Ariefmas's Weblog

Sejenak Menapak Riuhnya Dunia Maya

KOMPASIANA: Forum Sehat, Forum Sesat, atau Forum Maksiyat??

Ehm….
Tes… Tes… Halo… Halo… Testing… Testing… Jangan kates paling penting…
Ehm… Ehm… Peternak lagi caper… Kok nggak ada yang perhatian ya…
Ya udah, bicara sendiri aja…

Sekali lagi… Tes… Tes… Halo… Halo… Satu… Dua… Tiga… Halo… Halo… Sip, halo-halonya normal..

Oh… Silakan. Ndak papa…

Hehe, sudah ada yang pasang tanduk.
Sabar dulu…
Walah, ada juga yang copot sepatu… Boleh… Tapi nanti nglemparnya sepasang ya… Biar bisa tak jual ke klithikan…
Weleh… Itu malah nyomot bata.
Ya ndak papa… Nanti lempar batanya satu truk ya… Bisa tak jual juga. Musim hujan, bata lagi mahal…
Sabar dulu ya.. Lihat dengan seksama dulu.. Judulnya bagaimana.. Ada tandatanya-nya.. Itu berarti… Ya tanda tanya.. Hehe..

Baiklah… Satu dua ada yang perhatian…
Lanjut…

Sebelumnya harap maklum yang segede-gedenya. Sebagai nubi yang baru beberapa hari ikut bergerilya di pasar Kompasiana ini. Saya ingin berbicara mengenai pasar Kompasiana. Saya sebut pasar, karena bertebaran lapak dimana-mana. Sampai yang punya pasar pun gelar lapak juga, isinya pengumuman-pengumuman untuk seisi pasar.

Ya.. Inilah pasar Kompasiana. Pasar yang tidak mengenal pasaran. Alias mulai paing, pon, wage, kliwon selalu buka terus. Nggak ada tutupnya.
Agak setengah tutup kalo dasbornya nggak bisa dibuka. Rolling door-nya macet. Mungkin lama nggak dilumasi sama pemilik pasar ya.. Hehehe…

Judulnya pake Forum kok nyebutnya malah Pasar. Lha gimana ya… Okelah.. Forum yang saya anggap mirip pasar.

Akur??
Ya.. Akur nggak akur, inikah arti Forum:

4. lembaga atau badan; wadah: kita perlu membentuk suatu — tempat membicarakan kepentingan bersama;
5. sidang: kedua perkara itu akan dibawa ke depan –terbuka;
6. tempat pertemuan untuk bertukar pikiran secara bebas: — itu sering dimanfaatkan untuk diskusi ilmiah [sumbernya sepertinya dari kbbi]

Jadinya Forum itu tempat ngumpul-ngumpul aja lah.. Seperti pasar. Karena ada istilah lapak. Malah ada juga lapak tips, dengan istilah kerennya Shop. Yaitu blogshoptips.

Kembali ke judul.. Kompasiana: forum sehat, forum maksiyat, atau forum sesat?

Forum sehat.
Terlepas dari istilah rumah sehat. Sehat ini kriterianya bagaimana?
Nah… Seratus orang bisa seratus pendapat.
Baiklah… Yang ukuran umum saja mengenai ukuran sehat, idealnya bagaimana? Tidak berisi menggunjing? Tidak menyerang pribadi atau golongan? Tidak berisi provokasi? Atau bagaimana?
Mungkin diisi dengan tips-tips mengupas telur puyuh rebus supaya mulus bagaimana caranya… Damai to?
Nah. Damai. Mungkin itu ukuran umumnya ya…
Tapi rasanya masih absurd, sumir, bias, berkabut jika sehat = damai.
Selanjutnya terserah Anda. Di judulnya saja pakai tanda tanya kok mau menyimpulkan.

Forum sesat.
Nah… Saya kira ini paling tidak bisa diambil garis merah yang mewakili semua-mua penggelar lapak di pasar Kompasiana ini. Karena sesat berkaitan dengan benar.
Ini pasar lho… Anggapan saya begitu. Yang punya pasar juga sudah membuka los-los ruangan dengan gratis lapak-lapak digelar kok.
Karena itu tentang sesat, berarti ada benar. Benar yang mana?
Yang ini lebih absurd, lebih sumir, lebih bias, berkabut tebal, jika bicara sesat, diukur dari sudut pandang mana? Di pasar, semua membawa sudut pandangnya sendiri-sendiri. Gitu lho..
Selanjutnya terserah Anda. Di judulnya saja pakai tanda tanya kok mau menyimpulkan.

Forum maksiyat.
Wah… Kalo ini mungkin yang berkaitan dengan esek-esek. Khususnya.
Apa kriteria untuk masuk dikategorikan maksiyat? Yang menceritakan tentang hal-hal berbau. Atau bagaimana?
Mungkin terkait dengan etisitas dari masing-masing individu maupun komunitas. Lhah… Jika melihatnya dari masing-masing etisitas, apakah bisa diambil ukuran umumnya?
Bisa jadi ini juga akan absurd, sumir, bias, berkabut mengambil ukuran yang umum tentang parameter maksiyat, terkait dengan esek-esek. Tegasnya saja bagaimana..?
Baiklah.. Selanjutnya terserah Anda. Di judulnya saja pakai tanda tanya kok mau menyimpulkan.

Tabik

– – – –
Saya publish juga di kompasiana

2 Desember 2011 - Posted by | Catatan Saya | ,

1 Komentar »

  1. Wah bisa bahaya ya gan

    Komentar oleh Forum Technoledge | 10 Maret 2012 | Balas


Dipersilakan mohon Komentar di SiNi [trima kasih]

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: