Ariefmas's Weblog

Sejenak Menapak Riuhnya Dunia Maya

Tipe-tipe Peternak Burung Puyuh Petelur


Salam sejahtera

Semangat menulis harus terus dijaga. Apapun yang terjadi. Demikian saya usahakan tertanam menjadi prinsip aktivitas menulis di dunia maya.
Karena ganti theme kemarin, sepertinya bikin pangling pakde Google, sehingga jadi tidak begitu mengenal dengan blognya orang desa peternak puyuh kelas bawah ini. Otomatis yang mengklik alias pengunjung juga ngedrop drastis.
Untuk itu saya ucapkan trima kasih bagi yang masih berkenan mengunjungi blog sederhana ini. Tentu sudah melewati jalan yang lebih panjang hingga sampai bisa mampir di sini.

Ada pengunjung atau tidak ada pengunjung, ngeblog jalan terus, menulis juga tetep jalan terus. Tetep semangat dan akan selalu ingat pesen beliau. untuk tetap terus menulis. Nuwun.

Postingan kali ini saya ingin bercerita tentang tipe2 peternak burung puyuh petelur yang sudah pernah saya temui. Silahkan mau memilih tipe mana bagi yang berminat menjadi peternak puyuh petelur.

Tipe pertama: Peternak plasma kemitraan.
Peternak plasma adalah peternak yang aktivitas ternak puyuh nya terikat dengan berbagai peraturan yang dibuat oleh inti plasma dalam wadah kemitraan.
Kesimpulan mengenai peternak plasma tersebut saya ambil dari berbagai sumber, jadi harap maklum kalo ada istilah yang salah. Soalnya saya sendiri sama sekali tidak punya basic keilmuan bidang peternakan / pertanian / dan lain2 semacamnya.
Peraturan2 yg dibuat oleh inti plasma terhadap peternak plasma ini bersifat mengikat. Dalam artian peternak plasma tergantung pada inti plasma yang biasanya berupa badan hukum (perusahaan).
Keterkaitan atau ketergantungan bagi peternak plasma puyuh petelur tersebut antara lain:

1. Pengadaan DOQ bibit puyuh petelur.
2. Penjualan telur.
3. Sarana dan prasarana (eggtray, vitamin, dll)
4. Pengadaan pakan.
5. Penjualan apkiran.
6. Loyalitas.

Tentu masing-masing inti plasma atau perusahaan inti plasma mempunyai aturan atau kebijakan dalam membina atau menjalin kerjasama dengan peternak plasma.
Sekedar info saja, selain PT Peksi Gunaraharja, di wilayah Gunungkidul DIY ada 4 (empat) perusahaan inti plasma kemitraan puyuh petelur, diantaranya ada PT Citra, PT Mandiri, dll.

Tipe kedua: Peternak mandiri.
Silahkan selengkapnya artikel, saya pindah ke http://puyuhjaya.wordpress.com/mengenal-tipe-tipe-peternak-burung-puyuh-petelur Terima kasih.

26 Juni 2011 - Posted by | Catatan Saya, Dunia Puyuh, Puyuh Lama | , , , , , , , ,

3 Komentar

  1. Mas, saya tertarik buat berternak puyuh…
    Kalau tidak keberatan mau minta dikirim ke email tentang hal-hal yg harus diperhatikan berternak puyuh untuk pemula. 🙂
    mis: Modal.

    Terima kasih, mas Arief…
    Salam

    Komentar oleh xdinx | 23 Juli 2011

    • sudah saya kirim via email 🙂

      Komentar oleh 'Ariefmas | 23 Juli 2011

  2. […] – – – – – – – – – – – – – – – Diambil dari blog lama: https://ariefmas.wordpress.com/2011/06/26/tipe-tipe-peternak-burung-puyuh-petelur Silahkan, mohon dibagikan:TwitterFacebookLike this:SukaBe the first to like this post. This entry […]

    Ping balik oleh Mengenal Tipe-tipe Peternak Burung Puyuh Petelur | [PUYUH JAYA] | 18 Desember 2011


Sorry, the comment form is closed at this time.

