Ariefmas's Weblog

Sejenak Menapak Riuhnya Dunia Maya

Terungkap, Misteri 400 Tahun Shakespeare

INILAH.COM, Jakarta- Misteri yang bertahan selama 400 tahun tentang William Shakespeare, mungkin telah dipecahkan oleh program komputer yang dirancang untuk mendeteksi plagiatisme.

Sir Brian Vickers, ahli tentang Shakespeare dari pusat studi kajian Inggris di University of London percaya, perbandingan frasa yang digunakan dalam The Reign of king Edward III secara meyakinkan ia berkolaborasi dalam menulis drama dengan Thomas Kyd, salah satu dramawan paling populer pada zamannya.

Software yang digunakan disebut Pl@giarism dan dikembangkan oleh University of Maastricht untuk mendeteksi kecurangan siswa. Untuk mengujicoba, bahasa yang digunakan dalam Edward III dibandingkan dengan drama lain pada masa itu. Edward III diterbitkan secara anonim pada 1596, ketika Shakespeare berusia 32 tahun.

Vickers menemukan bahwa dramawan sering menggunakan pola-pola yang sama dengan pidato, yang berarti mereka memiliki sidik jari linguistik. Program itu mengidentifikasi ungkapan dari tiga kata atau lebih dalam karya penulis terkenal, dan mencarinya di drama yang kurang populer.

Dalam sebuah tes yang dilakukan, penulis yang terkenal memiliki sampai 20 kesamaan dalam penggunaan beberapa frasa. Ketika Edward III diuji terhadap karya-karya Shakespeare yang diterbitkan sebelum 1596 terdapat 200 kesamaan.

Kesamaan naskah drama Shakespeare berasal dari empat adegan, sekitar 40% dari drama itu sendiri. Dari adegan-adegan yang tersisa, terdapat sekitar 200 kesamaan dengan karya-karya Kyd, yang terkenal karena menulis The Spanish Tragedy.

Seperti yang diketahui drama itu telah mempengaruhi Shakespeare, dan menunjukkan ia menulis 60% naskah lainnya dari drama tersebut.[ito]

sumber: INILAH.COM

Iklan

11 Desember 2009 - Posted by | yang penting FUN | , , , ,

1 Komentar »

  1. wew, pake software yah? nice inpo gan

    ——————————–
    Arief: kayaknya perlu juga di Indonesia

    Komentar oleh wahyu am | 11 Desember 2009 | Balas


Dipersilakan mohon Komentar di SiNi [trima kasih]

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: