Ariefmas's Weblog

Sejenak Menapak Riuhnya Dunia Maya

Benarkah 1 butir telur puyuh memiliki kandungan nutrisi lebih banyak daripada 1 butir telur ayam?

Di bawah ini berturut-turut perbedaan susunan protein, lemak, karbohidrat, dan abu (dalam %) telur puyuh dibandingkan dengan telur ternak unggas lainnya:

Ayam ras: 12,7; 11,3; 0,9; 1,0
Ayam buras: 13,4; 10,3; 0,9; 1,0
Itik: 13,3; 14,5; 0,7; 1,1
Angsa: 13,9; 13,3; 1,5; 1,1
Merpati: 13,8; 12,0; 0,8; 0,9
Kalkun: 13,1; 11,8; 1,7; 0,8
Puyuh: 13,1; 11,1; 1,0; 1,1

Jadi, berdasarkan data di atas, kandungan nutrisi pada telur puyuh dapat dikatakan lebih baik dibandingkan telur ternak unggas lainnya, termasuk ayam.

Kadar protein telur puyuh cukup baik, dengan kadar lemak yang rendah. Sehingga jika mengonsumsi telur puyuh, dapat tercukupi kebutuhan protein dan karbohidrat kita, tetapi tidak takut kolesterol naik. Jadi, bisa untuk diet kolesterol juga.

Salam kenal, semoga kita sehat dan bugar senantiasa! -yds-
materi referensi:

Data nutrisi dari:
Woodard, et al, 1973 dan Sastry, et al, 1982.

sumber: http://id.answers.yahoo.com/question/index?qid=20071001002921AADVbE8

Iklan

12 Maret 2010 - Posted by | Dunia Puyuh, Unduh dari media online | , , ,

8 Komentar »

  1. owh begitu yah…
    baru tahu saya ternytata telur puyuh tu kandungan gizinya gedhe juga ya….
    banyakan dijual sambil ditusukin lidi tuh….
    pergi dulu yah beli telur puyuh

    Komentar oleh vempuzka | 12 Maret 2010 | Balas

    • Yang penting beli telur puyuhnya 🙂

      Komentar oleh M. 'Arief B. | 12 Maret 2010 | Balas

  2. oalaha… padahal dari beberapa tulisan kandungan kolesterol, telur puyuh adalah paling tinggi, imbang sama otak sapi, jerohan dan udang… hehhe… jadi bingung nih… thanks infonya Om…

    sedj
    http://sedjatee.wordpress.com

    Komentar oleh sedjatee | 12 Maret 2010 | Balas

  3. Hehe, iya juga ya setelah gugling lagi.
    Tapi ini nemu artikel bagus n menarik, nanti malem posting untuk jadi jalan tengah 🙂
    Biar saya juga nggak bingung. Hanya saja yang perlu diperhatikan juga bisa jadi rakyat masih lebih banyak yang kekurangan kolesterol 🙂
    Trims koreksinya..

    Komentar oleh M. 'Arief B. | 12 Maret 2010 | Balas

  4. Sip… Lah kaLoo begeto….
    Ini yang namanya murah’ berGIzi…..! TeLur puYu tooh…

    Komentar oleh 'Handoko paBbsi. | 20 Juni 2010 | Balas

  5. wow keren…………………

    Komentar oleh chai | 18 Juli 2010 | Balas

  6. pengen gemuk nih….makan telur puyuh bisa bikin endut ga ya,,,kurus bgt nih badan gw.minta resep dong

    Komentar oleh djulie | 16 September 2010 | Balas

  7.       

    Komentar oleh Edy Kamsino | 23 September 2010 | Balas


Dipersilakan mohon Komentar di SiNi [trima kasih]

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: