Ariefmas's Weblog

Sejenak Menapak Riuhnya Dunia Maya

[ Sanse Hybrid ] Begini Cara Saya Menyilangkan Sansevieria

[ Sanse Hybrid ] Begini Cara Saya Menyilangkan Sansevieria

image

Menyilangkan Sanse ? Untuk nanti hasilnya menjadi Sansevieria Hybrid … Mudah. Tidak sulit kok … Syarat utama tentu saja harus ada Sanse yang sedang berbunga.

image

Di judul postingan ini ada kata-kata “Cara Saya” …. Bukan berarti saya adalah penemu cara menyilangkan Sansevieria, akan tetapi karena banyak yang sudah bisa, sepertinya bermacam-macam juga caranya, nah yang di postingan ini cara saya. Mohon maklum kalau ada kekurangan.
Namun intinya sama, yaitu membantu penyerbukan bagian bunga jantan atau serbuk sari untuk ditaruh di bagian betina bunga.

Saya sebut sebagai bagian, karena satu bunga Sansevieria sudah terdiri dari bagian jantan dan betina. Yang jantan atau benang sari yang membawa serbuk sari dalam satu bunga ada beberapa bagian jantan, dg kepala yg goyang-goyang. Bagian betina Sanse hanya ada satu di tiap bunga, berada di tengah bunga dengan kepala putik yang membulat biasanya.
Maka waktu menyilangkan harus hati-hati jangan sampai menyentuh jantan bunga yang kita serbuki, bisa-bisa hanya akan terjadi penyerbukan sendiri bukan dengan Sanse jenis lain.

image

Waktu penyilangan Sansevieria yang efektif adalah antara jam 21.00 sampai jam 23.00 WIB. Sepertinya jam 20.00 WIB juga sudah siap untuk penyerbukan.
Tanda siap penyerbukan adalah ketika kepala putik atau betina sudah lengket siap diserbuki. Bunganya juga sudah harum.

Langkah penyerbukan, karena bunga Sansevieria itu jumlahnya banyak, tidak usah segan-segan memetik salah satu bunga, dijepit dengan pinset juga bisa, kemudian bagian pucuk benang sari jantan ditempel-tempelkan ( dinunul-nunulke : boso jowo ) pada kepala putik betina di bunga Sanse jenis lain … Nanti akan keliatan serbuk putih yang menempel di putik bunga yang kita serbuki.

image

image

Mudah kan ????

Hehehe… kalau masih kurang mantap, ujung kepala benang sari dicopot terus ditempel pada kepala putik seperti foto di bawah ini ….😀 ..

image

Setelah penyerbukan, membutuhkan waktu sekitar 3 bulan untuk mematangkan buahnya. Tanda kalau sudah matang yaitu warnanya sudah oranye (orange).

image

Jika sudah matang seperti itu ya selanjutnya terus dipanen. Caranya buah dikupas bersih terus diangin-anginkan dulu tanpa dijemur baiknya. Beberapa hari dianginkan nanti sudah siap semai. Butuh waktu sekitar 3 bulan lagi untuk tumbuh.

Untuk melihat bentuk Sanse Hybrid silangan kita sendiri, sekitar 6 bulan lagi. Total sejak dari penyerbukan sampai mencapai bentuk pohon Sanse Hybrid sekitar satu tahun.

Silahkan mencoba …. Semoga bermanfaat.

Salam Sanselovers …. !!!!

……..
Arief Gunungkidul
pin BB D365ED5B
Sms/whatsapp 085643539399
Lokasi : Gunungkidul, Yogyakarta, Indonesia

12 Oktober 2014 - Posted by | Tanaman Hias Sansivera - Sanseviera | , , , , ,

2 Komentar »

  1. Terima kasih

    Komentar oleh Anonim | 9 Februari 2015 | Balas

  2. […] pada Sanse ini bersifat permanen. Garansi 100% … Bukan TB ( tua buram ), bukan juga sanremo. Apabila […]

    Ping balik oleh [ Sanse ] Pabrikan Sansevieria Robusta Varigata [ Titip Jual ] « Ariefmas's Weblog | 22 Oktober 2016 | Balas


Dipersilakan mohon Komentar di SiNi [trima kasih]

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: