Ariefmas's Weblog

Sejenak Menapak Riuhnya Dunia Maya

Tanaman Puring Kelas Atas yang Mahal dan Langka (1)

Tanaman Puring Kelas Atas yang Mahal dan Langka
…………….. …………………………..

Saya adalah sebenar-benar pemula di tanaman Puring. Oleh karena itu, saya mohon komentar ( bisa tanpa mengisi email dll ) … apabila postingan ini nantinya ada salah informasi, salah identitas jenis Puring, ataupun keterangan lainnya.

Puring mahal. Yaitu yang berkaitan dengan harga. Berarti ada yang jual, tapi mahal. Tidak masuk di dalamnya Puring yang tidak dijual.

Puring langka. Artinya, keberadaannya sangat terbatas. Katakanlah relatif sulit untuk mendapatkannya.

Gabungan keduanya menjadi “Puring mahal dan langka”.
Untuk itu, saya akan mencoba menuliskan hanya dengan dasar sepengetahuan saya. Jadi versi saya. Begitu.
Itupun saya batasi untuk jenis-jenis yang sudah lama ada. Untuk yang hybrid silangan baru tidak termasuk.

Apa saja tanaman Puring kelas atas yang mahal dan langka ?

1. Puring Sembodro SN.
Dari sumber sana sini memberikan informasi bahwa tanaman Puring ini adalah hybrid silangan Bp. Budi Sari Nikmat.

image

*foto motret di kebun KA. Asli. No editing.
…………………………………………….

2. Puring Bintang Lima.
Hasil silangan oleh maestro Bp Budi Ramayana.
Nah,  foto contoh Puring Bintang Lima di bawah ini kiriman dari saudara Ari Bejo, Malang, Jawa Timur.
Ini penampakannya …

image

…………………………………………….

3. Puring Dewi Persik.

Berani saya tuliskan kalau Puring hybrid cantik ini adalah hasil silangan Bp. Gandung Paryono.
Berdasar cerita dari Mas Eko Gendut, sejarah Puring Dewi Persik ini dulunya ada kolektor yang membeli Puring dari Pak Gandung. Ternyata di pot nya tumbuh puring. Ditengarai ada biji yang terjatuh di medianya. Jadilah Puring yang lantas diberi nama Dewi Persik.
Di bawah ini penampakannya .. 

image

*foto tanaman koleksi pribadi.
…………………………………………….

4. Puring Sunset GP.
Saya tidak paham ini sudah rilis dilepas atau belum. Silangan lama atau baru. Tidak ada keterangan. Hanya saya ingin memasukannya ke nomer 4 tanaman Puring kelas atas yang mahal dan langka.

image

*foto  nyomot di lapak sebelah.

BERSAMBUNG ……

Arief Gunungkidul
pin BB D365ED5B
sms / whatsapp 085643539399
Gunungkidul, Yogyakarta, Indonesia

23 Januari 2015 - Posted by | Jenis Puring | , , , ,

Belum ada komentar.

Dipersilakan mohon Komentar di SiNi [trima kasih]

