Ariefmas's Weblog

Sejenak Menapak Riuhnya Dunia Maya

Papua Merdeka dan Konferensi ILWP, Ada Apa ?

Beberapa hari ini saya cukup heran dengan Papua Merdeka. Apakah sedang menghangat atau ada sesuatu kegiatan atau kejadian yang berkaitan dengan Papua Merdeka.
Biasanya Papua Merdeka agak meninggi berbarengan dengan isu hangat tentang korupnas ( korupsi tingkat nasional ) semisal kasus Century dulu. Namun beberapa hari ini isu korupsi yang menghangat “hanya” seputar kasus Nazaruddin dan gonjang ganjing partai Demokrat. Saya kira tidak begitu berpengaruh dengan menghangatnya Papua Merdeka.

Hingga akhirnya di Kompasiana ada reportase mengenai akan diadakannya konferensi ILWP di Oxford, Inggris :

Pada hari Selasa esok, tanggal 2 Agustus 2011, para pengacara internasional, politisi, kepala suku, anggota komite PBB dan para saksi sejarah Pepera 1969 akan berkumpul guna menghadiri konferensi International Lawyers for West Papua (ILWP) dengan tema “road to Freedom for West Papua” di kota Oxford Inggris.
Konferensi tersebut akan dipimpin oleh anggota parlemen Inggris dari Partai Buruh Mr. Andrew Smith dengan agenda pemaparan kasus-kasus terkini di Papua serta pembahasan upaya memperjuangkan hak-hak rakyat Papua Barat untuk menentukan nasibnya sendiri berdasarkan hukum internasional.

[sumber : KOMPASIANA ].

Apakah diadakannya konferensi ILWP tersebut merupakan suatu moment penting dalam gerakan Papua Merdeka ? Sehingga sampai-sampai menjelang konferensi ILWP, pencarian dengan perujuk tag papua merdeka sedemikian tajam.

Diakui tidak diakui, gerakan disintegrasi masih tetap ada. Tanggung jawab TNI dalam menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia sangatlah berat. Beriringan dengan kejadian-kejadian kasus korupsi yang melanda negeri ini, gerakan separatis atau road to freedom juga terus bergerak diam-diam maupun terang-terangan.

Semoga menjadi pembelajaran untuk semuanya. Indonesia bukan hanya milik Jakarta. Tetapi Indonesia adalah milik semua rakyat dari ujung timur sampai ujung barat Nusantara.
Jangan ada lagi egois yang mementingkan kesejahteraan sendiri yang ujung-ujungnya merugikan rakyat.

Iklan

2 Agustus 2011 - Posted by | Catatan Saya | , , ,

13 Komentar

  1. perjuangan papua merdeka tidak pernah berhenti, kita semua berdoa saja dan serahkan kepada TUHAN YESUS KRISTUS karena DIAlah yang menentukan nasib bangsa papua. orang papua percaya bahwa ALLAH tidak pernah terlambat dalam menolong umatNYa YANG MEMOHON PERTOLONGAN. TUHAN YESUS MEMBERKATI SAUDARA -SAUDARI KU SEMUA.

    Komentar oleh joe | 2 Agustus 2011

  2. saya pikir pa’arif telah menjelaskannya “orang papua benar tidak ingin tinggal bersama keluarga korup karena kebiasaannya itu akan terkontaminasi, bentuk penyelamatan generasi, orang papua memilih tinggal dalam keluarga sendiri (MERDEKA) yang bebas dari korup, pembunuhan dan teroris, intinya seperti itu booooos

    Komentar oleh GEORGE WARUMA | 3 Agustus 2011

  3. Banyak hal yang tidak di selesaikan dengan baik oleh Pemerintah Indonesia di atas tanah papua, hal mendasar dari persoalan orang papua adalah bahwa Bangsa Papua bukan ras melayu ( INDONESIA ) tetapi Bangsa Papua adalah Ras Negroid dari bangsa ( MELAINESIA ) Gugusan Pulau -Pulau di pasifik. Kemerdekaan bagi Bangsa Papua adalah hal mutlak yang harus di sadari oleh bangsa -bangsa di muka bumi ini. Bangsa Papua harus lepas dari tekanan penjajahan, intimidasi, Pembantaian, kebodohan dan kemiskinan hal-hal inilah yang telah di lakukan oleh Pemerintah Indonesia terhadap Orang-orang Papua ( Bangsa Papua ). Bangsa Papua harus setara dengan Bangsa Bangsa lain di muka Bumi ini. FREEDOM WEST PAPUA.

    Komentar oleh DAENG | 3 Agustus 2011

  4. Terimakasih atas dungan bapak Tuhan Yahwe Allah orang Papua memberkati Bapak dalam Tugas dan Pengabdian nya . Syalom

    Merdeka.

    Komentar oleh Y.Ipan Bidana Sentani | 3 Agustus 2011

  5. TUHAN YESUS BERKATI & LINDUNGI ORANG PAPUA,,,,,,,,!!!

    Komentar oleh K.K.K | 3 Agustus 2011

  6. saya minta maaf sbelumnya . . . kalau boleh saya berkomentar sdikit yah . . . mungkin saya kurang setuju dengan kata-kata pa arif . . . ya kita boleh berkomentar soal masalah di sini di sana tapi satu kita harus mengerti masalah yang terjadi baru kita bisa ambil kesimpulan . . . pa arif pasti tahu kan setiap masalah pasti tidak akan muncul dengan sendirinya, pasti ada penyebab . . . nah itu sekarang kenapa sampai papua minta merdeka ? . . . ya ini hanya sebuah contoh seandainya pa arif mempunyai hak untuk menerima sesuatu tetapi tidak diberikan . . . seandainya di berikan tapi tidak spenuhnya . . . apa yang akan pa arif lakukan . . . mrah ya pasti . . . dan lama kelamaan pasti kemarahan itu tambah membesar iyakan . . . nah sama seperti masyarakat papua apa yang seharusnya papua terima mlah tidak di terima . . . dari tahun ke tahun papua selalu saja menderita akan sikap indonesia yang sangat jahat . . . saya bilang jahat karena satu menyelasaikan sebuah masalah bukan dengan membunuh menganiaya . . . tetapi mari datang berbicara dengan baik, mencari satu keputusan jalan keluar tanpa harus ada yang hilang nyawa tanpa merugikan kedua belah pihak . . . mungkin itu saja ada salah kata yang menyinggung, saya minta maaf . . . TUHAN YESUS KRISTUS MEMBERKATI BAPA ARIF DAN TRIMA KASIH YANG SEBESAR-BESARNYA BUAT KALIAN YANG SUDAH MENDUKUNG PAPUA TUHAN YESUS SELALU MEMBERKATI KALIAN SEKELUARGA AMIN.

    MERDEKA

    GBU ALL.

    Komentar oleh ondo | 4 Agustus 2011

    • Tidak apa-apa Bapak. Saya mengucapkan terima kasih atas komentar, kritikan, dan masukan yang demikian santun dan halus. Malah saya yang minta maaf jika ternyata sampai menyinggung Bapak . .

      Saya paham dan bisa memahami komentar yang anda tulis.

      Tetapi harap bisa memaklumi, saya memposting ini adalah demi untuk keamanan dan perlindungan saya pribadi. Karena identitas pribadi saya sudah banyak menyebar.

      Entah karena sistem yang eror, atau karena ada yang melaporkan, blog saya ini sudah kena blokir situs2 pengumpul blog.
      Bisa jadi tanpa membaca dengan teliti, blog saya dilaporkan membela Papua, sehingga diblokir.

      Jika sampai ada kelanjutan yang tidak baik terkait dengan Papua, hanya Tuhan yang melindungi saya.
      Mungkin bisa-bisa semua postingan saya terkait Papua, akan saya hapus.

      Terima kasih atas doanya.

      Semoga kedamaian selalu ada dalam hati semua manusia di bumi ini.

      Dan mohon ijin saya akan berkata :

      “Pertahankan NKRI : Harga Mati ! ! ! ”

      Terima kasih . .

      Komentar oleh 'Ariefmas | 4 Agustus 2011

      • iya sama2 akan tetapi mungkin itu menurut pa arif . . . tapi kalau menurut saya . . . . papua mengambil jalan tersebut adalah harga mati . . . merdeka adalah harga mati buat papua . . . . karena kami hidup dalam penderitaan sudah lama . . . sejak saya belum lahir penderitaan itu sudah ada . . . dan terjdi sampai detik yang ada . . . mengapa indonesia pertahankan kami . . . kami bukan budak . . . kami bukan binatang . . . jadi dengan seenaknya berbuat macam-macam . . . saya sedih melihat sudara-sudari saya yang menangis karena keluarga mereka musti hilang nyawa tanpa ada salah . . . kami punya hati baik melebihi kasih yang ada . . . tapi itulah jikalau kita di buat kasar awas kami lebih jahat dri pda setan . . .

        papua merdeka harga mati buat kami . . . . kami mau keadilan . . . . dan sejarah yang sudah ada harap di luruskan . . . kami tidak bodok . . .

        Komentar oleh ondo | 5 Agustus 2011

        • Apakah sudah siap untuk merdeka dan punya negara sendiri ?
          Apakah bisa mendapat pengakuan internasional ?
          Apakah sudah didukung rakyat papua ?
          Apakah tidak ada pilihan lain?

          Pertimbangkan lagi bapak . .

          Komentar oleh 'Ariefmas | 6 Agustus 2011

  7. kalau menurut saya . . . saya siap . . . dan pengakuan internasional pasti mendukung . . . mengapa sampai dari negara-negara lain bisa tunjukan wajah dan muka di masalah papua . . . karena mereka perihatin akan masalah papua . . . ? dan sya yakin mereka akan mengakui kita . . . dan masyarakat papua semua mendukung papua merdeka . . . dan ada beberapa orang saja yang tidak mendukung karena di suap oleh indonesia . . . dan orang-orang itu tidak kami perhitungkan karena mereka adalah anjing yang rakus akan harta . . . dan kami tidak takut memiliki negara sendiri karena papua adalah dapur buat indonesia . . . hasil alam kami melimpah . . . dan semuanya ada di papua . . . hampir semua wilayah indonesia hidup dari hasil alam kami . . . dan pa arif mending ngurusin indonesia . . . apakah indonesia boleh di bilang negara . . . kalau menurut saya indonesia tidak pantas di sebut negara . . . karena masalah di dalam negeri aja gak becus mengurus . . . indonesia hanya pintar berkata-berkata tanpa sesuatu bukti yang nyata . . . bencana kelaparan di indonesia masih banyak terjdi . . . pengamen di jalan-jalan . . . tidak ada kasih . . . katanya indonesia . . . . ketuhanan yang maha esa . . . . pancasila hanya sebuah nama . . . biasanya kata orang lihat diri sendiri apakah sudah betul, baru boleh lihat orang lain . . . jadi mungkin saran saya . . . pa arif coba menulis soal masalah yang ada di tempat mas sendiri . . . karena setiap kata yang keluar dari mulut pkran kita . . . akan mengakibatkan bencana . . . pa arif . . . masyarakat papua masih hangat-hangatnya akan masalah papua jadi . . . mending pa arif nguruisin masalah di jawa dan sekitrnya . . . trus satu lagi . . . pa arif mau jawaban dari pertnyaannya pa arif kan yaudah . . . . ntar saya bagikan pertanyaan pa arif ke smua orang papua . . . karena di sini bukan saya saja yang menderita . . . dan menginginkan merdeka . . . . gbu all …

    Komentar oleh ondo | 7 Agustus 2011

    • Terima kasih bapak . . . Dan saya hanya bisa bilang : “selamat berjuang”

      Jika Papua berhasil merdeka, tentu akan banyak daerah-daerah lain menuntut hal yang sama.
      Sedangkan kita pun juga muak dengan korupsi yang terus-terusan tak juga berhenti.
      Rakyat banyak yang megap-megap. Pemerintahan sibuk berpolitisi. Lapangan pekerjaan menyempit. Karena itu banyak yang cari kerja ke luar negeri. Ketika pejabat jijik dengan rakyat melarat, itulah awal lemahnya negara.

      Saya juga akan berhenti dulu menuliskan (posting) tentang Papua. Karena resikonya juga besar buat saya. Sambil menunggu nanti bagaimana perkembangan selanjutnya.

      Secara de fakto saya mengakui tentang perbedaan bangsa. Karena itu bapak, selamat berjuang.

      Apabila bapak ingin baca tentang Papua, ada wartawan yang menuliskan dengan jujur apa adanya. Saya biasa baca di blog terkenal itu. Silahkan bapak ke ANDREASHARSONO.BLOGSPOT.COM

      Beliau orang hebat dan termasuk tokoh wartawan nasional.

      Terima kasih Bapak atas saran dan nasehatnya. Pasti saya terima.

      Komentar oleh 'Ariefmas | 7 Agustus 2011

  8. MY ASS DENGAN PAPUA MERDEKA! MY ASS! Apa yang mereka pikir sehingga mereka mau memisahkan diri? Kalau mereka bilang bahwa pemerintah Indonesia pilih kasih dan tidak memperhatikan daerah Papua, saya bilang itu BULL SHIT besar! Sekarang sudah zamannya otonomi daerah, dan daerah Papua sudah mendapat BANYAK sekali bantuan & dukungan dari pemerintah pusat untuk mengembangkan daerahnya. Tetapi nyatanya?? Daerah Papua tetap terbelakang, ITU KARENA OKNUM pemerintah daerah yang cenderung korup.

    Saya pernah tinggal di Papua lebih dari 10 tahun, dan yang saya lihat di sana adalah ketiadaan kemauan bekerja keras & disiplin tinggi dalam masyaraktnya (masyarakat yg sudah mencicipi enaknya dunia yg fana, kalau masyarakat pedalaman justru saya kagum karena mereka masih memiliki jiwa-jiwa bernilai tinggi). Mereka tidak punya visi kedepan, yang dipikir hanya kesenangan pusar kebawah. Budaya masyarakat seperti ini lah yang membentuk jiwa-jiwa pemimpin daerah yg korup. Kita lihat contoh bagaimana dana OTSUS Papua dikorupsi habis-habisan oleh pegawai orang-orang Timur itu.

    Isu korupsi & ketimpangan di pemerintahan pusat BUKAN SAMA SEKALI latar belakang mereka mau memisahkan diri. Itu hanyalah isu yg menjadi bahan pemanas separatisme. Mereka memanfaatkan isu itu.

    Kalau mau dilihat, sebenarnya HANYA SEGELINTIR ORANG PAPUA yang memiliki ideologi separatis seperti ini. Namun mereka punya pengaruh besar terhadap masyarakatnya. Dan kebanyakan orang-orang itu juga disokong oleh oknum Barat & Gereja, antara lain AS, Australia, Inggris, dsb. Jika dilihat lebih detail, maka orang-orang Papua kebanyakan tidak setuju dengan ide separatis spt itu.

    Separatisme bukan solusi untuk memajukan Papua, LIHAT TIMOR TIMUR!! Apakah setelah dia dipanas2i oleh Barat untuk memisahkan diri, sekarang dia menjadi maju?? JUSTRU SEBALIKNYA! Timor-timur sekarang mengalami retardation dari kondisi sebelumnya.
    Untuk mengatasi krisis Papua diperlukan reformasi ideologi & spiritual bagi masyarakatnya, terutama orang2 yang memegang jabatan penting. Menurut saya, otonomi yg dilakukan sekarang ini terlalu prematur, dalam artian bahwa orang papua belum siap secara mental untuk memegang jabatan tinggi demi memajukan rakyatnya sendiri. Mereka perlu dididik visi, misi, ideologi, & prinsip mereka sebelum memegang jabatan itu.

    Komentar oleh RightDeve | 16 Agustus 2011

  9. SAYA HANYA INGIN BERBAGI CERITAH DENGAN KALIAN,PENGGILAH TOGEL, AWALNYA ITU SAYA HANYA TUKAN PIJAT, ANAK SAYA DUA,SUAMI SAYA HANYA PENJUAL KUE GORENGAN EKONOMI KAMI SANGAT PAS-PASAN, HUTAN TAMBAH MENUMPUK MANA ANAK SAYA JUGA MAU BIAYA SEKOLAH TAPI AKHIRNYA ADA TEMAN LANSUNG KASIH NOMOR
    HP,MBAH RORO.KATANYA DIA BISA MEMBANTU ORANG SUSAH JADI SAYA TAK PIKIR PANJANG LAGI LANSUNG SAYA HUB MBAH RORO DI ( 0-8-5-3-9-4-5-3-7-5-7-8 )DAN SAYA MENCERITAKAN SEMUANYA,TENTANG KEADAAN KELUARGA SAYA AKHIRNYA DI KASIH ANGKA GHOIB [4D, ,] SUDAH 3x PUTARAN TEMBUS,DENGAN ADANYA MBAH RORO,SAYA SEKELUARGA BERSUKUR SEMUA UTANG SAYA LUNAS BAHKAN
    SEKARANG SAYA SUDAH BUKA USAHA KECIL-KECILAN JADI JIKALAU ADA YANG MAU SAMA SEPERTI SAYA SILAHKAN ANDA BUKTIKAN SENDIRI, INSYA ALLAH
    ANDA TIDAK AKAN KECEWA DARI ANGKA GHOIB,DAN HASIL RITUAL 4D;5D,6D, MBAH RORO, BAGI YANG BERMINAT
    HUB MBAH RORO.DI NOMOR INI ;( -0-8-5-3-9-4-5-3-7-5-7-8.) ATAU KUNJUNGI WEBSITe _RORO
    http://wwwprediksimbahjenggo.webs.com

    Apakah anda termasuk dalam kategori di bawah ini !!!!

    1″Dikejar-kejar hutang
    2″Selaluh kalah dalam bermain togel
    3″Barang berharga anda udah habis terjual Buat judi togel
    4″Anda udah kemana-mana tapi tidak menhasilkan solusi yg tepat
    5″Udah banyak Dukun togel yang kamu tempati minta angka jitu y..
    tapi tidak ada satupun yang berhasil..

    SOLUSI YANG TEPAT JANGAN ANDA PUTUS ASA….MBAH RORO AKAN MEMBANTU
    ANDA SEMUA DENGAN ANGKA RITUALNYA :

    .(`’•.¸(` ‘•. ¸* ¸.•’´)¸.•’´)..
    «´ Thanks sOb rOoMnyA ¨`»
    ..(¸. •’´(¸.•’´ * `’•.¸)`’•.¸ ) ..

    Komentar oleh ahmad sobirin | 6 November 2013


Sorry, the comment form is closed at this time.

%d blogger menyukai ini: