Ariefmas's Weblog

Sejenak Menapak Riuhnya Dunia Maya

Setelah Hak Angket Bank Century, Apakah SBY Masih Ber-Budi ?????

Kemarin DPR menggelar sidang pengesahan Pansus Bank Century, dan akhirnya sudah ditetapkan panitia angket Bank Century berjumlah 30 orang. Pansus yang akhirnya diketuai Dr Idrus Marham ini mudah-mudahan bisa menuntaskan kesemrawutan masalah sekitar Bank Century.

Jadi teringat dulu waktu kampanye pilpres sempat ada slogan: SBY-BerBudi. Slogan yang hanya berumur beberapa hari itu akhirnya diganti. Bisa saja salah satu pertimbangannya karena Pak Jusuf Kalla sempat menerangkan arti kata “berbudi” dalam bahasa Palembang berarti “berbohong”.

Menurut hemat penulis, berbudi itu maksudnya secara umum berarti mempunyai budi, mempunyai akhlak yang baik, dan bermartabat.
Perasaan waktu itu kok repot ya.. Hemat saja SBY Ber-Budi maksudnya Pak SBY bersama Pak Budiono bersama bergandengan tangan melenggang menuju pelantikan kursi RI-1 dan RI-2 untuk periode 2009-2014. Begitu.

Terlepas dari arti kata berbudi, yang jelas adanya hak angket sekarang ini banyak memunculkan analisa-analisa dan prediksi. Selain karena demi rakyat, demi hukum, demi kebenaran dan keadilan, dan demi kesejahteraan umum, adanya hak angket bisa dimungkinkan menjadi jalan politis untuk impeach atau pemakzulan terhadap presiden …..dan atau wakil presiden.

Hak angket khususnya di sini adalah Hak Angket Bank Century sebenarnya tidak ada istimewanya dalam ranah politik kalau sekedar melibatkan Ibu Sri Mulyani di dalamnya, tapi kasus Bank Century ini ada keterkaitan dengan Wapres Budiono.
RI-2 lhoh…!!! Kedudukan yang termasuk sangat istimewa. Wajar kalau ada atau malah banyak yang mengincarnya. Kursi empuk nyaman, mendadak bisa jadi kursi panas membara.

Jadi sah-sah saja jika ada yang menganggap kalau hak angket Bank Century lebih mengarah pada kepentingan politik terutama atas kedudukan kursi wakil kepresidenan.
Tapi anggap saja itu anggapan yang mengada-ada. Buktinya memang ada permasalahan-permasalahan yang mengharuskan adanya hak angket. Dan sebagai wakil rakyat, DPR dalam menggunakan hak angket pasti juga demi rakyat dan demi penegakan hukum to !!!
Atau jangan-jangan sebenarnya memang ada yang sudah mempersiapkan kandidat pengganti Wapres Budiono? Jelas itu tidak benar “kata bantahan”?

Dan semuanya tiba-tiba bergerak bagaikan bola liar. Macam-macam kejadian mengikuti guliran bola kasus itu. Ada yang terdengar seolah-olah masuk akal. Lebih banyak lagi yang asal-asalan.

Sama saja postingan ini juga asal-asalan… Yang penting ada asalnya. Okelah kalau begitu (meniru sekalimat dari lagu baru), intinya bagaimana kita lihat saja nanti setelah hak angket Bank century, apakah Bapak SBY masih tetap Ber-Budi ? Atau bagaimana ? Mudah-mudahan saja tidak ada pemakzulan, impeach yang lebih berasa politisnya. Kalau seumpama ada impeach yang berujung pelengseran wakil presiden, terus apa untungnya untuk bangsa dan negara, juga untuk rakyat yang hidup di bawah garis sejahtera? Barangkali seumpama memang harus terjadi mundur atau dimundurkannya wapres sebab terlibat bahkan bertanggung jawab atas kemelut Bank Century, selain tentu mengisi kembali kekosongan kursi, apakah uang itu bisa dikembalikan untuk kepentingan rakyat yang menderita ? (aku juga mau, prikitiuw).

Jangan sampai seandainya memang terjadi pelengseran wapres, kemudian ternyata hanya untuk kepentingan politik praktis yang mengatasnamakan rakyat. Ter-la-lu !!!

Sambil menunggu bagaimana nanti perkembangan para wakil rakyat yang mulia dalam ber-hak angket century, mari berselancar di dunia maya menengok saudara-saudara tunggal trah bani al-wordpressi menulis tentang serba-serbi Bank Century, walaupun tidak bisa menengok semuanya, ini cuma sebagian kecil saja……..:

Bank Century Kronologi Merger
Bank Indonesia menjadi sorotan dalam Kasus Bank Century . Hasil audit Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) menyebutkan kolapsnya Bank Century merupakan akumulasi ketidaktegasan Bank Indonesia sejak awal kali merger Bank Pikko, Bank Danpac, dan Bank CIC menjadi Bank Century. Bahkan BI tidak menerapkan aturan merger sebagaimana yang diatur dalam SK Direksi BI Nomor 32/52/KEP/DIR tanggal 14 Mei 1999 tentang Tata Cara Merger, Konsolidasi, dan Akuisisi Bank Umum.… (selengkapnya klik di sini)

Jaksa Agung Sebut Uang Bank Century Uang Kejahatan
Jaksa Agung Hendarman Supandji melontarkan ucapan bahwa uang Bank Century adalah uang kejahatan.

“Intel (intelijen) dan Pidsus (Pidana khusus) saya perintahkan untuk memonitornya. Sekarang kan masih diaudit oleh BPK (Badan Pemeriksa Keuangan),” kata Jaksa Agung Hendarman Supandji, di Jakarta, Jumat (4/9)……. (selengkapnya klik di sini)

Perbankan : Kisruh Bank Century

“Jadi kita lebih melindungi sistem perbankan, kita tidak lihat bank itu bank tengkorak, bank setan, atau bank dedemit, harus diselamatkan untuk mencegah dampak sistemiknya. Kalaui tidak krisis Bank Century sudah kita tutup,” jelasnya ketika ditemui di Gedung BI, Jalan Thamrin, Jakarta, Kamis malam (1/10/2009)……… (selengkapnya klik di sini)

Kronologis kasus Bank Century

… Bank century menjadi buah bibir di kalangan masyarakat saat ini, dan kita ketahui kasus yang melanda salah satu bank di indonesia ini yang menyebabkan pemerintah melalui Bi mengucurkan dana …
………….Bagaimana sebenarnya kronologi awal persoalan yang dihadapi oleh Bank Century sampai Bank ini dinyatakan harus diselamatkan oleh pemerintah? Berikut kita simak kronologisnya, dimana sumber dari kronologis berikut ini diperoleh Karo Cyber dari berbagai sumber………. (selengkapnya klik di sini)

Dokumen Rahasia Kasus Bank Century

… rapat KSSK. Disebut-sebut, inilah awal terjadinya masalah Century . Belum jelas dari mana dokumen ini berasal. Juga, belum ada keterangan … 00.11 s.d 05.00 WIB Agenda: Pembahasan Permasalahan PT Bank Century , tbk Tempat: Ruang Rapat Menteri Keuangan, Gedung Djuanda I Lt … (selengkapnya klik di sini)

30 Ormas dukung ungkap Tuntas kasus Bank Century

… di Gedung DPR RI mendukung penuntasan hak angket skandal Bank Century . Ke-30 ormas tersebut antara lain ICW, Kelompok Cipayung Plus, HMI, … (selengkapnya klik di sini)

Kasus Bank Century Menurut Tinjauan Perbankan Islam

… dikatakan bahwa Bank Century merupakan tragedi kebangkrutan terbesar dalam ranah perbankan di … bail out 6.7 triliun rupiah untuk menyelamatkan likuiditas Bank Century . Menurut Sri Mulyani, “Keputusan penyelamatan berasal dari … (selengkapnya klik di sini)

Masyarakat Cuma Tahu Kebusukan Bank Century

… perubahan nama Bank Century menjadi Bank Mutiara merupakan satu-satunya cara agar bank valas tersebut nantinya bisa … (selengkapnya klik di sini)

KASUS KRIMINALISASI KPK TERKAIT SKANDAL BANK CENTURY

JAKARTA – Politisi muda Partai Golkar Yuddy Chrisnandi meyakini kasus yang kini menimpa KPK terkait dengan pengungkapan skandal korupsi Bank Century.
“Secara pribadi saya berasumsi ada kaitannya dengan kasus Bank Century. Kami ingin KPK mengungkap skandal Bank Century yang menjadi pembicaraan di tengah masyarkat………… (selengkapnya baca di sini)

Reksa Dana Bank Century

… ini bank Century telah melakukan penjualan reksadana, padahal bank tersebut tidak mempunyai perizinan melakukan penjualan reksadana. … (selengkapnya baca di sini)

dan masih banyak lagi…. ada 1956 mungkin lebih…. Hmmm, kalau harus ijin satu persatu kayaknya kelamaan ya.. Kalau tidak ada yang berkenan di copas, kirim koment dan suruh menghapus gak papa.

Iklan

5 Desember 2009 - Posted by | Catatan Saya | , , , , , , , , , , , , , , ,

4 Komentar »

  1. Cukup lumayan informasinya, jika kembali kebelakang betapa spetakulernya SBY mengambil Budiono sebagai wapres maka terjadilah kontroversi yang luar biasa baik di lembaga maupun publik.
    Siapakah budiono masyarakat tidak mengenalnya dan ada apa pada partai yang sudah jerih payah menseleksi dan mengajukan calonnya tidak masuk kategori pada SBY.
    karena partai punya kepentingan masing2 maka terabaikanlah tujuannya. (tidak ada pemenang).
    Dengan adanya peristiwa Century baru semua mempunyai jawaban/terbelalak.
    Hak angket akan membuktikan semua itu, masih ada harapan dari masyarakat melihat anggota pansusnya cukup mewakili. dan masyarakatpun sudah punya jawaban tinggal mempertajam.
    Pun jika keluar dari koridornya masyarakatpun akan bicara.
    Tidak ada kesulitan untuk menggantikan yang terpenting ini adalah awal perubahan dan perbaikan diseluruh lini tuk menapaki dikedepannya yang lebih baik dan sejahtera.

    Arief: Sampe tidak kepikiran knapa budiono dari non partai yang digandeng. Ternyata dari non partai pun tidak menjamin. Trims ulasannya yang sangat teliti.

    Komentar oleh taUbat | 5 Desember 2009 | Balas

  2. SBY mencari pendamping bukan yang bisa mmbuat nyenyak tidurnya tapi (ABS) asal bapak senang,ternyata hasil nya Bikin Ribet

    Arief: bikin ribet semuanya, dari fbker sampe bloger ikutan ribet (yang ribet lho….)

    Komentar oleh capunk | 5 Desember 2009 | Balas

  3. Hoho, polemik, hahehoh masalah duit. Money changes everything, debat duit kali ini saya garis bawahi sebagai sepak bola, harus diakhiri nantinya dengan peluit panjang wasit. Yang satu senang karena nyimpan kepentingan politis, mau kudeta katanya, yang satu lagi senang karena yakin bakal ngebuktiin kebenaran bahwa ada indikasi dampak sistemik, dengan sekolahnya yang di luar negeri, yang satu lagi yang sekolahnya lokal, lebih tau konteks katanya, bergembira sebagai pengamat karena bisa memberikan komentarnya, yang satu lagi merasa senang ketika menginvestigasi siapa sih yang paling bertanggung jawab, ada bakteri apa sih di neraca keuangan, yang satu lagi senang karena ada kerjaan demonstrasi dan bakar-bakar foto wajah, yang satu lagi senang dengan banyaknya iklan yang masuk, wartawan ada pekerjaan, yang satu senang produknya dibeli karena masang iklan di layar sinetron Century, yang satu lagi senang ada topik buat blognya. Hahehoh. Jadi intinya semua senang. Termasuk nasabah Century, senang karena banyak orang membicarakan duitnya. 😉

    http://themiphz.wordpress.com/2009/12/16/senang-senang-bank-century/

    ———————-
    Arief: iya iya, bener 100%… 😀
    segera saya kunjungi juga seneng-senengnya… ini boleh disebut win win win win solution gak ya?

    Komentar oleh miphz | 16 Desember 2009 | Balas

  4. Kasus bank Century dan BLBI wajib diselesaikan setuntasnya. Jika ada yang memberi masukan atas kekurangan penggalian informasi yang dilakukan panitia angket terdahulu perlu ditambahkan lagi agar tidak terkesan bahwa goal yang hendak dicapai hanyalah karena ingin memakzulkan pemimpin negara yang faktanya dipilih oleh rakyat dan bukan oleh DPR.

    Komentar oleh don | 25 April 2010 | Balas


Dipersilakan mohon Komentar di SiNi [trima kasih]

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: