Ariefmas's Weblog

Sejenak Menapak Riuhnya Dunia Maya

Patung Porno Menyerupai Alat Kelamin Pria dan Wanita Dirazia Satpol PP

Menjurus Pornografi, Patung Ajang Biennale Dirazia Pol PP.

Salah satu patung instalasi karya seni dalam ajang Biennale X di taman simpang tiga Demangan, Jalan Affandi Yogyakarta, dirazia oleh Satpol PP dari Dinas Ketertiban Yogyakarta, Jumat (11/12). Patung tersebut dianggap menyalahi norma, karena menjurus pornografi, yakni patung dengan bentuk menyerupai alat kelamin pria, yang pangkalnya menyerupai alat kelamin wanita.

Menurut Kepala Dinas Ketertiban Yogyakarta, Wahyu Widayat, pihaknya mendapat laporan dari Camat Gondokusuman, tempat didirikannya patung tersebut, yang mengeluhkan dari warga atas keberadaan patung tersebut. Atas keluhan dari masyarakat, akhirnya pihaknya segera merazia patung tersebut.

Tadi pagi kami copot, setelah mendapat laporan dari kecamatan, bahwa ketua RT dan RW disana meminta kami menertibkan patung tersebut. Kami langsung menurunkan dan menyimpannya di gudang kami. Patung tersebut boleh diambil, namun jangan dipasang lagi di tempat umum, karena menyalahi norma dan melanggar KUHP pasal 282 ayat 1 dan 2. Kami juga sudah menyusur Yogyakarta, mengamati karya seni lain dan baru menemukan satu itu yang bersifat porno,” ujarnya.

Sementara itu, Seniman Butet Kertaradjasa yang juga sekaligus Direktur Biennale X 2009 menjelaskan, karya seni garapan Agus Setiyoko Lampah tersebut tidak semestinya diturunkan. Dijelaskannya, Walikota Yogyakarta sudah mendukung penuh pemasangan beberapa karya instalasi di beberapa titik di Yogyakarta.

Manusia-manusia yang otaknya ngeres pasti melihat sesuatu dalam tafsir pornografi. Kalau kita berpikirnya sehat dan menjunjung prinsip keadaban, tidak akan berpikir ngeres dalam melihat karya seni. Kalau gitu, nanti tiang listrik dikira penis atau gua selarong dikira vagina,” ujar Butet.

Diakuinya, saat ini pihaknya kini sedang melihat duduk persoalannya dahulu secara seksama, baru kemudian akan menempuh langkah-langkah berikutnya. “Kalau dilarang dipasang, itu cara berfikir yang salah. Wong walikotanya saja mendukung dan dia berpikir waras kok. Kalau aparatnya seperti itu, ini menunjukkan tidak ada koordinasi yang baik di pemerintahan Kota Yogyakarta,” kata Butet. (Den)

sumber: (KRJOGJA)

13 Desember 2009 - Posted by | yang penting FUN | , ,

9 Komentar »

  1. ada2 saja

    Hi salam kenal just blogwalking doang. main dong ke blog saya
    http://blog.unsri.ac.id/kaskuserr/nais-inpo-gan/mrlist/1234/

    dijamin bikin KETAGIHAN..!!! ^^

    ————–
    Arief: tentu…. tentu…..

    Komentar oleh kaskuser | 13 Desember 2009 | Balas

  2. Itu neh bukan patung Cicit ( men ) dan Cocot ( Women ), itukan abstraksi dari pohon kelapa disamber, ” petir halilintar, guntur, gledek, guruh, kilat,” yang jadi Cicit, dan diikuti goyangan gempa sedikit, hingga akar terserabut keluar bumi, yang jadi Cocot, itulah yang diabadikan Mas Agus Setiyaka Lampah, tapi oknum yang ngeres, bayangi ini Patung Cicit dan Cocot, sambil berpikir ini KUHP,Pasal 282 ayat 1, 2. He…he….. Cici…t dan Coco…t, malang benar nasibmu, padahal kamu dibutuhkan, kalau nggak ada kamu, mana ada kita semua. Tul nggak?

    ————————–
    Arief: betul Pak, betul…. ini juga ngikut alias setuju…. daripada bikin patung obama, mendingan bikin patung Cicit dan Cocot….. jelas bermanfaat untuk kehidupan… 😀

    Komentar oleh herman | 15 Desember 2009 | Balas

  3. […] Obama Kecil Dijaga Satpol PP Baru beberarpa hari yang lalu posting mengenai Patung Porno menyerupai kelamin laki-laki dan wanita yang dirazia Satpol PP, eh… sekarang malah ada patung yang dijaga Satpol PP. Yang satunya dirazia, satunya lagi […]

    Ping balik oleh Patung Obama Kecil Dijaga Satpol PP « ARIEFMAS's WEBLOG | 19 Desember 2009 | Balas

  4. Ya tu benar?

    Komentar oleh Y@èty G.B. | 4 Januari 2010 | Balas

  5. Ya…mnurutq tu bkn ptung cocot n cicit,tp phon klpa yg t’blik,bnar kan fren??

    ——-
    Arief: hehehe, bner juga…..

    Komentar oleh Y@èty G.B. | 4 Januari 2010 | Balas

  6. lha kalo pikiran ndak ngeres apa ya masih idup ?

    ———-
    Arief: Betul dan absah…. Termasuk tanda masih idup

    Komentar oleh seragamtpa | 6 Januari 2010 | Balas

  7. salam kenal

    Komentar oleh syaiful | 26 Maret 2010 | Balas

    • Salam kenal juga dengan senang hati 🙂

      Komentar oleh M. 'Arief B. | 27 Maret 2010 | Balas

  8. rupa2 wae…
    rajia aja satpol pp?
    tapi jngn dihancurin ya?

    Komentar oleh Lukisan | 2 November 2010 | Balas


Dipersilakan mohon Komentar di SiNi [trima kasih]

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: