Ariefmas's Weblog

Sejenak Menapak Riuhnya Dunia Maya

Keuntungan Menjadi Peternak Plasma Burung Puyuh Petelur ( PT PEKSI GUNARAHARJA )

Salam sejahtera

Sebenarnya judul artikel sudah cukup saya tulis “Keuntungan Menjadi Peternak Plasma”, jadi bisa mencakup peternak plasma apa saja; ayam pedaging, ayam petelur, puyuh pedaging, puyuh petelur, termasuk juga peternak plasma penggemukan sapi.
Namun saya kerucutkan khusus menggambarkan keuntungan menjadi plasma kemitraan burung puyuh petelur khususnya dengan PT Peksi Gunaraharja.

Mengenai gambaran menjalin kemitraan dengan PT Peksi Gunaraharja, dulu sedikit banyak pernah saya ceritakan di postingan lawas: “Permasalahan Kemitraan Beternak Burung Puyuh Petelur”. Adapun sampai saat ini gambaran mengenai kemitraan dengan PT Peksi Gunaraharja dalam postingan lawas tersebut belumlah berubah.

Seperti telah dipahami bersama, petani dan peternak secara umum di negeri agraris Indonesia ini rata2 tidak begitu masalah dalam mengolah tanah maupun memiara hewan ternak.
Namun kemudian akan menjadi barisan yang jalan di tempat apabila terbentur pada kesulitan pemasaran. Oleh karena itu adanya kemitraan seperti halnya PT Peksi Gunaraharja dan Perusahaan2 kemitraan yang lain sangatlah membantu memecahkan permasalahan tersebut. Sebagai perusahaan yang membina kemitraan, sungguh telah menyumbang banyak kontribusi untuk kemajuan petani dan peternak di negara agraris Republik Indonesia tercinta ini. ( mungkin boleh juga kalo N.K.R.I saya sebut juga dengan N.A.R.I alias Negara Agraris Republik Indonesia ).

 (Gambar: karyawan PT Peksi in action)

Dengan latar belakang tersebut dan dengan kenyataan2 yang saya alami, ada banyak keuntungan menjadi peternak plasma kemitraan PT Peksi Gunaraharja, diantaranya:

1. Tidak memikirkan usaha memasarkan hasil produksi. Sehingga peternak plasma bisa sepenuh konsentrasi menangani burung puyuh piaraannya. Pemasaran sudah sepenuhnya dikelola oleh PT Peksi Gunaraharja.

2. Tidak perlu repot2 mencari DOQ bibit burung puyuh petelur yang terjamin kualitasnya dan jenis kelaminnya.
Untuk pengadaan bibit sudah disediakan oleh PT Peksi Gunaraharja berdasarkan pesanan.

3. Pakan dan pengambilan telur dilayani semaksimal mungkin oleh PT Peksi Gunaraharja. Antaran pakan dan pengambilan telur ini dari PT Peksi Gunaraharja dikerjakan oleh karyawan-karyawan perusahaan yang pelaksanaannya dikoordinir oleh mandor kelilingan.

(Gambar: karyawan PT Peksi Gunaraharja sedang bekerja)

4. Setelah burung puyuh sudah saatnya apkir, peternak plasma tidak repot menjual apkirannya.
Seluruh apkiran dibeli oleh PT.

5. Apabila ada keluhan baik masalah kemitraan maupun masalah teknis pemeliharaan, selama ini dari PT Peksi Gunaraharja selalu merespon dg cepat dan sebaik2nya.

6. Bagi peternak yang modalnya kurang, PT Peksi Gunaraharja memberi keleluasaan dengan memberi pinjaman pakan teluran selama hasil produksi burung puyuh belum mencukupi untuk membeli pakan.

7. Obat-obatan tersedia lengkap.

Demikian sebagian keuntungan menjadi peternak plasma PT Peksi Gunaraharja.
Mudah2an saja bisa menjadi inspirasi untuk embrio-embrio kemitraan dimanapun saja berada.
Mungkin, kemitraan semacam PT Peksi ini termasuk dibutuhkan untuk lebih memajukan lagi kehidupan agraris petani peternak di tanah air tercinta.

Seperti yang sudah saya rasakan sendiri, kemitraan tersebut terasa begitu lunak. Padahal dulu pernah sekilas ada yang bercerita bahwa dari pihak PT pernah ada yang bilang:
“mbiyen PT angel golek peternak plasma, saiki malah diserbu calon-calon peternak plasma, nah saiki saate dinggo metani”.
Terjemahannya: “dulu PT kesulitan mencari peternak plasma, sekarang malah diserbu calon-calon peternak plasma, nah sekarang saatnya untuk menyeleksi”.
Tentu yang dimaksud adalah menyeleksi mana peternak yang baik dan tidak baik berdasar loyalitasnya terhadap PT.
Tapi kenyataannya, pernyataan tersebut tidak terlaksana, peternak semakin banyak berkembang, dan peternak lama juga terus terjaga kemitraannya.

Entah benar entah tidak, sekedar info saja, beberapa teman saya dari daerah Lendah Brosot Kulonprogo banyak bercerita tentang pemilik PT Peksi Gunaraharja. Dulunya bapak pemilik PT Peksi Gunaraharja juga peternak kecil dengan populasi 1000 sampai 2000 ekor yang kemudian berkembang dan terus berkembang membina kemitraan hingga sekarang omset telurnya mencapai jutaan butir perminggu dengan ratusan peternak plasma. Pencapaian yang hebat.

Salam sukses dan selalu jaya untuk PT Peksi Gunaraharja dan segenap pelaku2 agribisnis di seluruh wilayah negeri tercinta Indonesia.

Iklan

22 Juni 2011 - Posted by | Catatan Saya, Dunia Puyuh | , , , , , , ,

6 Komentar »

  1. pak.sebelumyasaya maaf,saya berniat ternak puyuh,tpi beliya bibit bingun, dan gimana ‘pemasaranya,telurya?saya di ngawi

    Komentar oleh teguh | 11 Januari 2012 | Balas

  2. asslamu,alaikum
    maaf pak saya mau tanya,
    saya ingin mencari produsen yang bisa di ajak kerja sama dalam hal budi daya burung puyuh, maaf pak saya peternak baru ,, selama ini saya sangat kesulitan dalam hal pemasaran telur puyuh,,,! saya ingin bertanya adakah seorang produsen burung puyuh,,,, ketika saya membeli bibit puyuh telur puyuh konsumsi dari produsen tersebut,, ketika saya menjual telur hasil yang saya hasilkan produsen tersebut,produsen tersebut bisa menampungnya,,, !! jadi bagi perternak baru tidak kesulitan dalam hal pemasaran telur puyuh yang dihasilkan dari peternak baru tersebut,,,! atau di adakan barter.
    pertukaran antara telur puyuh dengan pakan puyuh ,,, yaitu produsen tersebut menyediakan pakan puyuh untuk di tukar dengan telur puyuh , tinggal dihitung selisihnya berapa,
    menurut saya cara barter seperti ini yang paling tepat bagi peternak baru pak.

    dan apabila ada produsen yang bisa melakukan hal tersebut,saya mohon infonya ya pak siapa produsen yang bisa melakukan hal tersebut???

    Komentar oleh Ujang Hudori | 11 Februari 2014 | Balas

  3. dimana alamat PT PEKSI GUNA RAHARJA

    Komentar oleh Anonim | 16 Maret 2015 | Balas

  4. Pak sy perternak burung puyuh baru, sy ternak 1850 ekor, tapi betelurnya perhari cuma dapat 1200, gimana cara meninggkatkannya.

    Komentar oleh Agus | 22 Agustus 2016 | Balas


Dipersilakan mohon Komentar di SiNi [trima kasih]

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: