Ariefmas's Weblog

Sejenak Menapak Riuhnya Dunia Maya

UGM Operasikan Mesin Pengangkat Air Tenaga Matahari


Universitas Gadjah Mada (UGM) berhasil mengoperasikan alat pengangkat air dengan tenaga matahari di Dusun Banyumeneng I, Desa Giriharjo, Kecamatan Panggang, Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Kamis (25/3).

“Alat ini mampu mengangkat air di ketinggian 1.600 meter dengan 12 modul cell surya. Saat ini alat tersebut mampu membantu 150 keluarga warga dusun (Banyumeneng I) ini,” kata Sekretaris Jurusan Teknik Fisika UGM Yogyakarta Ahmad Agus.

Alat yang dikenal dengan nama solar water pumping system tersebut dikerjakan secara swadaya oleh mahasiswa bersama masyarakat setempat. Pembuatan alat sejak Juli 2009 tersebut menghabiskan dana sekitar Rp250 juta.

“Alat ini sebenarnya ingin kita implementasikan sejak 2007. Sebab, alat ini merupakan implementasi dari konsep kita yang menang dalam Mondialogo Enginering Award tahun 2007 di India,” katanya seraya mengungkapkan bahwa dalam kejuaraan tingkat internasional itu UGM Yogyakarta berpasangan dengan Curtin University of Technology Australia.

Setelah resmi dioperasikan, katanya, pihaknya membentuk kelompok masyarakat yang bertanggung jawab atas peralatan tersebut. Hal itu dilakukan agar keberadaannya bisa terjaga dan dapat dimanfaatkan masyarakat setempat secara terus-menerus. [Media-Indonesia]

Iklan

26 Maret 2010 - Posted by | Unduh dari media online | , , , , , , , , , ,

2 Komentar »

  1. negri ini tidak akan kehabisan sumber energi karena negri ini kaya akan sumber energi cahaya matahari adalah bagian kecil dari sumber energi yang ada namun kekayaan itu terlihat menjadi kekurangan karena kurang di eksploitasi…
    (mampir mas ke blog aku trus kasih komen)

    Komentar oleh debodor | 28 Maret 2010 | Balas

    • Tentu saya meluncur..
      Trims juga kunjungan dan komentarnya

      Komentar oleh M. 'Arief B. | 29 Maret 2010 | Balas


Dipersilakan mohon Komentar di SiNi [trima kasih]

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: