Ariefmas's Weblog

Sejenak Menapak Riuhnya Dunia Maya

Wow, Ternyata Banyak Sekali Manfaat FACEBOOK (Kumpulan Artikel dari WORDPRESS)

Sudah beberapa lama situs pertemanan jejaring sosial Facebook merambah negeri tercinta Indonesia. Banyak tarik ulur pro kontra haram halal mengenai Facebook. Hingga kemudian akhir-akhir kini banyak kita simak tayangan maupun pemberitaan kejadian yang bersumber dari efek buruk pergaulan di facebook, mulai dari penculikan gadis hingga perkosaan, mulai dari penipuan sampai prostitusi.

Demikianlah kita nikmati bagamana para kuli tinta mengais fakta mencari berita, yang tentu saja bukan berita yang hanya dicari-cari.

Terlepas dari pemberitaan-pemberitaan efek buruk Facebook, mari kita sejenak menengok tulisan-tulisan postingan di WordPress dengan kata kunci “manfaat facebook”.

Ada 2008 results. Namun karena keterbatasan, disini hanya 25 kutipan yang saya ambil.. Jikapun ada yang tidak berkenan dan menyuruh menghapus, silahkan saya tunggu di komentar.. karena sampai postingan ini turun, belum sempat minta ijin satu persatu.
Inilah beberapa manfaat Facebook diambil dari artikel-artikel di WordPress:

Sampai suatu ketika salah seorang teman waktu kuliah dulu menanyakan alamat Facebook-ku. Ketika aku mulai agak intens “terlibat” dengan Facebook, aku kepikiran untuk mencari teman-teman lama waktu kuliah dan KKN dulu yang lama tidak terdengar kabar beritanya. Luar biasa, banyak teman-teman itu yang aku temukan di sana, sehingga kami bisa kembali menjalin kontak. Inilah manfaat Facebook, terjalin dengan teman di berbagai penjuru dunia. Aku juga bisa mempromosikan artikel blog lewat FB.
………………………………..
Bagiku, manfaat facebook, friendster, yuwie, twitter, dan situs sejenis adalah untuk berhubungan dengan teman di berbagai belahan dunia. Tetap terkoneksi dengan teman adalah hal utama, sedangkan manfaat sampingannya, kita dapat mempromosikan blog atau mungkin bisnis kita, dan ,syukur-syukur bisa memperoleh keuntungan finansial (hehe…)
[bewegaleri.wordpress.com]

Manfaat Fecebook bagi pelajar :

Facebook adalah salah satu fasilatas yang terbentuk dari Teknologi Informasi dan Komunikasi.Facebook dapat menghubungkan anda dengan orang yang mungkin anda kenal.
[ulfanurfalah.wordpress.com]

Berikut ini merupakan dampak dan manfaat Facebook :
1. Manfaatnya :
• Dapat memperluas pengetahuan dan wawasan
• Menambah banyak teman
• Kita dapat menulisan segala aktivitas atau perasaan yang sedang kita rasakan, yang biasanya disebut dengan status.
• Untuk menjalin persahabatan ataupun saling bersilahturahmi dengan teman lama.
• Sebagai ajang diskusi mengenai berbagai macam hal
• Sebagai sarana promosi
• Sebagai media dua arah antara masyarakat dan media massa
• Kita bisa berbagi foto/video dengan teman dengan cara membuat tag pada foto/video tersebut
• Kita bisa chatting dengan seseorang yang jaraknya berjauhan
[adew4tii.wordpress.com]

Kalau di telaah lebih jauh Facebook memberikan beberapa manfaat untuk pekerjaan dan perusahaan. Terjalinnya hubungan yang akrab antar karyawan dan atasan sehingga memberikan iklim kerja yang positif. Sedangkan untuk orang yang berhubungan dengan marketing, facebook akan menambah relasi bisnis, dan merupakan sarana promosi untuk perusahaan.
[ratni213.wordpress.com]

Tapi sekarang ada tambahan dan manfaat baru yang berhasil menyedot warga-warga gaptek untuk bikin acount Facebook yaitu game Poker.

Game Poker sering di anggap sebagai hal yang Negatif tetapi menurut pandanganku Game Poker adalah hal Fositive karena berkat Game Poker banyak warga yang bikin-bikin acount FB . Tentu saja itu bisa memajukan kota Ampah sendiri karena dengan mengetikan kota Ampah di Facebook banyak sekali berjejeran FB warga-warga Ampah . Selain itu juga terjadi proses bikin email dan membuka email jadi bikin rasa penasaran kepada internet semakin besar. Walaupun hanya tujuan untuk main Poker tetapi sebuah teknologi tetap berkembang di pikiran masyarakat.
[ulah55.wordpress.com]

Manfaat facebook bagi pelajar adalah:

1.Dapat memperoleh banyak teman,

2.Merupakan sarana informasi dan telekomunikasi.

3.Mendapat pengalaman baru dari teman di facebook dengan saling bertukar pikiran atau sharing.

4.Situs jejaring ini dapat menjangkau seluruh dunia,sehingga dapat mempermudah pelajar untuk saling berkomunikasi kapanpun dan dimanapun.

5.Dapat mempererat tali silaturahmi.

6.Dapat mengetahui keadaan teman kita walaupun berbeda daerah.

7.Kita dapat mengetahui informasi terbaru dari teman kita.

8.Kita dapat berinteraksi langsung dengan kalangan selebritis.

Jadi,dengan facebook kita dapat memperoleh banyak keuntungan,khususnya bagi kita selaku pelajar.
[widhynadia.wordpress.com]

Datuk Dr Che Rozmey Che Din (DDR) juga tidak terlepas dari mempunyai laman ‘facebook’ sendiri. Beliau sering menggunakan ‘facebook’ sebagai medium antara beliau dengan rakan-rakan pengedar dan fanatik untuk berkongsi maklumat.

Di sini, beliau akan memasukkan info terkini mengenai kesihatan, rentetan filem 2 Alam, Akademi Langsing dan Jutawan serta testimoni yang telah berjaya menggunakan Jus Mate 5 dan beberapa produk lain.
[drrozmey.wordpress.com]

Jangan biarkan setitik noda menghancurkan selembar kain sutra nan halus dan cantik. Saya menemukan beberapa teman lama sewaktu SMK dulu, yang mereka berada entah dimana tapi tiba-tiba bisa bertemu di Facebook dan ternyata mereka ada yang di Jakarta, Riau, Bandung, Jambi, dan ada pula yang ternyata dekat dengan saya namun belum pernah bertemu. Kita bisa bertanya kabar, say hello tentunya, tanya pekerjaan, tanya lowongan, atau bahkan janjian bertemu. Di Facebook saya menemukan banyak teman baru yang berasal dari seluruh Indonesia, meski tidak mengenal satu sama lain tapi kita bisa sharing tentang suatu hal, berdiskusi, bertukar informasi, dan bahkan berdiskusi membahas tentang nilai-nilai agama.
[taufik36.wordpress.com]

Kembali ke cerita di awal tulisan ini, berkat facebook, Pak Sapardi Djoko Damono pun mendapatkan kembali naskah Syair Inul yang sempat hilang – yang rencananya akan segera diterbitkan.

Setelah diumumkan melalui media jejaring sosial tersebut, tak sampai 2 jam ada yang mengirim balik. Rupanya sang pengirim sempat mencatat naskah itu saat dibacakan dulu. Jadilah buku Syair Inul diluncurkan bersama buku kumpulan puisi lainnya : Kolam di Pekarangan.
[budiratalloz2006.wordpress.com]

Manfaat facebook antara lain :

Pertama, dapat mencari teman yang sudah terpisah sekian lama. Contohnya teman waktu sekolah dari tingkat SD sampai Universitas, teman masa kecil yang pernah dibesarkan dalam satu kampung dan teman-teman lainnya yang sudah terjamah dengan teknologi. Kedua, dapat mencari tambahan penghasilan. Contohnya : bisa dijadikan ajang marketing bagi yang sudah mempunyai bidang usaha. Ketiga, menjadi tempat bersilaturrahmi versi dunia maya. Keempat, sarana pembentukan identitas. Apa ang tidak bisa diekspresikan di dunia nyata, bisa diekspresikan di dunia virtual meskipun tidak sepenuhnya yang ditampilkan itu adalah identitas sebenarnya. Termasuk, latihan menuangkan gagasan atau lisan, seperti layaknya wartawan.
[cyberorenji.wordpress.com]

“Facebook adalah teknologi yang tidak bisa dihambat perkembangannya dan tidak melanggar syariat Islam. Facebook juga bisa menjadi media dakwah. Facebook itu harus dimanfaatkan ke arah yang positif sehingga Facebook bisa menjadi dunia nyata yang mendatangkan banyak manfaat,” ujarnya.
[ejajufri.wordpress.com]

MANFAAT
Jejaring sosial mempermudah interakasi dengan orang lain walaupun terpisah oleh jarak. Karena kita dapat berkomunikasi secara livetime. Mudahnya interaksi yang diciptakan bisa menjadi sarana promosi suatu barang, komunitas, band dan lain-lain.
…………………
Sisi Positif Lain Dari Jejaring Sosial Di Indonesia
Di negara Indonesia, pemerintah banyak melakukan sosialisasi dalam berbagai hal pendidikan, kesehatan, politik, penanggulangan bencana, ekonomi, dan informasi yang lain. Selain menggunakan media cetak, pemerintah mensosialisasikan programnya melalui situs jejaring sosial. Salah satu contohnya yaitu kampanye dalam pemilu 2009. Banyak sekali Caleg yang mempromosikan dirinya lewat facebook.
[gmild.wordpress.com]

Akhirnya manfaat Facebook bisa saya rasakan

Keberadaan jejaring sosial (social network) memang semakin marak ditengah-tengah masyarakat saat ini. Mungkin salah satu alasannya adalah karna manusia adalah zoon politikon *gitu sih bahasa sosiologinya yang saya dapatkan dibangku sekolahan*. Keberadaan facebook, twitter dan lain lain membantu orang terhubung dengan orang lainnya termasuk dengan masa lalunya.Banyak yang bilang “Gila…aku udah lama gak ketemu dia, entah dari jaman kapan, n sekarang aku bisa chatt lagi ma dy, itu tuh gara2 facebook”.
[illaputri.wordpress.com]

Tentu ada banyak manfaat yang bisa kita peroleh. Diantaranya, bila kita ingin tersambung kembali (reconnected) dengan teman-teman lama yang sudah terpisah dari kita baik karena pindah tempat kediaman, pindah sekolah, pindah pekerjaan, ganti status dsbnya. Termasuk bila kita ingin menyatukan kembali sanak saudara (relatives) yang mungkin sudah tersebar di banyak tempat. Fitur Pertemanan akan sangat effektif untuk menyatukan kembali (reunite) sahabat-sahabat maupun keluarga atau famili yang sudah tercerai berai untuk bisa berkomunikasi kembali atau menyambung tali silaturrahim atau sekedar bernostalgia di dunia maya.
[sierraromeo.wordpress.com]

Iseng-iseng saya mencoba masuk ke situs Facebook, dan mencoba-coba mencari teman dengan mengandalkan memori yang telah lebih dari 25 tahun tersimpan. Dengan menggunakan bantuan si mesin pencari mbah google saya klik nama satu teman saya di SMA dulu yang agak menonjol prestasinya karena menurut kabar dari teman lainnya si dia ini disekolahkan pak BJ Habibie (waktu itu Menristek) lewat BPPT ke Jepang. Ahamdulillah sekali klik saja sudah ketemu nama yang saya cari hampir dua puluh lima tahun yang tidak lain adalah pak Agus tamu istimewaku hari ini. Dari Facebook itulah akhirnya kita bertemu juga teman-teman lainnya dam yang menghebohkan mereka bertempat tinggal yang berpencar-pencar dan profesinyapun beragam.
…………………………………..
Begitulah sekelumit cerita dari kunjungan Calon Menteri 2014 di rumah saya, sekaligus mencairkan kerinduanku padanya setelah hampir dua puluh lima tahun berpisah. Dan semua nostalgia ini terjadi melalui perangkat Facebook dan internet.
[cimuu.wordpress.com]

Tak hanya menjaring teman, tetapi juga bisa menjadi mesin uang. Tak hanya menjaring teman, tetapi juga bisa menjadi mesin uang.

Faktanya, kini semakin banyak yang berbisnis lewat Facebook . Faktanya, kini semakin banyak yang berbisnis lewat Facebook. Anda yang memiliki akun Facebook mungkin sudah mengetahui hal ini, pastinya mereka yang pernah di add (diminta bergabung) oleh toko-toko online. Anda yang memiliki akun Facebook mungkin sudah Mengetahui hal ini, pastinya mereka yang pernah di add (diminta bergabung) oleh toko-toko online.
[guspur.wordpress.com]

Facebook.Com (disingkat facebook) adalah situs di internet yang lazim digunakan oleh penggunanya untuk menjalin hubungan dengan teman ataupun keluarga. Namun akhir-akhir ini, para pemberi kerja (employers) juga kerap menjadikan facebook sebagai salah satu sumber informasi yang mereka gunakan untuk memantau kandidat pegawai mereka. Maklum saja, kadang melalui profil seseorang di facebook-lah para pemberi kerja ini bisa melihat “wujud asli” calon pegawai mereka ketimbang melalui CV atau resume yang terkesan kaku dan “jadul”.
[wimkhan.wordpress.com]

Facebook benar-benar sudah membumi bagi masyarakat Indonesia. Ditengah maraknya isu tentang bahaya facebook, seorang tukang becak di Yogyakarta malah memanfaatkan facebook untuk mencari pelanggan. Simak saja cerita Liputan6.com berikut ini.
[faihu.wordpress.com]

Saya terkejut ketika berkunjung ke facebooknya mas hernowo hasim. Setiap harinya beliau menulis di catatan (notes) dan beliau sharingkan tulisannya itu kepada teman-temannya. Kreativitas beliau sangat luar biasa. Beliau sangat komitmen sekali dalam menulis. Alhasil, dalam 4 bulan telah ada sekitar 120 tulisan yang kalau diteruskan selama setahun, akan menjadi sebuah buku yang sangat luar biasa.

Saya pun terperanjat dibuatnya. Ternyata, dari sedikit demi sedikit menulis, bila kita fokus pada materi tulisan, maka kita akan menjadi penulis buku. Di sanalah sebenarnya resep mas Hernowo dalam membuat buku-buku berkualitas yang best seller. Anda dapat melihat tulisan Mas Hernowo Hasim di sini.
[wijayalabs.wordpress.com]

Informasi yang diberikan facebook banyak yang bersifat umum, seperti berita-berita nasional dan international. Namun tak sedikit pula informasi yang diberikan bersifat khusus, seperti berita kehidupan sehari-hari para anggota facebook. Ada yang pantas dipublikasikan adapula yang sangat tabu. Bagi para pengguna facebook hal itu menjadi hal yang wajar saja.
[luvyayang.wordpress.com]

Jika Facebook begitu tidak bergunanya, mengapa tokoh seperti Bill Gates dan Hermawan Kartajaya ikut menambah daftar penggunanya? Talkshow ini diadakan untuk membantu Anda mendapatkan jawabannya, yaitu manfaat sesungguhnya dari alat bantu bernama Facebook, yang bahkan membantu Barack Obama sukses menduduki kursi orang nomor satu di Amerika.
[gramediamatraman.wordpress.com]

Saya termasuk orang yang setuju dengan alasan tersebut, namun tidak bisa dipungkiri juga kalau facebook ternyata banyak memberikan manfaat langsung khususnya bagi diri saya pribadi. Setiap pengguna facebook juga mendapatkan manfaat yang mungkin berbeda-beda. Itulah kenapa pengguna facebook semakin meningkat setiap harinya. Bahkan, Indonesia menjadi pengguna terbanyak nomor dua setelah Amerika Serikat.

Kalau ditanya apa saja manfaat facebook bagi diri saya. Tentu akan sangat panjang bila dibeberkan di sini. Namun ada satu manfaat yang membuat saya betah berlama-lama berada di depan laptop sambil membuka halaman facebook, yaitu mendownload buku gratisan.
[m4rp4un6.wordpress.com]

Manfaat Facebook menurut saya :
Sejak ikut facebook, sudah tidak dibilang katrok lg sm temen2
Sarana utk menambah bnyk wawasan dan pgetahuan.
Bisa mencela dan menghina ( tetapi dalam hal yang wajar berguna memperbaiki sifat seseorang/kritik) orang tanpa takut digebuki.
Tempat pasang iklan gratis untuk iklan bisnis kpd teman atau orang lain.
Mencari tmn2 dulu yg masih punya hutang menjadi lebih gampang, karena terdapat alamat dan nomor telp.
Nambah buanyak temen baru diseluruh pelosok wilayah belahan Dunia.
Nemuin banyak temen lama yang tidak pernah ketemu.
Nambah kreatifitas,ajang curhat dgn teman..buat puisi/pantun romantis.
Punya gebetan buanyak (hehe maklum anak muda zaman sekarang).
Bikin sakit hati seseorang bila melihat orang yang dicintai ketahuan selingkuh di FB.
[danariskaanggalih91.wordpress]

Bagi komunitas pesantren misalnya, kata dia, melalui “facebook” dapat didiskusikan isu-isu aktual seputar “fiqh” maupun informasi dunia Islam lainnya. Terkait dengan adanya fatwa haram penggunaan “facebook” oleh para kiai dan santri yang tergabung dalam Forum Musyawarah Pondok Pesantren Putri (FMP3) se-Jawa Timur beberapa waktu lalu, ia menyatakan kurang sependapat. “Sebagai sebuah teknologi dan media komunikasi, `facebook` banyak memberikan manfaat. Jadi tidak usah diharamkan. Kalaupun diharamkan, mungkin penyalahgunaannya oleh sebagian kalangan yang tidak mengindahkan norma dan etika agama,” katanya.
……………
Halim mengemukakan, manfaat “facebook” sangat besar, sehingga sudah sewajarnya kalau komunitas pesantren pun mulai merambah dunia maya itu agar tidak buta informasi terkini. “Malahan, `facebook` kini sudah menjadi media alternatif untuk memperjuangkan kepentingan rakyat, seperti dalam kasus Cicak versus Buaya maupun Prita Mulyasari lawan RS Omni,” katanya.
…………………………..
[indicomm.wordpress.com]

Adapun teman-teman yang merasakan manfaatnya melalui facebook, di antaranya dengan berkembangnya dakwah salafiyyah ini serta semakin terjaganya keistiqomahan tersebut, sungguh alhamdulillah jika memang demikian.

Pesan saya, “Ambillah manfaat dari facebook, jangan yang buruknya ya teman….”
[bentengkehidupan.wordpress.com]

Iklan

22 Februari 2010 - Posted by | yang penting FUN | , , , , , , , , , , ,

12 Komentar »

  1. Waw ternyata dibalik sisi negatifnya banyak juga manfaat facebook ya!
    Selamat sore salam hangat dari BULENTIN

    Komentar oleh BULENTIN | 22 Februari 2010 | Balas

    • sisi negatif yang banyak diberitakan… sisi positifnya mana ????
      hehehe…

      salam hangat dan kompak selalu untuk BULENTIN

      Komentar oleh ariefmas | 22 Februari 2010 | Balas

  2. Linknya Udah Di pasang….. Thanks Kawan….

    Komentar oleh cimeng | 22 Februari 2010 | Balas

    • thaks sama-sama….. sekaligus menjadi semacam “bookmark” kalau saya keliling-keliling tidak perlu buka-buka halaman komentar lagi….

      Komentar oleh ariefmas | 22 Februari 2010 | Balas

  3. analisa yang menarik mas arif sekarang lagi gencar2ya negatif FB tapi kalau mau membuka pikiran lebih luas sebenarnya FB punya peranan positif lebih banyak juga

    Komentar oleh A.J.I | 23 Februari 2010 | Balas

    • Minimal, rasanya sangat sulit ktemu tmen2 lama yang terpisah.
      Hehe, akhirnya ketemu juga, bisa menyambung dan mempererat lagi silaturahmi.

      Komentar oleh ariefmas | 23 Februari 2010 | Balas

  4. Yap betul mas saya juga merasakan hal tsb, temen smp saya yg udah lama sekali tdk bertemu, ternyata lewat facebook bs jadi ketemu. Itu salah satu yg saya alami. Trimakasih ringkasan tulisan saya dimuat disini!
    Salam kompak untuk mas Arif!

    Komentar oleh BULENTIN | 23 Februari 2010 | Balas

    • tapi maaf ringkasan tulisannya agak di belakang… mengikuti urutan. ndak papa ya ???

      salam kompak juga selalu untuk BULENTIN

      Komentar oleh ariefmas | 23 Februari 2010 | Balas

  5. wah… hebat nih, kolektor manfaat facebook

    Komentar oleh Abdi Jaya | 24 Februari 2010 | Balas

    • Ternyata banyak juga ya manfaatnya . .

      Komentar oleh ariefmas | 25 Februari 2010 | Balas

  6. wah, ga nyangka bnyak jga manfaatnya. tapi kalo bisa kerugian nya juga di jelasin dong. 🙂

    Komentar oleh nunuriezzati | 21 November 2010 | Balas

  7. […] by auroracintacabi Posted on 22 Februari 2010 by 11 […]

    Ping balik oleh Wow, Ternyata Banyak Sekali Manfaat FACEBOOK (Kumpulan Artikel dari WORDPRESS) « auroracintacabi | 26 Juli 2011 | Balas


Dipersilakan mohon Komentar di SiNi [trima kasih]

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: