Ariefmas's Weblog

Sejenak Menapak Riuhnya Dunia Maya

Jangkauan Wilayah Kemitraan Beternak Burung Puyuh PT Peksi Gunaraharja Yogyakarta

Sebenarnya tidak ada kompetensi apapun pada saya untuk memaparkan hal ini. Yaitu tentang jangkauan wilayah kemitraan beternak burung puyuh oleh PT Peksi Gunaraharja. Karena sebagai peternak plasma yang menjalin mitra, saya bukanlah orang dalam dari PT. Tapi sebagai orang luar, yang seharusnyalah tidak begitu intervensi menerangkan hal-hal mengenai daleman PT, termasuk jangkauan wilayah kemitraan.

Akan tetapi saya posting juga, sebagai bukan orangnya PT Peksi Gunaraharja, namun sebagai admin blog pribadi, baik blog lawas ini, maupun blog yang baru bikin. Dengan pertimbangan, untuk menanggapi beberapa komentar mengenai kemitraan ternak puyuh.

Sebagai perusahaan yang bergerak di bidang budidaya burung puyuh, baik petelur maupun pedaging. PT Peksi merupakan pelopornya perpuyuhan di Indonesia. Demikian konon yang saya baca di brosur-brosur dari PT Peksi Gunaraharja.
Usaha budidaya tersebut, PT mengelola dari hulu sampai hilir. Barangkali maksudnya, apabila puyuh petelur, mengelola sejak dari penyediaan bibit puyuh, sampai pembelian burung puyuh apkir.

Menurut cerita dari teman saya yang tinggal di daerah sekitar kecamatan Lendah dan kecamatan Brosot, kabupaten Kulon Progo, embrio PT Peksi berasal dari sana. Bahkan dulu pada masa sebelum berkembang besar seperti sekarang ini, owner-nya pun beternak puyuh sendiri dengan populasi 1000 sampai 2000 ekor. Tidak tahu tahun berapa.

Perkembangan selanjutnya, berdasar lagi cerita dari teman saya yang dulu tetanggaan dengan bapak Suhardjono. Perkembangan selanjutnya mengadakan kemitraan “kecil-kecilan”. Peternak plasma pada awal-awal masa itu, ceritanya banyak dimodali mulai bibit sampai pakan. Entah kalau kandangnya.
Sejak itu semakin berkembang pesat, hingga saat ini berkantor pusat di Kalasan, Sleman. Jurusan Kali Adem. Jika main ke kantor PT Peksi Gunaraharja, Gunung Merapi kelihatan dekat. Bahkan waktu erupsi Merapi kemarin, termasuk wilayah zona bahaya 20 km. Karyawan-karyawannya pun, banyak sambil bekerja, mengungsi di Stadion Maguwoharjo.

Perkembangan pesat PT Peksi, selain dari omset telur yang berjuta-juta butir per-minggu, ditandai juga dengan dibukanya beberapa cabang kemitraan.
Nah, dari alamat-alamat kantor cabang tersebut, dapatlah dipahami seberapa luas jangkauan wilayah kemitraan budidaya burung puyuh oleh PT Peksi Gunaraharja.

Mengenai sampai wilayah mana saja jangkauan kemitraan puyuh, berdasar dari Alamat Lengkap PT Peksi Gunaraharja, sebagai berikut:

Wilayah I.

Kantor cabang: Wadas Lintang, Wonosobo.

Wilayah II.

Kantor cabang: Brosot, Kulon Progo.

Wilayah III.

Kantor cabang: di kantor pusat Kalasan, Sleman.

Jadi untuk wilayah se-propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, seluruhnya berada dalam jangkauan kemitraan.
Untuk yang luar propinsi, sepemahaman saya, baru menjangkau wilayah kabupaten Magelang, termasuk Muntilan, Wonosobo, dan Purworejo. Di luar daerah tersebut, sepertinya belum terjangkau kemitraan. Tentang detil-detil wilayah sentra peternaknya, saya tidak paham.

Dalam postingan ini saya sampaikan, untuk menanggapi beberapa komentar yang bahkan ingin bergabung menjadi peternak plasma. Bahwa sampai saat ini, PT Peksi Gunaraharja belum menjangkau di luar wilayah tersebut. Bisa saja di hari-hari mendatang, bisa lebih luas lagi.

Beberapa keterangan yang pernah saya dengar, bahwa membina kemitraan itu termasuk tidak gampang. Karena itu tidak mudah juga untuk menambah wilayah jangkauan kemitraan.

Demikian, mohon maklum.

Adapun, di berbagai wilayah dimana saja yang membutuhkan telur puyuh dengan kualitas bagus, maupun daging puyuh yang terjamin mutunya, stok dari PT Peksi sangatlah berlimpah, dan sangat bisa untuk menjaga kontinuitas produksi dan suply. Jika berminat, silahkan hubungi pemasaran PT Peksi Gunaraharja, di agen-agen terdekat, maupun silahkan menghubungi website-nya di dagingpuyuh.com saja.

14 Oktober 2011 - Posted by | Catatan Saya, Dunia Puyuh | , ,

38 Komentar »

  1. Bagaimana syaratnya bermitra?? ada CP yang bisa dihubungi nggak dari PT PEKSI-nya? terimakasih…

    Komentar oleh Suprapti | 3 November 2011 | Balas

  2. Mas.. 🙂
    sbagai awam saya tertarik mau coba2 nie.. tapi untuk kandang, pakan, vaksinasi, bibit (siap telur), dll bisa minta bantuan dari mana?? terus kira2 berapa dana yang saya perlukan untuk kesemuanya (5000 ekor bibit petelur)?
    kalo boleh tau dari pihak PEKSI bisa bantu pembuatan kandang untuk ukuran 5000 ekor puyuh siap telur gak?? skalian dong biayanya..
    nuhun yee

    Komentar oleh ahmad | 4 Desember 2011 | Balas

    • Terima kasih Mas Ahmad atas kunjungan dan telah menuliskan komentar.

      1. Ingin menjadi mitra pt peksi atau tidak.
      2. Wilayahnya masuk jangkauan pt peksi atau tidak
      3. Untuk perkandangan, pt peksi tidak mengelola.
      Sekedar gambaran kandang puyuh, bisa ke halaman ini http://puyuhjaya.wordpress.com/kandang-puyuh
      4. Pt peksi hanya menyediakan bibit umur 1 hari untuk peternak / calon peternak plasma.

      Sementara itu dulu. Mungkin bisa disambung lagi?

      Salam

      Komentar oleh M. Arief B. Ariefmas | 5 Desember 2011 | Balas

  3. mas,harga puyuh di purwodadi anjlok nih. kalo bisa mohon diposting solusi pengolahan telur puyuh. apa dikaleng atau dibuat jadi penganan apaaa gitu. mungkin sampeyan punya pengalaman ttg hal tersebut

    Komentar oleh hilman abrori | 5 Desember 2011 | Balas

    • Pernah denger juga dulu pihak pt membicarakan tentang pengalengan telur puyuh. Tapi sampai sekarang belum pernah denger lagi perkembangannya.

      Terima kasih.

      Komentar oleh M. Arief B. Ariefmas | 5 Desember 2011 | Balas

  4. daerah garut jawa barat bisa ga ya mas jd mitra pelksi?

    Komentar oleh ihsan | 29 Januari 2012 | Balas

    • Sepemahaman saya, belum terjangkau, Pak.
      Terima kasih.

      Komentar oleh M. Arief B. | 3 Februari 2012 | Balas

  5. assalam
    mas mau tanya kalau dari fakultas pertanian bisa magang disitu tidak, saya dari jurusan Agribisnis UMY.terimakasih

    Komentar oleh aqlima | 22 Februari 2012 | Balas

  6. aslmlkm wrrwb,
    mas mau tanya , kalo ternak puyuh dan di sekitarnya terdapat populasi ayam kampung apakah akan berdampak buruk terhadap peternakan puyuh ????
    mohon pencerahannya

    terimakasih sebelumnya….

    Komentar oleh roni | 20 Maret 2012 | Balas

  7. Assalamualaikum…mas Ariefmas…aku sedang cari karkas burung puyuh…bisa minta infonya ya…send me email please : byrama77@yahoo.com

    Komentar oleh ramayudhistira77 | 15 Juni 2012 | Balas

  8. mas mau tanya..kalau mau daftar jd peternak pt peksi gmn caranya?sy hrus menghubungi siapa?m0hon dg sangat infonya..tlg dbls ke email sy agnga@ymail.com.trmksh

    Komentar oleh agung ariwibowo | 7 September 2012 | Balas

  9. assalamualaikum mas kl wilayah tasikmalaya udah ada blm kantor cabang PT PEKSI

    Komentar oleh AGUS | 13 September 2012 | Balas

  10. asslmlkm…?mas sy pemula mau nyoba beternak puyuh,kandang dah jadi kapasitas skitar 1000 ekor,kira2 sy pesen bs ga untuk daerah ciasem kab subang pantura? makasih

    Komentar oleh opick | 19 November 2012 | Balas

  11. mas bos aku tinggal di kertek wonosobo, gemana caranya tuk bs jadi mitra , dan tuk wilayah wonosobo harusmenghubungi siapa. n no telpnya berapa mas bos

    Komentar oleh Anggyta Rifai | 2 Juni 2013 | Balas

  12. saya plasma baru,mohon petunjuk umur puyuh saya. 6minggu ada beberapa ekor yang rawan,mati di saat mulai bertelur. Bagaimana cara menangulangi?

    Komentar oleh Sukamto | 30 Juli 2013 | Balas

  13. kab magelang bisa dijangkau ndak ni?

    Komentar oleh han | 20 September 2013 | Balas

  14. asskum PT PEKSI . bisa ga bantu saya ga , kalo udah mau panen . bisa langganan tidak dari PT PEKSI . kalau bisa daerah mana yang dekat kota purworejo .

    Komentar oleh Benk Achid Hoho Kemplukemplu | 5 Februari 2014 | Balas

  15. asslamu,alaikum
    maaf pak saya mau tanya,
    saya ingin mencari produsen yang bisa di ajak kerja sama dalam hal budi daya burung puyuh, maaf pak saya peternak baru ,, selama ini saya sangat kesulitan dalam hal pemasaran telur puyuh,,,! saya ingin bertanya adakah seorang produsen burung puyuh,,,, ketika saya membeli bibit puyuh telur puyuh konsumsi dari produsen tersebut,, ketika saya menjual telur hasil yang saya hasilkan produsen tersebut,produsen tersebut bisa menampungnya,,, !! jadi bagi perternak baru tidak kesulitan dalam hal pemasaran telur puyuh yang dihasilkan dari peternak baru tersebut,,,! atau di adakan barter.
    pertukaran antara telur puyuh dengan pakan puyuh ,,, yaitu produsen tersebut menyediakan pakan puyuh untuk di tukar dengan telur puyuh , tinggal dihitung selisihnya berapa,
    menurut saya cara barter seperti ini yang paling tepat bagi peternak baru pak.

    dan apabila ada produsen yang bisa melakukan hal tersebut,saya mohon infonya ya pak siapa produsen yang bisa melakukan hal tersebut???

    Komentar oleh Ujang Hudori | 11 Februari 2014 | Balas

  16. Perkenalan;
    Nama Agus Muhlasin Bahaji
    Alamat Cilacap desa karangpucung
    Saya membutuhkan informasi dan masukan sebagai pemula yg mau mulai usaha puyuh petelur.
    Saya rencananya ingin memulai usaha ini dengan kapasitas 5000 ekor dengan bantuan Benih, pakan, vaksin dan penjualan hasil telur bekerjasam dengan pt.peksi.
    pertanyaan saya apakah pt,peksi bersedia dengan wilayah saya yg tidak termasuk regulasi pt.peksi?
    jikalau tidak bersedia tolong kasih saya solusinya?
    terimakasih…

    Komentar oleh Agus Muhlasin bahaji | 2 Mei 2014 | Balas

  17. mas arif, yang paling besar jumlah burung puyuh peternak mitra PT Peksi satu orang berapa? nuwun

    Komentar oleh harwi | 2 September 2014 | Balas

  18. ass. mas, saya di wonogiri. kira2 bisa jangkau kan wilayahnya? trs klo hasil produksi (telur/ daging) diambilkan bkn diantar? utk pdaging kt apa cm siapin kandang or gmn? matur tenkyu

    Komentar oleh udin | 11 September 2014 | Balas

    • Wlkmslm … coba silahkan hubungi pt peksi mas … kalo puyuh pedaging tidak melayani yg jauh ..

      Komentar oleh M. Arief B. Sansevieria | 13 September 2014 | Balas

  19. ponorogo gimana bos

    Komentar oleh jarwo | 2 Oktober 2014 | Balas

    • Silahkan hubungi langsung pt peksi … alamat lengkap ada di salah satu postingan …

      Komentar oleh M. Arief B. Sansevieria | 2 Oktober 2014 | Balas

  20. minta nomer yang bisa di hubungi untuk Wilayah I.

    Kantor cabang: Wadas Lintang, Wonosobo.

    Komentar oleh ardian | 24 November 2014 | Balas

  21. mas kalo mau sharing seputar cara jd mitra secara brtemu langsung di tmpat mana mas..lokasi saya purworejo mas.
    matur suwun

    Komentar oleh eko sunarko | 15 Agustus 2015 | Balas

  22. malam pak mau tanya berapa harga sekor bibit puyuh

    Komentar oleh aan | 11 Maret 2016 | Balas

  23. Ass… Mas, sy peternak puyuh dari sulawesi tengah ( palu) baru2 ini sy ambil bibit 800 ekor dari pt peksi tp knpa umur puyuh sy sdh 2 bln produksi telur masih 20 %. Apa bibitnya jantan yg banyak ato apa kendalanya ? Mohon masukan.

    Komentar oleh Sukardi | 16 Juli 2016 | Balas

  24. Mas kalau mau beli bibit petelur gmn yaa?

    Komentar oleh Anonim | 29 Agustus 2016 | Balas

  25. Ass p zaini bruno,mautanya ,peternak mandiri terus ingin mejadi plasma ,apakah harus mendaftar ke pt peksi, dan apa saratnya . Terima kasih.

    Komentar oleh M zaini tegal sari www,jagir com, | 11 Januari 2017 | Balas


Dipersilakan mohon Komentar di SiNi [trima kasih]

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: