Ariefmas's Weblog

Sejenak Menapak Riuhnya Dunia Maya

Cara Share Postingan Kompasiana ke Facebook Memakai HP (jadul)

Membuka Kompasiana memakai PC / laptop, tidak masalah jika ingin share baik ke Facebook maupun Twitter. Namun bagaimana jika membuka Kompasiana memakai HP (jadul) seperti punya saya? Menu untuk share tidak kelihatan. Lha bagaimana jika menemukan postingan yang ingin kita bagi ke teman-teman di Facebook? Atau share postingan kita sendiri ke Facebook? Tidak bisa kan…

Nah… Saya mempunyai cara. Tapi ini cara saya ala gaptek. Pokoknya yang penting bisa 🙂

Oiya… Membukanya pakai Opera Mini ya… Kalau aplikasi yang lain, saya tidak paham.

[Langkah pertama.]
Buka postingan yang akan di-share ke Facebook. Atau postingan kita sendiri.
Pada alamatnya (bagian atas Opera Mini) tertulis sebagai berikut, contohnya:

m.kompasiana.com/post/muda/2011/11/27/walah-anak-muda-kalian-besok-mau-mewarisi-apa/

Ubah alamat itu dengan menambah nama kanalnya, dan hapus tahun bulan tanggal serta tulisan ‘post’. Alamat tersebut menjadi seperti ini:

muda.kompasiana.com/muda/walah-anak-muda-kalian-besok-mau-mewarisi-apa/

Klik GO atau PERGI KE. Nanti akan membuka halaman kanal (rubrik) dimana postingan tadi ditempatkan. Cari saja postingan yang ingin di-share ke Facebook.

[Langkah kedua.]
Klik SHARE yang sudah ada dalam kotak warna biru di bagian bawah postingan. Otomatis langsung masuk ke halaman Facebook. Setelah itu klik BAGIKAN atau isi dulu kotak dindingnya.

Sudah.
Selesai.
Cek di profile apakah share tadi sudah muncul atau belum, karena tidak ada laporannya. Kalau tidak di-cek terlebih dahulu, tiap kali nge-klik BAGIKAN, bisa-bisa nanti di Facebooknya akan muncul berkali-kali.

Cara saya ini tentu saja ada kelemahannya. Yaitu sangat sulit apabila ingin share yang postingan lama. Karena di kanalnya sudah bertumpuk-tumpuk postingan-postingan yang baru. Kecuali mau telaten membuka satu persatu halaman di kanal yang terpampang.
Contohnya untuk postingan ini:

m.kompasiana.com/post/internet/2011/10/23/begini-cara-saya-upload-foto-di-postingan-kompasiana-pakai-opera-mini/

Dengan cara tadi, menjadi seperti ini:

teknologi.kompasiana.com/internet/begini-cara-saya-upload-foto-di-postingan-kompasiana-pakai-opera-mini/

Maka yang muncul tentu saja postingan-postingan terbaru di rubrik Teknologi. Postingan yang kita maksud mungkin ada di halaman yang entah ke berapa puluh.

Mungkin suatu saat Kompasiana bisa memunculkan menu SHARE yang di m.kompasiana.com ya 🙂 Jadi tidak perlu memakai cara seperti saya tadi.

Termasuk yang saya anggap ‘kekurangan’ Kompasiana jika dibuka via hp jadul adalah:
– link di artikel tidak kelihatan.
– foto hanya kelihatan jika sebelum huruf pertama artikel.
– jika fotonya lebih dari satu, yang foto kedua dan seterusnya tidak nampak.
Entah jika di hp-hp yang sudah canggih. Saya belum pernah mencoba.

Salam hp jadul.

– – – – –
Artikel ini saya publish juga di Kompasiana

27 November 2011 - Posted by | Catatan Saya |

1 Komentar »


Dipersilakan mohon Komentar di SiNi [trima kasih]

