Ariefmas's Weblog

Sejenak Menapak Riuhnya Dunia Maya

Amin Rais Tidak Setuju Fatwa Rokok Haram !!!

Mantan Ketua Umum Pengurus Pusat (PP) Muhammadiyah, Prof DR H Amien Rais mengaku terkejut atas fatwa haram merokok yang dikeluarkan PP Muhammadiyah beberapa waktu lalu.

Meski mengaku bukan ahli agama, dia menyatakan tidak ada penjelasan dalam Alquran dan Alhadist yang merupakan landasan hukum bagi umat Islam soal hukum haram terhadap rokok.

“Soal fatwa haram rokok yang dikeluarkan PP Muhammadiyah, jujur saya kaget. Kalau makruh, oke lah. Saya tidak sepakat kalau haram,” tegas Amien setelah mengisi pengajian menyongsong seabad Muhammadiyah di Desa Merden, Kecamatan Purwanegara, Banjarnegara, Sabtu (13/3).

Menurut dia, soal hukum, hendaknya umat merujuk pada dasarnya, yakni Alquran dan Alhadist, sehingga tidak sampai menghalalkan yang haram dalam menetapkan hukum. Begitu juga sebaliknya. Bahkan, dia mencontohkan hukum merokok di beberapa negara yang sudah menggunakan hukum Islam sekalipun.

“Dalam pandangan Alquran, tidak ada ayat-ayat yang mengharamkan orang merokok. Hanya, mungkin hukum ini hasil analisis manfaat dan mudarat oleh beberapa ulama karena keyakinannya bahwa merokok itu mungkin membawa penyakit, sehingga diharamkan,” katanya.

Sebagaimana diketahui, Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah mengeluarkan fatwa haram rokok melalui surat fatwa haram Nomor 6/SM/MTT/III/2010 pada Senin malam (8/3). Fatwa haram merokok dari PP Muhammadiyah tersebut merupakan revisi fatwa sebelumnya yang menyatakan rokok itu mubah. (JPNN)

—————
rokok haram ditambah hukum cambuk 40 kali, itu yang saya ingat pelajaran dulu lho Pak……
Nggak tau kalau sudah direvisi….
Pak Amin nggak pernah masuk pelajaran itu sih….

15 Maret 2010 - Posted by | Unduh dari media online | , , , , ,

6 Komentar »

  1. Fatwane lutu ya mas? Ana revisi barangik 😆 Setahu saya, para ulama tidak pernah merevisi pada fatwa yang pernah diucapkannya ra mas? 🙄 😆

    Komentar oleh TKB | 15 Maret 2010 | Balas

    • Bisa jadi ulamanya lain. Sedangkan pintu ijtihad terbuka lebar.
      Fatwa waktu itu bisa jadi sudah tidak relevan lagi untuk sekarang.
      Yang penting saling menghargai perbedaan antara yang mengeluarkan fatwa dahulu dan sekarang.

      Komentar oleh M. 'Arief B. | 15 Maret 2010 | Balas

  2. Saya manut ‘ulama aja mas, tapi bukan PP Muh/PPNU ato MUiN, pokoknya nyang Indonesialah, karena di Indonesia ini setahuku nggak ada ‘ulama, adanya nyang ngaku-ngaku ajah, dengan pertimbangan, bahwa ‘ulama itu harus memenuhi syarat-syarat, diantaranya adalah : muhlisin, ‘adil, dapat dipercaya, dan faham diin.

    Komentar oleh Wandi thok | 15 Maret 2010 | Balas

  3. Memilih yang dapat dipercaya mengemban amanat.
    Sip. Trima kasih Pak . .

    Komentar oleh M. 'Arief B. | 15 Maret 2010 | Balas

  4. Saya sependapat dgn Pak Wandi! Yah begitulah negara kita, walau tdk semuanya sich!

    Komentar oleh BULETIN | 15 Maret 2010 | Balas

  5. SELAMATKAN MUHAMMADIYAH DARI ORANG ORANG ALIRAN ISLAM SESAT (SESUAI FATWA MUI) YANG DITITIPKAN DI KEPENGURUSAN MUHAMMADIYAH,MEREKA MEMAKAI JAKET MUHAMMADIYAH UNTUK MENGHANCURKAN MUHAMMADIYAH DARI DALAM.!!ANAK ANAK KETURUNAN DA’JAL TSB, JUGA DITITIPKAN DI MUI, INSYA ALLAH “UMUMNYA WARGA MUHAMMADIYAH YANG CERDAS SEGERA BENTUK TIM INTEL KHUSUS ..”KALAU TIDAK MAU KEKELUARGA’AN ANDA DIPECAH BELAH…! “SA’AT INI DA’JAL TSB MENGADU DOMBA INTERNAL ANDA !!,DAN AKAN MENGADU DOMBA ANDA DENGAN PENDUDUK INDONESIA”. ini proyek anti islam …munkin juga pemerintah yang lagi sress kena century.”PROF SYAFI’IE MA’ARIF SA’AT SA’AT KETUA JUGA SEUSIA PAK AMIN SKRG” MAKA UNTUK MEMBERANTAS KADER DA’JAL”YANG DITITIPKAN DI : PP-PWM-PDM-PCM-PR MUHAMMADIYAH dan MUI PUSAT-MUI-KAB/KOTA-MUI KEC” ‘muhammadiyah-mui-indonesia sekarat’. ^^^^^^^^INSYA ALLAH “PROF DR AMIEN RAIS” mmpu membentuk tim intel khusus untuk membongkar tim siluman/anak da’jal aliran islam sesat yang duduk dikepengurusan “MUHAMMADIYAH DAN MUI” ^^^^^^^

    Komentar oleh AMRIZAL | 16 Maret 2010 | Balas


Dipersilakan mohon Komentar di SiNi [trima kasih]

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: