Ariefmas's Weblog

Sejenak Menapak Riuhnya Dunia Maya

Cantiknya Keladi Hias Caladium dan Beberapa Masalah dalam Penjualan

image

Keladi hias Caladium yang termasuk keluarga Araceae dengan kekayaan variasi warna dan corak, memang cantiknya sangat menawan. Mempesona … Wajarlah jika kita ingin memiliki keladi hias Caladium sebagai koleksi yang aduhai.

image

Namun … ada beberapa masalah yang akan sedikit saya bahas dalam postingan kali ini. Terutama terkait dengan penjualan keladi hias Caladium dalam lingkup pemasaran tanaman hias dan koleksi.

image

Permasalahan PERTAMA.
Banyak belum paham tentang sifat “dorman” pada tanaman keladi hias Caladium. Sehingga jika sedang dorman, lantas dianggap mati dan dibuang atau terbuang.

image

Dorman adalah masa istirahat. Keladi hias Caladium akan meluruhkan semua daunnya. Hanya tinggal umbi saja. Itu tidak mati. Nanti kalau sudah selesai dorman, akan memunculkan lagi daun-daunnya yang cantik.

image

Sifat dorman biasanya di masa puncak kemarau. Jadi ya hanya bisa menunggu masa dorman selesai, baru kita bisa menikmati indah daun keladi hias Caladium.

image

Atau …. menurut saya, dorman juga bisa terjadi sebagai upaya keladi hias Caladium mempertahankan hidupnya. Yaitu ketika media terlalu kering ekstrem, atau …. media terlalu becek dan basah.

image

Permasalahan KEDUA.
Mengenai besar ukuran umbi dan mata tunas. Ini adalah permasalahan penting dalam masalah jual beli keladi hias Caladium.

image

Istilah Bahasa Jawa dikenal “ono rego ono rupo” … ada harga ya ada kondisi barangnya. Harga murah, jenis yang jarang ada di pasaran umum, tentunya umbi ukuran kecil tidak ada separo ujung jari kelingking ya wajar to …. Tentu beda dengan yang umbinya sebesar jempol kaki yang butuh bertahun-tahun membesarkan sampai segitu.

image

Sebelum memahami dan mau menghargai tentang kondisi tersebut, ya mending buat di rumah saja untuk koleksi.

image

Permasalahan KETIGA.
Perlu dipahami bahwa daun pada keladi hias Caladium boleh dibilang “hanya” daun semu.

image

Hal ini terkait dengan permasalahan pengiriman. Jika tidak bisa pakai ekspedisi paket yang murah, tentu harusnya mau memahami tentang daun semu pada keladi hias Caladium.
Bagaimana maksudnya ?

image

Maksudnya, jika daunnya berukuran besar dan apalagi tangkainya panjang, ya mending dipotong saja. Jika ada daun baru yg masih kuncup, bisa disisakan. Untuk menghemat ongkos kirim.

image

Daunnya dipotong tidak masalah demi untuk penghematan ongkos kirim. Nanti akan cepat tumbuh daun baru. Kalau perlu hanya umbinya saja yang dikirim.

image

Permasalahan tersebut bisa teratasi, alias dikirim utuh dengan daun-daunnya yang besar dan atau dengan tangkai panjang, jika pembeli mau bertanggung jawab penuh dengan berapapun ongkos kirimnya. Walau resiko daunnya rusak tetap ada, terutama setelah penanaman, bisa saja sebagai konsekuensi adaptasi repotting.

image

Permasalahan KEEMPAT.
Sudah berapa macam variasi keladi hias Caladium yang sudah Anda koleksi ???

image

image

Arief Gunung Kidul
SMS / WA 085643539399
Pin BBM D365ED5B
Gunung Kidul, Yogyakarta …

….

Iklan

8 November 2015 - Posted by | Tanaman Hias Caladium - Keladi | , ,

1 Komentar »

  1. Saya tertarik dgn koleksi keladinya. Kalau saya mau order bagaimana? Berapa harga? Mohon di info sekalian foto,ukuran,nama/kode,harga? Thanks.

    Komentar oleh WIWIK | 8 Juli 2016 | Balas


Dipersilakan mohon Komentar di SiNi [trima kasih]

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: