Ariefmas's Weblog

Sejenak Menapak Riuhnya Dunia Maya

Hati-Hati, Penyakit Mirip Snot Menjangkit di Ternak Puyuh Wilayah Jawa Barat

Penyakit pada puyuh yaitu snot / coryza yang saya kenal, terlihat sekali tanda-tandanya pada burung puyuh yang sedang terjangkit. Puyuh piaraan saya periode awal dulu pernah satu atau dua ekor terkena juga penyakit snot ini. Saya masih ingat sekali, waktu itu diberitahu oleh peternak lama, langsung dikeluarkan oleh beliau. Mungkin itu yang kemudian bikin tidak menyebar.

Keadaan kepala puyuh jelas sekali bengap-bengap seperti kalau orang berkelahi (jangan ya). Kepalanya membesar dan ada beberapa ciri lainnya.
Namun terus terang saya agak lupa dengan ciri-ciri mendetilnya apa saja. Soalnya sampai sekarang tidak pernah lagi menemui.

Bersyukur hari ini ada informasi penting mengenai tanda-tanda penyakit snot (coryza) yang banyak menjangkit di ternakan puyuh wilayah Jawa Barat. Informasi penting ini disempatkan dikirim oleh Bp. Miftah Farid, SP. Secara implisit yang saya tangkap, termasuk intinya adalah berhati-hati, bahwa ternyata ada kasus mirip penyakit snot, ternyata bukan snot.
Demikian apa yang telah diinformasikan oleh Bp Miftah Farid, SP terkait hal tersebut:

Permisi pengelola PUYUH JAYA, sedikit saya ada pendapat masalah penyakit yang menyerang peternak puyuh terutama jawa barat.

1. Ada peternak mengeluhkan adanya Snot/Coryza di ternak puyuhnya, kemudian mereka beramai-ramai memberikan obat anti snot/coryza, setelah lamanya pengobatan ternyata tak kunjung sembuh. walau pun obat anti snot/coryza tersebut dari perusahan terkemuka di indonesia.

2. Adanya prognosa atau pun diagnosa para peternak terhadap penyakit yang menyerang ternaknya memang cukup beralasan. dengan melihat gejala-gejala klinis, semua orang pasti menduga kearah itu (Snot/Coryza).

3. Sebenarnya kita peternak lupa bahwa gejala-gejala klinis tadi, ada kemiripan dengan CRD, Swollen Head Syndrom (SHS) dll. selama ini kita memang tidak menggunakan diagnosa banding (deferencial diagnose) dengan penyakit CRD maupun Swollen Head Syndrom tadi

4. Bagi peternak yang puyuhnya ada gejala mirip snot/coryza bila setelah pengobatan dengan anti snot/coryza tidak perubahan, terus ada kematian yang cukup tinggi, penurunan nafsu makan yang tajam diikuti penurunan produksi. sebaiknya berhati2 ada kemungkinan ternak kita terjangkit Swollen Head Syndrome.
………selengkapnya, silahkan lanjut di artikel ini. Trima kasih.

Iklan

11 Desember 2011 - Posted by | Dunia Puyuh | ,

Sorry, the comment form is closed at this time.

%d blogger menyukai ini: