Ariefmas's Weblog

Sejenak Menapak Riuhnya Dunia Maya

Konsumen Korban Penipuan Online Harus Melapor Kemana ? [ Perlindungan Hukum ]

Pertanyaan sederhana .. Konsumen Korban Penipuan Online Harus Melapor Kemana ?
Tentunya pakar hukum dan atau praktisi hukum yang bisa menjawab dengan pasti.

Sebelum ada pakar hukum yang memberi pencerahan, tidak usah bingung …. tenang …. menempuh cara sederhana saja, penipuan online yang sepertinya termasuk delik aduan, konsumen korban  bisa melapor ke kantor Polisi Sektor terdekat. Untuk nanti diteruskan menurut aturan prosedur hukum yang berlaku, sebagai bentuk perlindungan hukum bagi masyarakat. Tentang hasil kelanjutannya bagaimana, yang penting sudah usaha. Tentu kepolisian semakin canggih mengikuti perkembangan jaman, sebagai pengayom dan pelindung masyarakat.

Agar lebih aman, sebelum belanja online, baca terlebih dahulu banyak tips petunjuk agar tidak menjadi santapan penipu-penipu online yang bergentayangan memanfaatkan sisi kelemahan transaksi  media internet.

Secara statistik saya tidak paham pasti, namun crowd dunia maya pengguna internet sepertinya semakin banyak saja. Sama halnya di dunia nyata, semakin banyak penduduk, maka kemungkinan besar crime kejahatan juga peluangnya semakin besar. Perlindungan hukum di dunia nyata sudah lumayan terjamin. Akan tetapi bagaimana dengan di dunia maya yang menjadi media dari kehidupan nyata ( transfernya nyata,  rekeningnya nyata, barang yang dikirim juga nyata ). Sebenarnya sama saja seperti kalau kita bertemu langsung antara penjual dan pembeli.

Belum lama ini saya mendapat curhat ada yang membeli tanaman via online senilai lebih satu juta. Sampai sekarang tidak ada kabar pengiriman. Penjualnya juga tidak bisa dihubungi ( nomer handphone tidak pernah aktif lagi, dll ). Saya sarankan untuk lapor ke kepolisian terdekat.

Itu masih mending. Yang repot kalau order benar-benar dikirim, tapi hanya kirim tanah saja. Tanamannya tidak ada. Itu lebih canggih. Karena bukti pengiriman jelas ada. Kemungkinan kecil bisa diurus.

Kepercayaan  .. ya … dalam transaksi jual beli online .. itulah yang paling penting.

Jadi bagaimana ??? Selanjutnya terserah Anda … yang pasti, sedikit promosi, biarpun tidak mencantumkan alamat lengkap, namun transaksi online di SiNi dijamin 100% aman …
Alamat lengkap hanya diberikan bagi yang berminat berkenalan lebih dekat dan berkunjung. Silahkan ..

Rekening  BRI juga lumayan bisa menjadi ukuran aman tidaknya transaksi online. Karena rekening BRI hanya bisa dibuka dengan KTP di wilayah kecamatan domisili nasabah. Walaupun sedikit peluang, bisa saja membuka rekening menggunakan KTP palsu. Akan tetapi termasuk usaha aman, pemakaian rekening seller di BRI, bisa menjadi jaminan.

Pin BB dan nomer HP yang tidak pernah berubah sejak waktu yang lama, dan bisa dihubungi sampai sekarang, juga bisa menjadi ukuran aman buat Anda transaksi via online.

Ada lagi tips aman yang lain lagi ?
Atau ada yang ingin curhat telah menjadi korban penipuan online ?
Silahkan bebas saja menulis di kolom komentar …

Terima kasih perhatiannya.

Salam Flora …

M. Arief B.
pin BB D365ED5B
sms / whatsapp 085643539399
Instagram ariefgunungkidul
Gunungkidul, Yogyakarta, Indonesia

WordPress for Android

19 April 2015 - Posted by | Catatan Saya | , , , , , ,

Belum ada komentar.

Dipersilakan mohon Komentar di SiNi [trima kasih]

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: