Ariefmas's Weblog

Sejenak Menapak Riuhnya Dunia Maya

Syawalan dan Pertemuan Peternak Puyuh Kemitraan PT Peksi Gunaraharja 2011 (bag-2)

Pertemuan dan Syawalan peternak plasma puyuh kemitraan yang diselenggarakan oleh PT Peksi Gunaraharja kemarin (17/9/11) berlangsung dengan lancar dan meriah. Ratusan undangan yang merupakan perwakilan dari tiap-tiap kelompok peternak puyuh terlihat senang dan menikmati pertemuan tersebut. Peternak dari berbagai wilayah cukup antusias mengikuti acara demi acara. Mereka datang dari Purworejo, Wonosobo, Magelang, juga dari dalam propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

Setelah acara pembukaan, kemudian diisi dengan sambutan-sambutan oleh “petinggi-petinggi” PT Peksi, termasuk diantaranya Bapak Suhardjono.

Dalam acara sambutan-sambutan tersebut, selain inti acara syawalan, juga menerangkan kondisi PT Peksi. Diantaranya menyinggung juga garis besar pemasaran dan liku-likunya, pakan, sekaligus menampung langsung keluhan-keluhan dari peternak.

Pemasaran Telur Puyuh.

Catatan selama setahun terakhir, pemasaran telur puyuh cukup mantap. Apalagi didukung dengan peningkatan kualitas telur yang semakin bagus, menambah kekuatan daya saing di pasaran telur puyuh nasional.
Hal tersebut diharapkan bisa terjaga untuk waktu-waktu selanjutnya.

Disampaikan juga, bahwa menyongsong bulan Oktober, dimana menjadi kebiasaan awal harga buruk telur puyuh, akan kembali diadakan program apkir massal. Program ini ditujukan untuk mengendalikan kuantitas telur di pasaran. Program yang hanya dikenakan pada puyuh-puyuh berumur 10 bulan ke atas ini sebenarnya sudah dilakukan dalam dua tahun terakhir. Namun pada prakteknya, hanya untuk puyuh yang berumur lebih dari 12 bulan, atau 12 bulan keatas.
Caranya dengan memberikan harga yang “sangat buruk” untuk produksi dari puyuh yang terkena program apkir massal. Dengan begitu otomatis dengan terpaksa, peternak meng-apkir-kan puyuhnya yang berumur 12 bulan ke atas. Kebijaksanaan tersebut demi kelancaran semuanya.

Pakan Puyuh Produksi PT Peksi Gunaraharja.

Tentang pakan UKS (untuk kalangan sendiri) yang merupakan produk sendiri oleh PT Peksi Gunaraharja juga menjadi pembicaraan cukup hangat. Komunikasi dengan peternak yang hadir memunculkan diskusi yang menarik. Sebagian besar masih mengeluhkan kualitas pakan puyuh buatan sendiri yang belum bisa menyamai produk-produk di luar PT.
Keadaan tersebut menjadi PR (pekerjaan rumah) untuk divisi pabrik pakan yang intens baru berusia 3 tahun. Dari segi pengalaman, teknis, maupun peningkatan mutu pakan masihlah jauh dibanding pabrikan-pabrikan yang sudah puluhan tahun berkecimpung di dunia pakan ternak. Ke depannya, berkomitmen untuk terus berusaha memperbaiki produk pakan bikinan sendiri.

Pembagian Door Prize dan Hadiah.

Sebelum acara ditutup dengan doa, sambil menikmati hiburan penyanyi-penyanyi campursari, diadakan pembagian doorprize yang berupa jam dinding, setrika, lampu LED, radio tape, sampai Televisi dan Kulkas. Pembagian yang dilakukan dengan cara undian tersebut juga berlangsung tertib dan meriah. [by ariefmas]

Ini dia hiburannya 🙂

19 September 2011 - Posted by | Catatan Saya, Dunia Puyuh | , , , , , ,

1 Komentar »

  1. […] PT Peksi sebagai inti plasma dengan lebih dari seribu peternak plasma, pengelolaan hulu sampai hilir untuk mencari keuntungan adalah sah-sah saja. Market ke dalamnya juga sudah jelas. Untuk itu memang perlu dijaga ‘sama-sama’ menguntungkan. Dan pertemuan yang diselenggarakan setahun sekali, sekaligus syawalan, merupakan interaksi pengakraban antara PT dengan peternak. Reportase pertemuan tersebut bisa dilihat di BERITA ini. […]

    Ping balik oleh Oleh-oleh dari Pertemuan Tahunan Peternak Puyuh Plasma PT Peksi Gunaraharja | [PUYUH JAYA] | 20 September 2011 | Balas


Dipersilakan mohon Komentar di SiNi [trima kasih]

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: