Ariefmas's Weblog

Sejenak Menapak Riuhnya Dunia Maya

Memaki di Facebook, Mahasiswa Fakultas Hukum ini Kena Hukuman 3 Bulan dengan Masa Percobaan 6 Bulan

Muhammad Wahyu Muharam, mahasiswa tingkat akhir Fakultas Hukum Universitas Jember (Unej), dijatuhi hukuman tiga bulan penjara dengan masa percobaan enam bulan oleh majelis hakim Pengadilan Negeri (PN) Jember, Selasa (9/3).

Majelis hakim yang diketuai Jhony Aswar memutuskan, Wahyu terbukti bersalah dan telah melanggar Pasal 310 Ayat 2 KUHP tentang pencemaran nama baik lewat tulisan. Wahyu dinilai mencemarkan nama Tri Basuki, pelatih Jember Marching Band melalui tulisan di status Facebook-nya.

“Dengan putusan ini, Wahyu tidak perlu masuk penjara karena hukuman kurungan hanya akan dilakukan jika dalam masa percobaan enam bulan tersebut Wahyu melakukan tindak pidana,” ujar Jhony.

Putusan tersebut lebih ringan tiga bulan dari tuntutan Jaksa Penuntut Umum, Lusiana SH, yang menuntut Wahyu enam bulan penjara dengan masa percobaan 10 bulan. Hal tersebut dikarenakan Wahyu telah berdamai dengan pelatihnya yang dibuktikan dengan surat pernyataan bermeterai. Wahyu juga telah meminta maaf yang ditulis di status Facebook-nya. Bahkan kedua orangtua Wahyu juga ikut meminta maaf kepada Tri Basuki.

Pada sidang pemeriksaan saksi, majelis hakim juga telah mendamaikan kedua belah pihak. Kala itu, Tri Basuki juga mengaku telah memaafkan Wahyu. “Itu yang menjadi dasar pertimbangan yang meringankan,” lanjut Jhony.

Wahyu didakwa mencemarkan nama Tri Basuki, setelah mencelanya pada akun status Facebook miliknya. Tri basuki yang mengetahui status tersebut melaporkan Wahyu ke polisi.
(sumber: Surya)

Berita lainnya:

Hina Pelatih di Facebook, Mahasiswa Unej Divonis 3 Bulan

Jember – Wahyu Nur Muharam, mahasiswa Universitas Jember (Unej) yang mencaci maki pelatih Jember Marching Band, Tri Basuki di situs jejering sosial facebook dijatuhi vonis oleh majelis hakim Pengadilan Negeri (PN) Jember 3 bulan.

“Kami menjatuhkan hukuman 3 bulan dengan masa percobaan 6 bulan. Dia terbukti melanggar pasal 310 ayat 2 KUHP yakni mencemarkan nama baik melalui tulisan,” kata anggota majelis hakim, Hasanur Rachman, Selasa (9/3/2010).

Baik terpidana maupun jaksa penuntut umum (JPU) menerima keputusan hakim itu. Dengan hukuman itu, maka Wahyu tidak perlu menjalani masa tahanan.

Sebagai pertimbangan putusan, hakim mempertimbangkan permintaan maaf dari Wahyu, baik secara langsung maupun di situs jejaring facebook kepada Tri Basuki. Kedua orang tua Wahyu juga ikut meminta maaf kepada Tri.

Mahasiswa Unej itu, sebelumnya, pada tahun 2009 lalu mengeluarkan kata kotor dan caci maki kepada Tri Basuki di facebook. Ia menuliskan kata-kata itu di statusnya. Kata caci maki itu akhirnya berbuntut pada pelaporan polisi dan berakhir di meja hijau PN Jember.

(sumber: Detik)

10 Maret 2010 - Posted by | Unduh dari media online | , , , , , , , ,

3 Komentar »

  1. Makanya hati2 bung! Jangan gampang umbar kata2 distatus! Rasain km kena batunya!

    Komentar oleh BULENTIN | 10 Maret 2010 | Balas

  2. wah.. nice info bro..

    http://hilmyinfo.wordpress.com/2010/04/24/wow-ilmuan-seksi-ini-menang-poker-rp-13-milliar/

    Komentar oleh Hilmy Khoiri | 24 April 2010 | Balas

  3. ya, perlu kesantunan di segala aspek kehidupan.saling menghargai, menghormati itu keharusan.

    Komentar oleh sketsa2010 | 24 April 2010 | Balas


Dipersilakan mohon Komentar di SiNi [trima kasih]

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: