Ariefmas's Weblog

Sejenak Menapak Riuhnya Dunia Maya

Mengenal Tanaman Hias Sansivera ( Sansevieria – Sanseviera )

Silindrica

Sansevieria. Barangkali banyak diantara kita yang belum paham apa itu tanaman sansevieria. Memakai lidah jowo saya, lebih lemes disebut sansivera. Dari sedikit yang saya pahami tentang sansivera (sansevieria) ini, akan coba saya membahasnya.

Tanaman sansivera (sansevieria) yang lebih dikenal sebagai tanaman hias, sebenarnya sudah sangat akrab dengan keseharian kita. Sebatas wawasan saya, tanaman sansivera yang dikenal juga sebagai tanaman penyerap polusi, bahkan konon ikut berpartisipasi mengatasi global warming atau pemanasan global ini (bukan sekedar tanaman hias), biasa kita temui menjadi penghias taman kota, taman pinggir jalan, perkantoran, rumah pribadi, dll. Nah, barangkali pernah dengar tanaman “lidah mertua”. Itulah dia sansivera (sansevieria).

Seperti daun-daun menancap. Itu kesan pertama acapkali kita melihat tanaman sansivera. Sering yang umum kita lihat menjadi penghias taman pinggir jalan adalah jenis trifasciata (nulisnya bener atau tidak, mudah-mudahan ada pakar sanse yang berkenan ikut urun memperbaiki tulisan). Jenis trifasciata yang telah merebak tersebut memang panjang-panjang. Biasanya tengahnya hijau doreng dengan pinggiran kuning. Terlihat cantik memang, bahkan penyerap polusi. Biasa ditanam bergerombol, atau menggerombol dengan sendirinya karena munculnya anakan-anakan.

Sekedar dipahami saja, sambil saya merintis lagi menggali informasi agar bisa lebih berbagi. Pada tulisan-tulisan selanjutnya akan membahas dan mengenal jenis-jenis sansevieria (sansivera) selain trifasciata tersebut. Mungkin tidak hanya puluhan, bahkan ratusan jenis sansevieria (sansivera) yang ada. Belum lagi muncul jenis-jenis baru dari hasil persilangan.

Tanaman sansevieria (sansivera) yang indah dan cantik, penyerap polusi, dan luwes tahan sebagai tanaman indoor (dalam ruangan) maupun sebagai tanaman outdoor (kena hujan dan panas langsung), layak menjadi penghias taman di rumah Anda.

Salam sanse ..

*dari berbagai sumber
*belum bisa pasang foto tanaman hias sansivera

Iklan

2 Februari 2013 - Posted by | Tanaman Hias Sansivera - Sanseviera | , , , , ,

Belum ada komentar.

Dipersilakan mohon Komentar di SiNi [trima kasih]

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: