Ariefmas's Weblog

Sejenak Menapak Riuhnya Dunia Maya

Kenapa Kirim Paket Berisi Tanaman Tumbuhan Musti Pakai Surat Karantina ????

image

Bagi Anda yang suka kirim paket berisi tanaman / tumbuhan antar area ( kita bahas yang tujuan dalam negeri saja ), terutama pengiriman yang memakai pesawat ( TIKI ONS, JNE YES, POS Kilat Khusus ) tanpa dokumen karantina ( biasa pengakuan isi paket berisi souvenir, dll ). Pernahkah kemudian Anda mendapat pemberitahuan bahwa paket yang kita kirim tertolak karena kena sensor xray bandara ????

Dulu saya sering mengalami. Jujur saja begitu. Sebab tidak paham cara mendapatkan Surat Karantina.
Akibatnya tentu saja yang pertama, ongkos kirim kita hangus.

Akibat kedua, tanaman bisa rusak, karena bisa lama selang waktu pemberitahuannya.

Selanjutnya ? Repot pastinya.

Itu masih belum selesai. Tiap  kita kirim lagi dan lagi, selang sehari akan dagdigdug dulu, lolos sensor xray bandara atau tidak ya …
Hingga akhirnya karena berkali-kali tombok ongkos kirim, maka saya semaksimal mengusahakan bagaimana cara mendapatkan surat karantina tanaman / tumbuhan dari Badan Karantina Pertanian.

Bagi yang biasa kirim memakai paket cargo Antar Bandara sih tidak masalah. Biasanya kalau kita lewatkan agen cargo sudah one stop shoping, alias sudah termasuk pengurusan Surat Karantina. Namun jika kita kirim lewat Pos Kilat Khusus, TIKI ONS, JNE YES yang notabene menggunakan angkutan udara ya kita harus mengurus sendiri.

Kecuali kalau lewat paket reguler jalan darat atau kapal sih aman, walau perjalanan bisa lama. Tidak perlu pakai Surat Karantina sudah jelas lolos karena tidak ada sensor xray.

Setelah jatuh bangun sering dan berisiko nombok ongkos kirim ( biasanya pembeli tidak mau tahu, karena risiko memang pada penjual ), akhirnya tiap kirim paket tanaman / tumbuhan terutama tujuan luar pulau dengan pengangkutan pesawat, semaksimal saya usahakan mengurus Surat Karantina ( minimalnya aman dari risiko nombok ongkos kirim ).

Biarpun tempat kantornya jauh jaraknya dari tempat tinggal saya ( sekitar 40 km ), namun tetap saya tempuh juga.

Selain jauh jarak juga jauh dari kepraktisan. Yang mana sebenarnya paket bisa langsung saya kirim lewat Kantor Pos di kecamatan tempat saya tinggal, jadi tidak bisa, karena harus ke Kantor Badan Karantina terlebih dahulu.

image

Coba kalau Badan Karantina Hewan dan Tumbuhan ( Yogyakarta ) mau buka cabang atau unit pelayanan di Kantor Pos Paket yang tergolong besar ( misal di Loji ), kan saya bisa menghemat 10 km.

Tapi saya ya akhirnya memang karena butuh, jauh pun tetap saya tempuh.

Salam Karantina.
UU No. 16 Tahun 1992 tentang Karantina Hewan, Ikan, dan Tumbuhan.

image

Arief Gunungkidul

13 Maret 2015 - Posted by | Catatan Saya | , , ,

23 Komentar »

  1. Banyak x bacodnya,tidak sesuai judulnya.memang tak pakai….

    Komentar oleh PCP | 14 Mei 2015 | Balas

  2. mau tanya mas, kalau kirim kaktus cara yg amannnya gimana yaa??
    trus apa harus pakai surat karantina juga??

    Komentar oleh lely | 21 Agustus 2015 | Balas

    • Menurut Undang-Undang yang berlaku … sebenarnya semua jenis tanaman atau bagian2 tanaman harus pakai surat karantina biarpun dalam negeri.
      Namun secara kenyataan, yang mau tidak mau lebih aman pakai surat karantina biar paket tidak kena tolak :
      1. Pengiriman ukuran besar ( di atas 2kg baik berat maupun volume ) lewat paket yang melalui angkutan pesawat.
      2. Paket tanaman kecil tapi berat yang lewat paket melalui pesawat, lebih aman cari surat karantina dahulu.

      Di luar kedua itu, tidak pakai surat karantina banyak kemungkinannya tidak masalah.

      Komentar oleh M. Arief B. Gunung Kidul | 21 Agustus 2015 | Balas

  3. jadi setiap pengiriman mesti ada surat karantina itu ????

    Komentar oleh andi | 19 November 2015 | Balas

    • Hanya pengiriman yg pake pesawat saja yang pake surat karantina.
      Jika pake kapal atau jalan darat, tanpa surat karantina aman kok.

      Komentar oleh M. Arief B. Gunung Kidul | 19 November 2015 | Balas

  4. kena biaya brapa untuk menta surat karantinanya? dan berarti tanaman yang mau dipaketkan kita bawa ke balai karantina pertanian juga atau bagaimana?

    Komentar oleh Harry Hadiwijaya | 25 November 2015 | Balas

    • Biaya pengurusan karantina sangat murah. Saya bulatkan saja, rata-rata 6rb – 7rb rupiah per surat, berapapun jumlah pohonnya.
      Iya betul, semua tanaman yang akan dikirim di bawa ke kantor karantina. Untuk pengecekam kondisi juga pembuktian bahwa dokumen nantinya sesuai dengan isi paket.

      Komentar oleh M. Arief B. Gunung Kidul | 25 November 2015 | Balas

  5. Mau nanya kalo di magelang balai karantina nya alamatnya dimana ya?saya harus minta suratnya dimana..?

    Komentar oleh aci | 21 Februari 2016 | Balas

  6. halo maw tanya, kira2 berapa lama sampai keluar surat karantina, sampai seminggu kah?

    Komentar oleh Anonim | 4 Maret 2016 | Balas

    • kalo pas tidak antri, paling lama satu jam sudah jadi …

      Komentar oleh M. Arief B. Gunung Kidul | 4 Maret 2016 | Balas

      • hoo bukannya masuk ke lab dulu pak? hanya satu jam kira2 (klo lancar) ya total proses dari pengajuan?

        Komentar oleh Anonim | 4 Maret 2016 | Balas

        • kalo masuk lab dulu .. mungkin yang ke luar negeri . . saya belum pernah.
          untuk pengiriman dalam negeri (domestik), sepertinya hanya cek hama saja. Jika ada hama, ya bisa tidak diberi surat karantina.

          Komentar oleh M. Arief B. Gunung Kidul | 4 Maret 2016 | Balas

          • baik makasi pak, saya agak kesulitan mencari di daerah tangerang serpong yang deket

            Komentar oleh Anonim | 7 Maret 2016

          • makasih sama sama

            Komentar oleh M. Arief B. Gunung Kidul | 7 Maret 2016

  7. Kalau pengiriman tanaman antar kota kota satu propinsi via darat melalui pos indonesia apakah di minta surat karantina oleh via pos nya?contoh mau kirim bibit tanaman buah durian tinggi tanaman 1 hingga 1,5 meter media polibag sebesar karung beras 10kg

    Komentar oleh Mahdin | 21 April 2016 | Balas

  8. Klo bisa gak pake surat karantina rencana pengem beli 10 polibag bibit tanaman durian

    Komentar oleh Mahdin | 21 April 2016 | Balas

  9. Bagamana tatacara jika kita menerima
    paket bibit tanaman dari luarnegri?

    Komentar oleh saswita | 25 Mei 2016 | Balas

  10. Maaf mau nanya kalau mau kitim biji mahoni ke luar negri bisa ngga yah tanpa surat karantina tapi melalui jalan laut gimana yah??

    Komentar oleh Anonim | 9 Agustus 2016 | Balas

  11. Jika bw rempah2 (andaliman/sejenis merica batak) dari medan ke jakarta apa harus ke karantina juga?

    Komentar oleh binsar | 31 Oktober 2016 | Balas


Dipersilakan mohon Komentar di SiNi [trima kasih]

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: