Ariefmas's Weblog

Sejenak Menapak Riuhnya Dunia Maya

Sumpah Palsu Paling Dahsyat dalam Sejarah Kehidupan Manusia

Banyak hal-hal ‘palsu’ yang sering kita dengar atau bahkan kita temui. Ada merk palsu, ijazah palsu, gelar palsu, surat ijin palsu, minyak kayu putih palsu, status palsu, ktp palsu, dan lain-lain yang selanjutnya disebut juga dengan aspal, alias asli tapi palsu. Termasuk juga dalam kategori palsu yaitu saksi palsu di pengadilan yang mendapat tempat layak untuk dituntut pidana. Ada juga yang sangat menyakitkan, terutama bagi cewek-cewek korban…… janji palsu.

Namun ternyata ada kepalsuan yang pernah menggoncang sejarah kehidupan manusia, yaitu sumpah palsu.
Mungkin banyak sumpah palsu dalam carut marut kehidupan ini. Tapi sumpah palsu yang satu ini benar-benar dahsyat dan paling dahsyat dirasakan dan mempengaruhi nasib umat manusia berturun-turun, bukan sekedar tujuh turunan.

Sebelum berbicara mengenai sumpah palsu yang paling dahsyat ini, tentu kita memahami dan mempercayai bahwa sejarah kehidupan manusia atau mulai adanya manusia yaitu sejak diciptakannya Nabi Adam Alaihi Salam sebagai manusia yang pertama.

Manusia kedua yang diciptakan setelah Nabi Adam ialah Hawa.
Dua sejoli yang berbeda jenis kelamin ini hidup dan tinggal di surga.
Bapak Adam dan Ibu Hawa boleh ber-apasaja di dalam surga, kecuali satu yang dilarang untuk mereka; yaitu makan buah khuldi, buah yang terlarang.
Pelarangan ini demikian jelas, keras, tegas dan tidak termasuk peraturan karet. Sehingga mereka berdua patuh dan tidak berani melanggarnya.

Hingga pada suatu hari datanglah setan mendekati Nabi Adam dan Siti Hawa. Kedatangan bapak moyangnya setan alias iblis ini ternyata bermaksud membujuk agar mereka melanggar larangan makan buah khuldi. Upaya pembujukan ini demikian alot dan ulet. Jenis makhluk manusia yaitu Nabi Adam dan Hawa tidak mau juga menuruti si iblis laknat. Hingga pada akhirnya si syetan menemukan cara agar mereka menuruti bujukannya, yaitu dengan bersumpah (QS 7:21)……
Nabi Adam dan Hawa termakan juga bujukan keji si iblis laknat untuk melanggar larangan itu.

Kenapa termakan bujukan iblis?

Tidak lain tidak bukan dipandang dari segi kehidupan per-makhluk-an, disebabkan karena adanya SUMPAH PALSU si iblis laknat. Setelah setan bersumpah palsu itu lah kemudian Nabi Adam dan Hawa percaya bujukan yang menjerumuskan untuk melanggar aturan surga. Barangkali iblis juga tau, kalau tidak bersumpah tidak bisa membujuk Nabi Adam dan Hawa agar mau makan buah khuldi, karena itu iblis menggunakan sumpah palsu agar mereka percaya omongannya yang sesat.

Sumpah palsu iblis laknat ini merupakan sumpah palsu paling dahsyat dalam sejarah kehidupan manusia. Sejarah yang universal sangat luar biasa sehingga Nabi Adam dan Hawa diturunkan ke bumi. Berangkat dari sumpah palsu yang kemudian menjadi titik awal berubahnya nasib makhluk yang disebut manusia dimana semula tinggal di surga untuk kemudian tinggal di dunia berturun-turun hingga sampai ke kita semua.

Kenapa sumpah palsu nya iblis ini paling dahsyat?
Berarti ada sumpah-sumpah palsu yang lain dalam sejarah kehidupan manusia?

Iya, ada…. Bahkan dilakukan sendiri oleh manusia. Salah satu diantaranya adalah sumpah palsu-nya orang-orang munafik di depan Nabi Muhammad SAW. Namun sumpah palsu kaum munafikin ini belum berakibat sedahsyat sumpah palsunya iblis saat menggoda Nabi Adam dan Hawa yang berakibat manusia jadi tinggal di dunia, di bumi ini.
Sehingga rekor sumpah palsu paling dahsyat dalam sejarah kehidupan manusia tetap dipegang oleh sumpah palsunya iblis laknat.

(sumber: pengetahuan umum Islam)

*gambar pinjem dari http://tegakluruskelangit.blogspot.com

Iklan

12 Desember 2009 - Posted by | Catatan Saya | , , , , , , ,

Belum ada komentar.

Dipersilakan mohon Komentar di SiNi [trima kasih]

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: