Ariefmas's Weblog

Sejenak Menapak Riuhnya Dunia Maya

Iwan Fals Akan Maju dalam Pilihan Presiden 2014?

Entah hanya bercanda atau serius, namun Bp Virgiawan Listyanto alias Iwan Fals akan maju di pilihan presiden 2014, sepertinya layak saya mengapresiasi. Sebagai rakyat paling buncit, akar rumput, namun saya juga Orang Indonesia. Mendambakan presiden yang merakyat.
Lho, apakah presiden-presiden selama ini tidak merakyat? Ya merakyat juga. Namanya presiden kan pilihan rakyat. Kalau tidak ada rakyat, apa bisa jadi presiden. Jadi, seorang presiden sudah pasti merakyat, alias berasal dari suara rakyat.

Mengikuti pemberitaan beberapa waktu ini. Mulai dari media online, sampai blog, bahkan situs kroyokan. Kabar mengenai Iwan Fals akan maju dalam pilpres 2014, sungguhlah menarik hati. Mungkin juga menarik tangan, untuk nyoblos jika benar nanti 2014 ada nama beliau, manusia setengah dewa, dari Leuwinanggung. Ada dalam daftar pilihan presiden.

Artis jadi gubernur, jadi bupati, jadi anggota dewan. Siapa tahu ini nanti ada penyanyi jadi presiden. Siapa yang tidak kenal nama Iwan Fals. Anak kecil saja tahu.

Terlepas dari beberapa kontroversi mengenai wacana Iwan Fals mencalonkan diri dalam pilpres 2014. Entah wacana itu dari beliau sendiri, atau mungkin dari penggemarnya. Terlepas juga pembahasan masalah tidak bisanya calon independen, diragukannya kemampuan dan pengalaman berpolitik dan bernegara, kurang modal, atau bahkan kepopulerannya masih dianggap kalah dibanding Bp Ruhut Sitompul.
Namun saya sebagai satu dari akar rumput diantara berjuta-juta akar rumput rakyat Indonesia, seakan merasakan angin segar dari kabar tersebut.
Tatkala serasa semua yang saya anggap menjadi orang tuanya semua rakyat, seakan memalingkan muka. Mungkin saking tidak tahannya melihat kondisi rakyat yang seperti ikan megap-megap. Berjuang bertahan hidup di bumi Nusantara yang sebenarnya kaya raya ini.
Beliau-beliau mungkin memilih tidak memperhatikan itu semua. Karena tidak sampai hati. Lantas bisa jadi ada yang lantas lebih mementingkan diri sendiri.

Selanjutnya muncul beberapa pertanyaan memenuhi benak sederhana ini. Mungkin para ahli politik, tata negara, maupun pemerintahan. Ada yang berkenan memberikan pencerahan. Ketika terusik juga, pilih mana antara presiden yang jadi penyanyi, atau penyanyi yang jadi presiden?

1. Mungkinkah Iwan Fals bisa maju menjadi calon presiden 2014? Yang mana, sebelumnya tidak aktif dalam politik praktis.

2. Jika tidak ada partai yang mengusung, apakah Iwan Fals bisa maju dalam pilihan presiden 2014?

3. Sudah masuk sistem, dan belum masuk sistem, kadangkala ada perbedaan yang cukup signifikan. Iwan Fals yang demikian lekat di hati rakyat, jika menjadi presiden, apakah tetap akan menyuarakan suara rakyat kecil seperti dalam lagu-lagunya?

Mungkin beliau Iwan Fals hanya manggut-manggut mendengar isu ini. Bisa jadi akan mengulang nyanyian “badut” sambil bergumam: aku tidak mau jadi badut politik.

Semuanya serba mungkin. Apa yang tidak mungkin di negeri ini. Bahkan tikus pun bisa mungkin berdasi.

*celoteh rakyat meriang di waktu senggang.
*gambar foto pinjam dari facebook “DUKUNG IWAN FALS PRESIDEN 2014”
*artikel ini saya publish juga di Kompasiana

6 November 2011 - Posted by | Catatan Saya | , , ,

1 Komentar »

  1. Bisa2 aja mas.. yang penting didukung rakyat & mampu mensejahterakan Rakyatnya….

    Komentar oleh Yudi | 16 September 2013 | Balas


Dipersilakan mohon Komentar di SiNi [trima kasih]

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: