Ariefmas's Weblog

Sejenak Menapak Riuhnya Dunia Maya

Ini Bukan Tentang Terangnya Perbedaan Hisab dan Rukyah

Ini bukan tentang perbedaan antara hisab dan rukyah dalam menentukan 1 Syawal. Masing-masing mempunyai pendapat sendiri-sendiri. Yang penting jangan sampai merusak ukhuwah Islamiyah.

Pada momen lebaran, kadang ada yang kita lupa, yaitu kepedulian. Karena itu juga, perbedaan hisab dan rukyah, jangan juga menjadi pengalih perhatian dari kepedulian. Masih banyak di sekeliling kita yang butuh pertolongan.
Ada hal yang seharusnya bikin kita malu. Seperti cerita memalukan berikut ini.

Dan ternyata yang paling memalukan saya, malah baru beberapa hari ini terjadi. Gara-gara ngobrol sedikit dengan seseorang yang (sangat kebetulan) beberapa kali tarawih, saya selalu duduk bersebelahan. Namanya Kang Tenggar. Begitu saya biasa memanggil. Kang sama juga dengan Mas.

Baru sekitar dua hari yang lalu, selesai tarawih, sedikit berbisik saya tanya ke Kang Tenggar: “Pripun, Kang, sekedhap meleh mpun bodo.” (Gimana, Kang, sebentar lagi lebaran.)

Jawab Kang Tenggar: “Biasa mawon, nggih nek bodo wanci rodo terjamin. He he he.” (Biasa saja kok, hanya kalau lebaran memang lumayan terjamin).

Jawaban yang biasa, lugas, dan sederhana. Sekejap percakapan, yang sekilas tidak ada apa-apa. Namun, ada kata “terjamin”. Satu kata itu yang kemudian sungguh-sungguh membikin saya malu. Bahkan malu yang menampar dengan kerasnya. Saking malunya, saat merenungkan sendiri kata-kata Kang Tenggar, mata sempat berkaca-kaca.

Ada apa dengan kata “terjamin” ?

Silahkan baca kisah selengkapnya DI ARTIKEL INI. Terima kasih.

29 Agustus 2011 - Posted by | Catatan Saya | , , , , , , ,

Belum ada komentar.

Dipersilakan mohon Komentar di SiNi [trima kasih]

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: