Ariefmas's Weblog

Sejenak Menapak Riuhnya Dunia Maya

Mencoba Menelaah Kata-Kata Maestro Bapak Gandung Paryono bahwa Menyilangkan Tanaman Puring itu Mudah

image

Menyilangkan tanaman Puring merupakan cara menambah atau lebih memperbanyak lagi varian dari yang sudah ada. Caranya dengan menyerbukkan bunga jantan pada bunga betina. Setelah itu ditunggu berbiji. Sampai bijinya matang, kemudian disemai.
Dalam satu silangan beda jenis pohon Puring tersebut akan menghasilkan berbagai varian. Selanjutnya disebut sebagai Puring Hibrid.

Mengenai varian pohon Puring hibrid silangan, tidak lepas dari nama besar Bapak Gandung Paryono yang bertempat tinggal di kawasan Medari, Sleman, Yogyakarta. Dari kreatifitas tangan beliau lah kemudian muncul banyak Puring Hibrid silangan macam Rembulan GP, Drupadi GP, Rosalini GP, Sani GP, dan masih banyak lagi.

Sedikit waktu saya pernah “jagongan” bersama beliau, dihiasi hujan bercampur butiran es . .  Dan ada kata-kata beliau yang saya teringat selalu … :

Menyilangkan Puring itu mudah …
Ibu – ibu yang baru melahirkan saja bisa melakukannya ..

So .. jangan sewot dulu menyimak kata-kata beliau seperti itu. Pahami dengan hati bersih … Buang ego dan kesombongan. Jika kita nilai dengan keangkuhan maka bisa dianggap kata-kata itu adalah meremehkan.
Sama sekali tidak demikian …

Bapak Gandung menyampaikan dengan kerendahan hati dan kejujuran ilmiah. Ya memang mudah, siapa saja bisa  melakukannya … kan tinggal menempel-nempelkan bunga jantan ke bunga betina. Selesai …
Selanjutnya akan muncul varian-varian baru pohon Puring.

image

Setelah sekian waktu saya mengikuti perpuringan, kata-kata beliau sampaikan menurut saya, berarti sangatlah dalam. Saking mudahnya, ibu-ibu melahirkan saja bisa melakukannya … Lalu apa yang tidak mudah ????

Selanjutnya adalah telaah saya, pendapat saya.  Analisa saya terhadap kata kata beliau tersebut.
Beliau mengatakan mudah. Itu berarti kerendahan hati beliau. Sekaligus memberi motivasi untuk kita teruskan dalam melahirkan varian-varian baru pada pohon Puring. Kerendahan hati beliau bukanlah meremehkan atau menyepelekan, tapi merupakan motivasi untuk yang lain. “Cobalah … karena itu mudah”.

Analisa atau saya menelaah kata-kata beliau selanjutnya. Bahwa tanpa niat mengkritik berbagai pihak, adalah sekaligus saran. Dalam sekali menyilangkan, akan tumbuh banyak varian pohon Puring. Di sini proses selanjutnya berjalan, yaitu tahap seleksi.

Menunggu dulu bagaimana karakter jadinya pohon Puring hasil silangan, baru dinilai mana yang bagus disuguhkan ke para penghobi dan penggemar tanaman hias khususnya Puring, dan memilah mana yang tidak bagus. Seleksi untuk tidak asal hasil silangan “dilempar” ke pasar.

Nah … yang menjadi relatif adalah bagaimana menilai ukuran bagus dan tidak bagus. Sudut pandang penilaian suka berbeda-beda.
Tentang hal ini … Selanjutnya terserah Anda !!!!!!!

Sudahkah hari ini Anda menyilangkan pohon Puring ???

image

Salam sejahtera selalu …

Arief Gunungkidul.
pin BB .. D365ED5B

SMS/WHATSAPP 085643539399

Posted from WordPress for Android

Iklan

17 April 2016 - Posted by | Catatan Saya, Puring | , , , , , ,

Belum ada komentar.

Dipersilakan mohon Komentar di SiNi [trima kasih]

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: