Ariefmas's Weblog

Sejenak Menapak Riuhnya Dunia Maya

Kiat Meningkatkan Keuntungan dalam Beternak Burung Puyuh Petelur dengan Mencampur Pakan (tidak Berlaku untuk Kemitraan)

Dengan asumsi bahwa tiap 1000 populasi membutuhkan PYP sebanyak 3 sak pakan (150kg) per-minggu. Akan didapat hasil “bersih” rata-rata Rp 200.000 per-minggu selama bulan produktif.
Perhitungan itu dengan didasari jumlah produksi telur yang dihasilkan 800 butir per-hari dan didasari juga dengan harga PYP rata-rata berbagai merk sekitar Rp 205.000/sak.
Perhitungan keuntungan bersih tersebut dihitung dalam bulan-bulan harga baik. Tapi bagaimana apabila memasuki bulan-bulan harga buruk telur puyuh, sedangkan harga pakan jelas tidak ikut turun?
Demikian beberapa kiat mencampur pakan telur puyuh agar dapat mempertahankan penghasilan.

Mengadaptasi dari pemberian pakan dalam beternak ayam petelur yang mandiri, ada beberapa cara pencampuran pakan agar tidak membutuhkan penuh 3 sak PYP (1 sak=50 kg), antara lain :

1. dicampur dengan 1 sak dedak halus/bekatul (2 sak PYP ditambah 1 sak dedak halus/ bekatul).
Hasil: telur cenderung kecil-kecil, banyak yang kerabangnya kasar dan tipis, otomatis banyak yang mudah pecah dan tidak awet.

2. dicampur dengan setengah sak jagung giling dan setengah sak bekatul/dedak halus.
Hasil: sama dengan pencampuran yang nopmer 1.

3. dicampur dengan 1 sak jagung giling (2 sak PYP ditambah 1 sak jagung).
Hasil: telur cenderung normal/besar-besar, kerabang/cangkang juga normal, tetapi bobot cenderung ringan (di bawah standar).
Solusi: dicampur lagi dengan 1 kg mineral ditambah dengan vitamin egg yang kualitasnya bagus, asal teratur bisa me-normal-kan bobot telur.

4. dicampur dengan nasi aking (nasi sisa yang dikeringkan).
Hasil: telur cenderung normal, baik kerabang, bobot, dan ukuran.

Pencampuran-pencampuran tersebut relatif tidak mempengaruhi jumlah produksi bertelurnya.

Pertimbangan juga sebagai contoh yang di campur dengan jagung:

Apabila penuh memberi 3 sak PYP, berarti membutuhkan pakan sebanyak:
Rp 205.000 x 3 : Rp 615.000,-
Apabila dicampur dengan jagung giling + mineral + vitamin egg berarti membutuhkan pakan sebanyak:
(Rp 205.000 x 2) + Rp 110.000,- + Rp 3500,- + Rp 12.000,- : Rp 535.500,-

Selisih antara yang dicampur jagung giling dengan yang penuh 3 sak PYP :
Rp 615.000,- – Rp 535.500,- : Rp 79.500,- per-minggu per-1000 populasi dengan harga jagung giling sekarang Rp 2200,- per-kg.

Lumayan juga kan ada tambahan penghasilan?

Dalam kemitraan jelas tidak boleh ada pencampuran seperti itu alias tidak memenuhi standar keloyalan dengan PT. Dapat dilihat dari pengambilan pakan dan jumlah telur yang disetorkan. Selain dari jumlah telur yang disetorkan, juga dapat dilihat dari kondisi telur.
Untuk yang di-indikasi mencampur tersebut, PT memberi potongan harga pembelian dilihat terutama dari berat telur yang di bawah standar.
Namun penulis juga menemukan ada peternak yang memberi pakan penuh 3 PYP tetapi bobot telurnya kurang, tetep kena potong juga oleh PT. Kasihan ya… Mungkin karena kondisi burung puyuhnya yang kurang bagus sehingga menghasilkan telur yang tidak baik kondisinya walaupun pakannya bagus alias tidak dicampur.

Terlepas dari pencampuran pakan dalam beternak burung puyuh petelur demi untuk meningkatkan penghasilan, ternyata dalam kemitraan ayam pedaging-pun penulis juga menemukan ada peternak yang jelas kemitraan ternyata mencampur pakannya dengan jagung giling. Biasanya dilihat dari kondisi ayam yang sudah bagus kemudian diperkirakan pakan sudah mencukupi, biasanya sisa pakan dari PT (biasanya Comfeed) 2 atau 3 sak dijual ke pasar terus dibelikan jagung giling sama 2 atau 3 sak, tentu harganya bisa separonya sendiri (penulis tidak tahu teknisnya). Katanya lumayan nambah penghasilan yang nyata-nyata memang minim sekali untuk ternak ayam pedaging.

————————————————–

ARTIKEL TERKAIT:

Berbagi Cerita Pengalaman Beternak Burung Puyuh

Permasalahan Kemitraan Beternak Burung Puyuh Petelur

Menghadapi Bulan-bulan Buruk Harga Telur Puyuh

Tips Merawat dan Memelihara Puyuh Petelur Agar Tetap Berproduksi dengan Maksimal

Syarat-syarat yang Diperlukan dalam Budidaya Burung Puyuh Petelur

Aneka Makanan dengan Bahan Telur Puyuh

Gambar Kandang Burung Puyuh PetELUR

[pic] Persiapan dan Perkembangan Pembesaran DOQ Ternak Burung Puyuh Petelur

Alamat Lengkap PT PEKSI GUNARAHARJA

Bisnis Puyuh Memang Sedang Ampuh

Beberapa Hal yang Penting Diperhatikan pada 3 Hari Pertama Pembesaran DOQ Puyuh Petelur Sistem Manual dengan Pemanasan Lampu Listrik

TELUR PUYUH: Sangat Bagus untuk NUTRISI OTAK !!!!!

DIJUAL: CD Video dan Buku Panduan Cara Beternak Burung Puyuh yang Benar

18 Desember 2009 - Posted by | Catatan Saya, Dunia Puyuh, Puyuh Lama

35 Komentar »

  1. keren….
    ijinkan saya mengatakan…PERTAMAXXXXXX…
    hehehe

    ———-
    Arief: trim’s bos.. Hehehe.. Selamat ber-pertamaxxx

    Komentar oleh alfarolamablawa | 18 Desember 2009 | Balas

  2. Saya pernah nyampur gtu mas,tapi tiap ganti katul (asal katul berbeda-beda tapi kualitas sama yang halus itu) per-minggunya pasti ngedrop,memang sih g pake ditambah mineral,biasane pake mineral apa?

    ——-
    Arief: pake mineral ayam petelur… Kalo di sini harganya Rp 3500 perbungkus/ 1 kg. Tapi untk menjaga (relatif) kwalitas telur, tetep pakai ‘obat egg’ semacam medi egg, dll.

    Komentar oleh Ahmad hasan | 28 Desember 2009 | Balas

  3. ada teman tanya mineral dan super EGG itu bentuknya spt apa dan belinya di mana? makasih . oya minta no tlp mas klo blh . ni no aku 081805961462 . makasih lg

    ————-
    Arief: mineral dan super egg bentuknya bubuk. Bisa didapat di seksi kelilingan pt peksi gunaraharja..
    Trima kasih sama-sama.
    N0mer mas pur sudah saya catat.

    Komentar oleh purnomo | 7 Januari 2010 | Balas

  4. mas Arief kayaknya paham mengenai pakan Puyuh dari hasil pencampuran bahan2.apakah pernah mas mengunakan tepung dari Kupang atau Kepala Udang?kalo diperternakan Itik itu bisa merubah warna Kuning Telur dan Cangkang jadi lebih tebal dan keras.Mas Arief informasi mengenai komposisi sentrat Itik ndak?kalo punya aku dikasih tau dong.Makasih banyak Mas Arief.

    ——–
    Arief: Wah, malah baru tau tentang kupang bisa jadi bahan campuran. mungkin bagus juga kalo untuk telur puyuh.
    mengenai sentrat untuk itik, saya tidak paham, mas.

    Komentar oleh M.Alex Muhajirin | 13 Januari 2010 | Balas

  5. assalamu’alaikum mas arief??
    mau tya nih,apa ckup menjanjikan hasil telur untuk 500 ekor puyuh ???
    apa cukup dengan modal 5 jt untk ternak 500 ekor puyuh??tlg ea mas,,??
    trim’s..
    sukses untk mas arief

    —————
    Arief: waalaikumsalam, mas doni….
    Ya tergantung niat kita piara 500 untuk hasil pokok atau tambahan :)
    Saya kira mengenai 500 populasi itu menjanjikan atau tidak, kembali pada manajemen ekonomi pribadi ya….

    Namun jika bermitra dg pt peksi gunaraharja, minimal 1000 populasi, itupun setiap kali penyuluhan, biasanya disinggung bahwa populasi 1000 sebaiknya tidak untuk hasil pokok.. Walaupun menurut saya, tetap kembali pada kebutuhan ukuran pribadi masing2.
    Dikaitkan dg pemeliharaan, 1000 populasi tidak banyak memakan waktu, kira2 1/4-1/2 jam perjadwal pemberian pakan n minuman, sudah termasuk pengambilan dan penataan telur.

    Modal 5 jt untuk 500 populasi ?
    Perhitungan saya, 5 jt bahkan bisa unt 1000 populasi, asal diperhemat dalam pembuatan rumah induk.

    Trims sama-sama.
    Tentu, sukses selalu juga untuk mas doni . . .

    Komentar oleh doni | 2 Februari 2010 | Balas

  6. oh ya mnta info tntang ukuran kndang batrei yg optimal buat puyuh bra ukran pnjg,lbar,tnggi, n ukran cmpuran pakan yg optimal.

    —————————
    Arief: Mengenai ukuran kandang batre, saya sudah sedikit mengulasnya di https://ariefmas.wordpress.com/gambar-kandang-burung-puyuh-petelur.

    Trims sama-sama.
    Mudah2an bermanfaa.

    Komentar oleh Andrie | 7 Maret 2010 | Balas

  7. Mas arif yg bijaksana bijaksini bijaksitu.(just kidd) dl wkt mau trnak pyuh ak dah tnya mas arif untuk sgla persiapan, skrg udh praktek tp mau nanya lg nh, puyuhku stlh 4bln brtelur kog jd kurus y.. Telurnya jg cm 70%. Kira2 ada apa dg puyuhku? Pakan 1sak pp +25kg bekatul+ 5 kg konsentrat itik+ 2kg mineral. Mhon bntuan..

    Komentar oleh Joko 21thn | 17 Maret 2010 | Balas

    • hehe… tidak apa-pa just kidding…. seneng guyon juga kok :)

      langsung saja saya coba jawab.
      kasus seperti itu pernah juga dialami temen peternak di sini, padahal pakannya murni, alias tanpa campuran. berarti bisa di simpulkan bukan dari faktor pakan. terlihat juga campurannya sudah bagus kok.. dulu malah saya pernah dengan komposisi serupa tapi tanpa konsentrat dan tanpa mineral, tetep gemuk juga walaupun bobot dan kualitas telurnya memang berkurang :)

      ini hanya dicoba saja, bagaimana kalau untuk perbaikan kira-kira 2 minggu saja jadwal pemberian pakannya ditambah, pagi hari sekitar jam 6 atau jam 7, kemudian siang hari sekitar jam 2 atau jam 3, kemudian malam hari sekitar jam 8 atau jam 9.

      mudah-mudahan gemuk lagi dan sukur-sukur produksinya meningkat….

      Komentar oleh M. 'Arief B. | 17 Maret 2010 | Balas

  8. assalamualaikum

    pakan puyuh lebih bagus dari comfeed ato dari charoen ya?

    ada yang tau tidak cari pakan puyuh comfeed di crb di mana? harga berapa?

    terimakasih….

    Komentar oleh lia | 30 Maret 2010 | Balas

    • waalaikum salam…
      kalai charoen saya belum pernah nyoba.. kalau comfeed, telurnya bagus juga, berat-berat :)
      tapi rata-rata kualitasnya sama.. sekarang kami memakai sierad..

      barangkali ada yang bisa memberi informasi PYP comfeed di cirebon ????

      sekedar informasi saja di sini (jogja) yang merk comfeed eceran per-sak (50kg) harganya Rp 199.000

      sama-sama terima kasih…

      Komentar oleh M. 'Arief B. | 31 Maret 2010 | Balas

  9. […] Kiat Meningkatkan Keuntungan dalam Beternak Burung Puyuh Petelur dengan Mencampur Pakan (tidak Berla… […]

    Ping balik oleh Peternak Puyuh Kemitraan PT Peksi Gunaraharja Dihajar Habis-Habisan di Tahun 2010 (1) « Ariefmas's Weblog | 13 April 2010 | Balas

  10. assalamualaikum…..

    mas, sy termasuk org pemula jd butuh banyak referensi terkait ternk puyuh,,,
    bisa kasih gambaran ga mas modal brp dan balik modalnya pada hitungan brp hari… dg jumlah puyuh brp….

    utk pakan, itu gmn cara buatnya. sy kan di lmpung jd klu mau beli di ykrta agk berat ditmbh ongkos kirim,,,, hehe (maklum blm punya modal besar) ^_^

    kmrn tanya bibit di lpg mahal. 3rb/ekor….
    ada saran beli dmn dn murah mas? ^_^

    sy pengen ngobrol lbh jauh kalau berkenan, sekalian minta no hp.
    kirim ke email aq ja ya mas…

    maav klu kepanjangan…
    salam sukses!!!

    Komentar oleh riko juliyanto | 2 Juli 2010 | Balas

  11. asalammualaikum mas. .saya mau mnta saran nya mas arief, ,
    kmren sya liat di situs,tentang budidaya puyuh, ,
    trus untk 1000 populasi mereka menjual dgn harga 12jt, ,itu sudah termasuk kandang sma pakan slma 15 hr sktar 300kg, ,
    mnurut mas kmhalan ga, ,??
    tolong djwab dan mnta saran nya, ,makasih y

    Komentar oleh angga nurcahya | 6 Agustus 2010 | Balas

  12. Bos mau tanya nih?aq mau ternak puyuh dengan populasi 1000ekor, tapi dengan modal pinjaman, kira kira dengan modal pinjaman ini bisa untung nggak? Dan keuntungan minimal unt populasi 1000 ekor tiap bulanya berapa?please dijawab ya lewat email. Thx

    Komentar oleh nadhif | 27 Agustus 2010 | Balas

  13. saya peternak puyuh dari indramayu-jawa barat, bagi yang membutuhkan d.o.c puyuh saya menyediakan 1500/ekor, silahkan hubungi rudi 087828654905

    Komentar oleh Rudi | 7 September 2010 | Balas

    • mas mau tanya itu bibitnya udah umur berapa ya??

      saya mau merilis peternakan puyuh nih.. tolong di jawab ya mas..

      Komentar oleh hendri | 20 April 2011 | Balas

  14. mas arief, aku gabung ya dikomunitas ini, semoga aku diterima
    Begini mas Dikarenakan harga sentrat puyuh sekarang mahal, aku pengen nyampur pakan sendiri, aku dah baca pada artikel di atas, tapi yang tidak kumengerti sentrat PYP itu sentrat apa, PYP ama konsentrat ayam petelur apa sama. Terima kasih tolong jawab ya.

    Komentar oleh Dinastypurnamasari | 16 Januari 2011 | Balas

  15. tolong dong kasih tau bagaimana cara memilih telur tetasan agar berkelamin betina.!

    Komentar oleh sahidin | 9 April 2011 | Balas

    • biasanya kalo untuk telur yang akan jadi betina.. di cek pada gelembung yang ada pada telur.. bila gelembung ada di bagian samping berarti betina. jika berada di atas berarti pejantan..

      mungkin cuman itu saja yang saya ketahui.. maaf-maaf jika salah.. hehe

      maklum masih belajar melihara puyuh??

      Komentar oleh hendri | 20 April 2011 | Balas

  16. saya pengangguran ,alias hana kerja .kepingin bertenak puyuh ,tapi tk tau cara bikin kandang .Tlg mas kasih tau caranya .dan berapa keuntungannya 1ekor puyuh ?

    Komentar oleh adi setiawan | 22 Mei 2011 | Balas

    • Mudah2an saya bisa segera posting teknis pembuatan kandang sederhana tersebut. Tentang keuntungan, lumayan lah mas bermitra dg pt peksi ini.

      Komentar oleh 'Arief | 23 Mei 2011 | Balas

  17. […] Ter-sering di-klik Gambar Kandang Burung Puyuh PetelurSyarat-syarat yang Diperlukan dalam Budidaya Burung Puyuh PetelurTips Merawat dan Memelihara Puyuh Petelur Agar Tetap Berproduksi dengan MaksimalMenyingkap Isu Transaksi Seks di Lantai III Pasar KotaBerbagi Cerita Pengalaman Beternak Burung Puyuhkandang sederhana puyuh petelur (1)Permasalahan Kemitraan Beternak Burung Puyuh PetelurAlamat Lengkap PT PEKSI GUNARAHARJABeternak PUYUHKiat Meningkatkan Keuntungan dalam Beternak Burung Puyuh Petelur dengan Mencampur Pakan (tidak Berla… […]

    Ping balik oleh Gambar Kandang Burung Puyuh Petelur (Facelift) « Ariefmas's Weblog | 14 Juni 2011 | Balas

  18. […] Ter-sering di-klik Gambar Kandang Burung Puyuh PetelurSyarat-syarat yang Diperlukan dalam Budidaya Burung Puyuh PetelurTips Merawat dan Memelihara Puyuh Petelur Agar Tetap Berproduksi dengan MaksimalMenyingkap Isu Transaksi Seks di Lantai III Pasar KotaBerbagi Cerita Pengalaman Beternak Burung Puyuhkandang sederhana puyuh petelur (1)Permasalahan Kemitraan Beternak Burung Puyuh PetelurAlamat Lengkap PT PEKSI GUNARAHARJABeternak PUYUHKiat Meningkatkan Keuntungan dalam Beternak Burung Puyuh Petelur dengan Mencampur Pakan (tidak Berla… […]

    Ping balik oleh Begini Menata Telur Puyuh Kemitraan PT Peksi Gunaraharja yang Baik dan Benar [foto] « Ariefmas's Weblog | 14 Juni 2011 | Balas

  19. asslkum wrwb maaf saya mau tanya ,saya ternak puyuh pemula,dan sekarang puyuh saya sudah usia 9 bln lebih dgn populasi 5000 ekor nomalkah klo hasilnya sekitar 40kg/hr

    Komentar oleh riska | 25 September 2011 | Balas

    • Waalaikumsalam wr wb

      Silahkan. Semakin banyak komentar, semakin senang :)

      Sebelumnya mohon maaf apabila ada kesalahan. Saya akan mencoba memperkirakan saja. Mohon juga dikoreksi.

      Populasi 5000 dalam 9 bulan, diperkirakan (pahitnya) masih ada sekitar 4000 populasi.
      Produksi per-hari 40 kg. Jika 1 kg ada 90 butir. Berarti produksi perhari ada 3600 butir.
      Persentase produksi 3600/4000: 90%
      Masih bagus banget :)

      Jika dihitung perkiraan populasi masih 4500 ekor. Produksinya per-hari masih 3600/4500: 80%
      Juga masih bagus untuk umuran 9 bulan.

      Kebutuhan pakan jika populasi 4000 dalam seminggu: (23 x 4000 x 7)/1000: 644 kg: 12,88 sak.

      Kebutuhan pakan jika populasi 4500 dalam seminggu: 724,5 kg: 14,49 sak.

      Penghasilan bisa dihitung dari harga pakan dan harga telur.
      Menurut saya, dilihat dari persentase produksi saja, masih normal dan bagus.

      Terima kasih kunjungannya.
      Salam puyuh . .

      Komentar oleh M. Arief B. Ariefmas | 26 September 2011 | Balas

  20. cara ikut kemitraan gimana pak?aku skg memelihara 700ekor

    Komentar oleh aji | 26 Desember 2011 | Balas

  21. mineral yg dimaksut,apa mineral B12,gan.untuk pencampuran dengan jagung gilingnya.klu mineralnya kita ganti setrat ayam apa bebek bisa g?atas penjelasannya saya ucapkan banyak-banyak trimakasih.

    Komentar oleh limpunk | 5 April 2012 | Balas

  22. ass….
    saya lagi buat ternak puyuh, tetapi permasalahannya, sekarang saya belum bisa membuat mesin tetas telurnya,…moho di ajarkan…
    salam..

    Komentar oleh whall | 7 April 2012 | Balas

  23. mas saya mau tanya,saya pakai pakan qs harga per bantal 220.000 ditempat saya,ada ga merk pakan lain yang lebih murah tp kualitasnya sama?tolong infonya dong mas,trims

    Komentar oleh Ariq | 1 Mei 2012 | Balas

  24. saya mahu tanya bagaimana mahu mengenal telur puyuh yang bolih ditetaskan atau tidak

    Komentar oleh suhaimi | 19 Desember 2012 | Balas

  25. salam saya nak tanya adakan burung puyuh induk sesuai diberi makanan bercampur bokasi , adakah makanan itu tidak mengaggu peroses menghasilkan bibit pada telur puyuh memandangkan hasil telur yang ditetaskan tidak menetas semuanya seperti tiada benih jantan tolong beri panduan . setakat yang baru-baru ini saya coba mentetaskan 150 biji tapi yang tetas sekitar 40_50 biji sahaja dan ada yang cacat tidak bolih berdiri terima kasih

    Komentar oleh suhaimi | 19 Desember 2012 | Balas

  26. Mas Arif…. yang budiman…
    saya pemula dari Rangkasbitung Banten, baru ikut-ikutan berternak puyuh dan rencana pertama saya akan memelihara sekitar 150ekor kalaupun ini berhasil saya akan lanjut dan akan saya tambah jumlah populasinya. namun ada beberapa yang belum saya fahami. seperti pemasaran telur…, kemudian apa itu kemitraan… bgm cara gabungnya…
    mohon petunjuknya…..
    Nama : Mami
    Phone : 087773725000
    e-mail : mbah_kulon@yahoo.co.id

    Komentar oleh Mami | 23 Desember 2012 | Balas

  27. maaf mas kalo mau ikut kemitraan gimana ya mas< saya tinggal di wilayah banyuwangi jawa timur, mohon petunjuk trims

    Komentar oleh wicaksono | 30 Januari 2013 | Balas

  28. Assalamualaikum wr.wb.mas arif saya mau tanya,kl Pyp di campur dgn nasi aking brp perbandingannya untuk 1 sak Pyp?

    Komentar oleh bambang rudianto | 1 November 2013 | Balas


Dipersilakan mohon Komentar di SiNi [trima kasih]

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Kirimkan setiap pos baru ke Kotak Masuk Anda.

Bergabunglah dengan 74 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: