Ariefmas's Weblog

Sejenak Menapak Riuhnya Dunia Maya

Rutin Online Sejam Tingkatkan IQ

BANYAK pihak mencemaskan efek negatif era digital terhadap perkembangan otak. Pada faktanya, peneliti menemukan bahwa menjelajah internet bisa meningkatkan intelligence quotient (IQ) dan menguatkan memori pada orang dewasa.

Para peneliti dari University of California Los Angeles membandingkan otak partisipan usia pertengahan yang jarang menggunakan internet serta kondisi otak mereka setelah menjelajah internet selama satu jam sehari.

Setelah lima hari peneliti menemukan, area prefrontal cortex (yang mengontrol kemampuan membuat keputusan dan menyatukan informasi kompleks) menjadi jauh lebih aktif. “Area ini sebelumnya kurang aktif di awal percobaan,” tutur peneliti Gary Small, seperti dikutip situs dailymail.

“Setelah 5 hari, area tersebut sama aktifnya dengan pengguna internet reguler. Hal ini menunjukkan bahwa fungsi otak bisa diubah dan ditingkatkan secara cepat dengan penggunaan internet.” Studi ini, lanjut Small, juga menunjukkan bahwa IQ rata-rata juga meningkat secara perlahan seiring dengan perkembangan budaya digital. Kemampuan mengolah informasi dengan cepat dan melakukan multitasking tanpa kesalahan juga mengalami perbaikan.

Bakkan aktivitas membosankan seperti memeriksa dan memilih email, terang Small, bisa meningkatkan kemampuan membuat keputusan.”Menghapus email secara selektif dari inbox setiap hari membantu mengembangkan kemampuan Anda dalam menyaring informasi yang lebih besar dengan cepat dan memutuskan mana yang penting dan yang tidak,” imbuh Small.

Dengan cara ini, lanjut Small, Anda bisa mengolah seluruh informasi yang hadir dan hilang di layar monitor mental Anda dari waktu ke waktu.

Efek negatif

Di samping sisi positifnya dalam meningkatkan IQ, penggunaan internet juga mempunyai kelemahan. Penggunaan komputer jangka panjang, terang Small, akan mempengaruhi pola pikir, perasaan dan perilaku Anda.

“Meskipun penggunaan internet bisa menguatkan proses pengolahan informasi dan pengambilan keputusan secara cepat, penggunaan berlebih bisa merusak keahlian interpersonal, memicu kurangnya perhatian dan mengurangi kemampuan membentuk ikatan, hubungan sesama manusia.”

Karena itu, jika Anda harus bekerja dengan komputer sepanjang hari, pastikan bergaul dengan orang lain setelah jam kerja. (OL-08)

sumber: MI

Iklan

21 Desember 2009 - Posted by | yang penting FUN | , , , ,

1 Komentar »

  1. yep, memang betul

    Komentar oleh handikas | 22 Desember 2009 | Balas


Dipersilakan mohon Komentar di SiNi [trima kasih]

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: