Ariefmas's Weblog

Sejenak Menapak Riuhnya Dunia Maya

Koruptor Indonesia Lebih Ganas Dibanding Mafioso Italiano

Dari Rapimnas Pertama Laskar Anti-Korupsi Indonesia

Korupsi di Indonesia diperkirakan telah menggurita.

Bahkan, seluruh kabupaten/kota di Indonesia ada pejabat daerahnya yang dilaporkan ke lembaga superbody tersebut dengan dugaan

tindak pidana korupsi !!!!!

Ada yang bilang, koruptor Indonesia lebih beringas

dibandingkan Mafioso Italiano.

KOMPLEK Taman Rekreasi Wiladatika, Cibubur, Jawa Barat, menjadi lokasi tempat dilangsungkannya Rapat Pimpinan Nasional Laskar Anti Korupsi Indonesia atau lebih dikenal dengan sebutan LAKI, 21-23 Maret 2010. Itu adalah Rapimnas pertama sejak organisasi ini didirkan tiga tahun lalu di Pontianak, Kalimantan Barat.

Salah satu gedung di komplek yang kerap dipakai untuk kegiatan Pramuka itu digunakan oleh organisasi ini untuk melakukan inventarisasi kekuatan, kelemahan, dan ancaman. Suasana komplek yang sejuk, teduh, dan dipenuhi aneka ragam pohon dan bunga membuat hampir 100 peserta yang terdiri dari 24 perwakilan LAKI se-Indonesia bisa berpikir jernih untuk menata kekuatan organisasi dan mengeliminir kelemahan serta ancaman untuk memberantas korupsi di bumi pertiwi.

Sejumlah narasumber diundang untuk memberikan pembekalan dan pencerahan bagi laskar-laskar anti-korupsi. Beberapa diantaranya yakni Rian Hadi Utama dari Divisi Pendidikan dan Pembinaan Masyarakat Komisi Pemberantasan Korupsi dan Prijatni Sawadi, direktur Pidana, Administrasi Hukum Umum, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia.
Rapimnas tersebut bertujuan untuk mendapatkan rumusan kesepakatan bersama tentang masa depan keberadaan organisasi yang akan dibentuk hingga tingkat rukun tetangga.

Dalam pembekalan dengan anggota LAKI, Rian Hadi Utama dari KPK mewanti-wanti organisasi ini untuk menjadi aktor, dalam artian, menjadi contoh prilaku yang baik di mata masyarakat.“Apalagi LAKI tingkatannya nasional. Misalnya saja ada LAKI di suatu daerah melakukan pemerasan suatu kasus. Maka hal ini akan merusak citra LAKI keseluruhan. Kata kuncinya adalah integritas. Masyarakat sendiri yang akan menghukumnya,” katanya. Rian juga menegaskan bahwa sinkronisasi pencegahan dan penindakan merupakan unsur penting menumpas korupsi di tanah air.

Dalam satu kesempatan sesi tanya jawab, Rian juga menyampaikan bahwa tingkatan korupsi di Indonesia memang cukup menyedihkan.Bahkan, KPK menerima aduan laporan indikasi korupsi pejabat negara dari seluruh kabupaten/kota di Indonesia.

“Tidak ada satupun di daerah di Indonesia ini yang tidak ada laporan dugaan korupsinya dari masyarakat masuk ke KPK,” katanya.Bahkan, dia mendapatkan informasi dari salah satu rekannya di negara piza tentang kebiasaan korupsi yang dilakukan mafioso di Italia. “Kalau Mafia Italia, mereka anti-mengorup uang rakyat. Kalau di kita, tidak. Semuanya diambil,” katanya.Ketua Umum LAKI Burhanudin Abdullah menegaskan dan meminta seluruh pengurus DPW dan DPC LAKI se-Indonesia untuk menjaga integritas organisasi ini. “Jangan sampai LAKI kemasukan virus,” katanya.

Dia juga meminta agar seluruh laskar-laskar anti-korupsi dapat menjalankan perannya secara profesional. Untuk itu, dalam waktu dekat, LAKI dengan instruktur dari KPK akan melakukan pelatihan investigatif untuk mencari data dan mengungkap kasus dugaan korupsi yang dilakukan pejabat publik.

Pelatihan ini akan dibuat dengan model training of trainer. “Akan dibuat percontohan. Di mana tim inti akan dilatih langsung oleh KPK dan yang telah mendapatkan pelatihan akan melatih kembali untuk anggota selanjutnya. Begitu seterusnya hingga tingkatan terbawah,” katanya. Rian Hadi Utama menyambut baik rencana itu dan siap memberikan pelatihan jika dimintakan.
[sumber: pontianakpost online- berita lama]

30 Maret 2010 - Posted by | Unduh dari media online | , , , , ,

2 Komentar »

  1. Kapan ya mas arief korupsi bisa diberantas ?
    (harapan rakyat jelata…. 😦

    Komentar oleh delia4ever | 30 Maret 2010 | Balas

    • seperti mimpi ya indonesia bisa bersih dari korupsi 😦
      [jangan pesimis, pasti bisa bersihkan korupsi]

      Komentar oleh M. 'Arief B. | 30 Maret 2010 | Balas


Dipersilakan mohon Komentar di SiNi [trima kasih]

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: