Ariefmas's Weblog

Sejenak Menapak Riuhnya Dunia Maya

[ Philo ] Philodendron si Tanaman yang Dulu Tidak Dilirik tapi Sekarang Makin Menarik

[ Philo ] Philodendron si Tanaman yang Dulu Tidak Dilirik tapi Sekarang Makin Menarik

Siapa sangka, tanaman Philodendron akan bisa bertahan lama memegang label harga dan kebanggaan menjadikannya koleksi kesayangan. Padahal jenis tanaman ini dulunya termasuk tidak dilirik. Bolehlah dulunya mungkin dianggap sebagai tanaman pelengkap. Atau bahkan hanya masuk elemen lanskap saja.

Philodendron Tortum

Tapi memang begitulah dunia hobi dunia tanaman. Banyak hal tidak bisa diduga. Apalagi jika membicarakan tentang tanaman Philodendron ini. Harganya bertahan kalau boleh dikatakan harga wah .. sehingga menjadi koleksi yang wah juga.

Philodendron Plowmanii

Tentu .. seperti halnya jenis tanaman yang lain, Philodendron juga mengenal kelas-kelas harga. Saya sendiri tidak paham pasti bagaimana standar harga berdasarkan hits nya suatu jenis. Sebab di suatu media sosial lebih sering harganya hanya inbok dan inbok .. sehingga kadang kita yang jual ( ternyata ) lebih murah, dibilang merusak harga. Tapi jika pasang harga ( ternyata ) kemahalan, ya tidak ada yang menyapa. Entahlah jadinya bagaimana.

Philodendron Sandleyana
Philo Epipremnum Manjula

Mungkin hal-hal seperti permasalahan harga yang saya bahas di atas tidaklah begitu penting, sebab di dunia hobi tanaman yang saya kenal, adanya ya enjoy dan happy saja. Tidak ada kenal istilah rugi. Bahkan untuk yang menstatuskan diri sebagai pedagang sekalipun.

Philodendron Florida Beauty
Philo Calkin Golden
Bibit Philo Golden Finger

Kembali pada kelas harga masing-masing jenis philo, katanya memang sudah ada semacam standar harga yang dihitung per-daun. Tentu untuk beberapa jenis saja. Hanya jenis apa saja yang harganya dihitung perdaun itu … saya tidak paham.

Yang jelas .. Tanaman Philodendron daunnya memang sedang naik .. alias bertahan naik daun. Cocok memang termasuk tanaman hias daun.

Philo Katak / Eceng
Philodendron Adansonii / Janda Bolong
Philodendron Gloriosum
Philo Microstictum
Philo Melanochrysum / Lidah Gajah
Philo “Sirih Kuning”
Philodendron

Sudah berapa jenis philo yang Anda koleksi ????

Philo Pinkies

29 April 2020 - Posted by | Philodendron | , , ,

Belum ada komentar.

Dipersilakan mohon Komentar di SiNi [trima kasih]