Mobil SEMAR UGM: Anyer-Panarukan Hanya Dengan 1 Liter Bensin

Tim Semart Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta meluncurkan mobil hemat energi dan ramah lingkungan ‘Semar’ yang terbuat dari bahan komposit fiber dan berkonsep airfoil untuk mengurangi coefisien of drag (CD) dari kendaraan.

“Struktur rangka dari kendaraan SEMAR menggunakan kombinasi plat dan profil almunium yang didesain sedemikian hingga berat dan struktur bodi tidak lebih dari 25 kilogram,” kata pembimbing Tim Semart UGM, Jayan Sentanuhady di Yogyakarta, Rabu (17/3).

Menurut dia pada peluncuran mobil Semar, kendaraan tersebut memiliki panjang total 2,7 meter, tinggi 0,8 meter, dan lebar total 0,88 meter yang didesain dengan tiga roda berpenggerak roda belakang dan steering roda depan.

“Sebagai penggerak mula digunakan mesin 4-tak bersilinder tunggal dengan kapasitas 25 cc yang mengaplikasikan sistem injeksi yang dapat diprogram. Dengan sistem itu diharapkan konsumsi bahan bakar dapat dioptimalkan sesuai dengan kebutuhan riil,” katanya.

Dengan konsep itu, tambahnya, kendaraan tersebut diharapkan dapat melaju dengan konsumsi bahan bakar seminimal mungkin, sehingga menjadi kendaraan ramah lingkungan. Kendaraan itu diharapkan dapat menempuh jarak 1.000 km dengan konsumsi bahan bakar satu liter bensin.

Ia mengatakan, kendaraan itu siap diikutkan dalam ajang Shell Eco-marathon (SEM) Asia 2010 di Sirkuit Sepang, Malaysia pada 8-11 Juli 2010.

“SEM Asia 2010 adalah ajang pendidikan yang bertujuan memotivasi kreativitas dan inovasi mahasiswa dalam menjawab tantangan di bidang kelangkaan energi di masa depan dengan menciptakan kendaraan yang dapat menempuh jarak terjauh dengan bahan bakar seminimal mungkin,” katanya.

Rektor UGM Prof Sudjarwadi mengatakan, pembuatan Semar adalah contoh rintisan terpuji dalam perjalanan mahasiswa calon pemimpin bangsa pada bidangnya yang berambisi mengabdi pada kepentingan bangsa dan kemanusiaan.

“Partisipasi di SEM Asia 2010 sesuai dengan salah satu visi dan misi UGM sebagai salah satu universitas terkemuka di Indonesia menuju perguruan tinggi Tri Dharma yakni kampus kerakyatan, kampus sosiokultural, dan universitas riset,” katanya.

Sementara itu, Country Chairman dan President Director PT Shell Indonesia Darwin Silalahi mengatakan, SEM memberikan kesempatan kepada generasi muda yang tertarik dengan teknologi, energi, dan transportasi sebagai sebuah wadah yang unik untuk menampilkan inovasi mereka.

“Kami bangga Tim Semart UGM sebagai salah satu dari sembilan tim dari Indonesia yang akan berlaga di SEM Asia 2010 sudah meluncurkan kendaraannya. Kami berharap ke-9 tim dari Indonesia, yakni UGM, ITS, UI, dan ITB dapat unjuk gigi dan berprestasi di tingkat internasional,” katanya. (Ant/OL-02) [media Indonesia]

Berita lainnya:

Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta akan berpartisipasi dalam ajang Shell Eco-marathon (SEM) Asia 2010 di Sirkuit Sepang, Malaysia pada tanggal 8 hingga 11 Juli mendatang. Dalam ajang ini UGM melalui Tim SEMART akan mengikutsertakan hasil temuannya yakni SEMAR.

Kendaraan super efisien dan ramah lingkungan ini diluncurkan di UGM, Rabu (17/3) dan diarak dari Kampus UGM menuju alun-alun Yogyakarta.

Rektor UGM, Profesor Ir. Sudjarwadi, M.Eng. Ph. D dalam acara peluncuran mobil Semar mengatakan pembuatan si Semar adalah contoh rintisan terpuji dalam perjalanan mahasiswa calon pemimpin bangsa pada bidangnya yang berambisi mengabdi pada kepentingan bangsa dan kemanusiaan.

“Keikutsertaan UGM di SEM Asia 2010 sesuai dengan salah satu visi dan misi UGM sebagai salah satu universitas terkemuka di Indonesia yakni menuju perguruan tinggi Tri Dharma yaitu kampus kerakyatan, research univerity dan kampus sosiokultural,” ujarnya.

Sementara Country Chairman dan President Director PT Shell Indonesia, Darwin Silalahi mengatakan Shell Eco-marathon memberikan kesempatan kepada generasi muda yang tertarik dengan teknologi, energi dan transportasi sebagai sebuah wadah yang unik untuk men-showcase inovasi mereka.

“Kami bangga Tim Semart dari UGM sebagai salah satu dari 9 tim dari Indonesia yang akan berlaga di SEM ASia 2010 nanti sudah dapat meluncurkan kendaraannya. Sebagai wakil bangsa Indonesia di ajang tersebut , kami berharap ke-9 tim dari UGM , ITS, UI dan ITB dapat unjuk gigi dan berprestasi di tingkat internasional,” kata Darwin.

Mobil SEMAR sendiri memiliki panjang total 2.7 meter, tinggi 0.8 meter dan lebar total 0.88 meter. Body kendaraan tersebut terbuat dari bahan fiber composite dan berkonsep airfoil untuk mengurangi coefisien of drag (CD) dari kendaraan. Struktur rangka dari kendaraan SEMAR menggunakan kombinasi plat dan profile almunium yang di desain sedemikian hingga berat dan struktur body tidak lebih 25 kg. Tim Semart sendiri menyatakan hasil temuannya ini mampu melalui jarak anyer-panarukan hanya dengan 1 liter bensin. [KRJogja.com]

About these ads

13 gagasan untuk “Mobil SEMAR UGM: Anyer-Panarukan Hanya Dengan 1 Liter Bensin

  1. Wah kalau 1 liter utk 1rb km, jadi sangat irit sekali ya! Tp mgkn karena terlalu irit saya kira, pasti ada kelemahannya, mgkn tenaganya kurang gt! Saya kira gt!

  2. anyer panarukan hanya seliter bensin..
    kapan sampenya mas??? hehehe…
    campur ndorong ya…
    hehehe.. salam sukses…
    (izin masang taut blog sampeyan ya…)

    sedj
    htttp://sedjatee.wordpress.com

Dipersilakan mohon Komentar di SiNi [trima kasih]

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s