Ariefmas's Weblog

Sejenak Menapak Riuhnya Dunia Maya

Bagaimana Prosedur Cara Mengurus Bikin Surat Ijin Ekspor Impor Tumbuhan atau Bibit Benih Tanaman

image

Cara atau prosedur bikin Surat Ijin Ekspor Impor Tumbuhan atau Bibit Benih Tanaman yang akan saya sampaikan di sini terus terang saja bukan pengalaman saya pribadi, tapi saya ambil dari pengalaman teman saya.

Sharing pengalaman mengenai Surat Ijin Ekspor Impor tersebut menurut saya,  bersifat umum. Bukan rahasia. Jadi saya publikasi di sini.

Bagaimana prosedur cara mengurusnya ?

1. Bikin dulu Surat ijin usaha untuk eksport/import di Deptan ( Departemen Pertanian ) setempat.

2. Nanti dari Deptan, lokasi usaha kita akan disurvey benar atau tidak kita punya kebun usaha seperti yang kita ajukan, disurvey gudang, kendaraan operasional, tempat pembibitan, data panen, dll

3. Lalu urus ke Propinsi
Dari Propinsi nanti dapat sertifikat.
Nah sertifikat itu + NPWP + KTP asli di buat pdf nya termasuk tanda tangan.

4. Bawa data pdf  + aslinya ke Deptan pusat Jakarta.
Tidak sampai 1 jam akan selesai andai semua syarat lengkap.

Semua proses FREE tanpa biaya kecuali akomodasi ke Deptan pusat di jakarta

NB : bila ingin proses lancar, maka buat surat usahanya perseorangan (pribadi : CV, UD)

Demikian … Semoga bermanfaat.
Terima kasih juga untuk Bu Ino.

……

Nah …. lantas bagaimana untuk kita yang sekedar hobiis dengan transaksi sesama hobiis di luar negeri yang terkadang sekedar barter ( bukan jual beli ) ????
Apakah hanya sebatang bunga kecil saja kita musti mengurus ijin ekspor impor ?

Mudah saja …  Cari teman atau kolega yang sudah punya Surat Ijin Ekspor Impor … Kadang ada yang menerima “jasa” pengiriman dengan atas namanya. Kita bisa kirim atau menerima tanaman dengan memakai “jasa” tersebut.
Semoga bermanfaat.

Terima kasih.

26 Februari 2016 - Posted by | Catatan Saya | , , , , , , , , , ,

1 Komentar »

  1. Mas. Saya punya depot bunga. Tetapi saya sulit sekali dan kesusahan mengurus surat izin import. Karena budjet terbatas. Saya sudah mengurus untuk perseorangan tetapi bnyk sekali yg belum kelar diurus. Jatah perseorangan sangatlah sedikit Ada kontak teman2 yang bisa membantu mas? Jika ada ko tak perseroan yang bisa membantu saya sangat antusias. Mungkin bisa hub saya ke email hendy110294@gmail.cok Trmksih

    Komentar oleh Hendy | 19 Desember 2016 | Balas


Dipersilakan mohon Komentar di SiNi [trima kasih]

