ini,lgkh prtm yg anda lkkn adlh mmbwt kandangnya dlu,,,saya juga krbn phk sprt anda,skrg saya menggeluti ush ini,lmyn hasilnya

    Komentar oleh wisnu | 16 Mei 2011

  36. mas mau tanya, kenapa hasil puyuh tetasan saya kok jenis kelaminya campur baur, biasanya dibedakan dari warna sudah kelihatan, coklat adalah betina, coklat kehitaman adala jantan, tapi ini kok sebaliknya, tapi ada juga yang sesuai warnanya. Dan usia awal bertelur lama sekali, biasanya cukup 45 hari sudah bertelur, tapi ini menunggu sampai umur 60 hari dan itupun menunggu lagi sampai 80 hari buat puyuh bertelur semua. Padahal indukannya tidak satu keturunan alias sudah dikawin silangkan, sekian terima kasih. mohon jawabannya (kalo bisa di email saya)

    Komentar oleh adi susanto | 24 Mei 2011

    • Trima kasih. Sudah saya jawab di email.

      Komentar oleh 'Arief | 28 Mei 2011

  37. mas..
    untuk menghemat biaya produksi, kira2 pakan alternatif (yang murah) yg dpt d campur sama bama. mengingat harga bama yang sangat mahal. dengan catatan campuran pakan alternatif itu tidak mengurangi persentase produksi telur. berapa perbandingan pakan campuran dengan bama.

    Komentar oleh maulana | 13 Juni 2011

    • Kalo prosentase, saya kira tidak begitu jauh kwantitasnya. (Mencampur pakan dg alternatif, cenderung tidak berakibat pada prosentase produktivitas). Tapi selama ini akibat pencampuran pakan; bobot telur lebih enteng, kerabang juga lebih rapuh, dan umur produktivitas juga tidak se-lama kalo pakan murni bama.
      Namun, ada beberapa peternak yg mencampur pakan dg alternatif nyatanya bobot telurnya berat, umur produksi juga panjang. Tapi saya belum pernah mempraktekkan.
      Untk bobot, biasanya mereka mencampur ditambh dg sentrat tulang ikan, atau mencampur pakan dg polar, biasa untk pakan sapi. Dicampur dg polar, katanya ada yg mencapai 11 kg untk 900 butir telur puyuh. Tapi saya tidak tau caranya mencampur dan kadar pencampurannya. Hanya berdasar cerita. Maaf.

      Komentar oleh 'Ariefmas | 13 Juni 2011

  38. […] di-klik Gambar Kandang Burung Puyuh PetelurSyarat-syarat yang Diperlukan dalam Budidaya Burung Puyuh PetelurTips Merawat dan Memelihara Puyuh Petelur Agar Tetap Berproduksi dengan MaksimalMenyingkap Isu […]

    Ping balik oleh Gambar Kandang Burung Puyuh Petelur (Facelift) « Ariefmas's Weblog | 14 Juni 2011

  39. […] di-klik Gambar Kandang Burung Puyuh PetelurSyarat-syarat yang Diperlukan dalam Budidaya Burung Puyuh PetelurTips Merawat dan Memelihara Puyuh Petelur Agar Tetap Berproduksi dengan MaksimalMenyingkap Isu […]

    Ping balik oleh Begini Menata Telur Puyuh Kemitraan PT Peksi Gunaraharja yang Baik dan Benar [foto] « Ariefmas's Weblog | 14 Juni 2011

  40. bos, ane pengen banget beternak puyuh, tp ga ngerti carane, ane msh awam thd cara ternak puyuh, jd apa yang hrs ane lakukan. (langkah2 ril yang hrs ane kerjakan untuk mewujudkan keinginan saya. matur suwun

    Komentar oleh SINMAR | 30 Juli 2011

  41. saya andi, ingin mencoba untuk memulai usaha beternak burung puyuh petelor, untuk lokasi pembelian bibit burung puyuh khususnya di daerah bandung dimana?
    mohon kerjasamanya, maksih…

    Komentar oleh bungahidayatillah | 30 Juli 2011

    • ada beberapa komentar menawarkan bibit puyuh untuk wilayah jawa barat. barangkanli bisa menghubungi beliau-beliau. terima kasih

      Komentar oleh 'Ariefmas | 30 Juli 2011

  42. DI JUAL DOQ /PULLET kwalitas dan BERGARANSI untuk pembelian PULLET partai BESAR dan KECIL minat HUB : 085326556833

    Komentar oleh robby | 14 Desember 2011

  43. mas klo punya modal cuma 2,5 jt itu bisa apa gk
    mslhnya saya sangat tertarik setelah membaca web. ini mohon bimbingan dan bantuannya

    Komentar oleh fatih annafi'u | 17 Desember 2011

  44. Bpk/Mas, Mohon petunjuk untuk harga :
    1. Bibit dari telur yang akan saya tetaskan sendiri ???
    2. bibit dari burung puyuh yang sudah netas ???
    3. indukan burung puyuh ???
    andy Supriantoro (Samarinda)
    081350400345

    Komentar oleh Andy Supriantoro | 17 Desember 2011

  45. […] dari: https://ariefmas.wordpress.com/2009/12/04/syarat-syarat-yang-diperlukan-dalam-budidaya-burung-puyuh-p… Silahkan, mohon dibagikan:TwitterFacebookLike this:SukaBe the first to like this post. This entry […]

    Ping balik oleh Syarat-syarat yang Diperlukan dalam Beternak Puyuh | [PUYUH JAYA] | 18 Desember 2011

  46. […] untuk kondisi burung-burung puyuh, tapi tidak ada salahnya toh untuk berhati-hati. (Sumber Info : Click here) CARA PERAWATAN : Setelah 20 hari masa pembesaran, sudah saatnya burung puyuh dipindah ke […]

    Ping balik oleh BUDIDAYA BURUNG PUYUH PETELUR | Ada Gratis Two | 13 April 2012


Maaf, form komentar ditutup saat ini.

Ikuti

Kirimkan setiap pos baru ke Kotak Masuk Anda.

Bergabunglah dengan 74 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: