Gambar Kandang Burung Puyuh Petelur

Gambar kandang yang saya tampilkan di sini merupakan salah satu model dari banyak model kandang burung puyuh petelur.
Kandang-kandang seperti ini yang sekarang saya pakai dengan banyak kelebihan dan kekurangannya…
Silahkan dinikmati terlebih dahulu gambar-gambarnya, kemudian di bawah nanti coba saya terangkan kelebihan dan kekurangan kandang dengan model seperti ini, termasuk bahan-bahan yang dipakai sekaligus harga-harganya (harga sekarang)…


Ukuran kandang:
Tinggi : 180 cm
Lebar : 80 cm
Panjang : 2 meter

Kandang dibuat terlebih dahulu dengan 4 tiang utuh tinggi 180 cm. Setelah jadi, kemudian tiang dipotong, sehingga nanti terdiri atas 2 bagian. Bagian yang atas ada 2 tingkat, bagian yang bawah ada 3 tingkat.
Masing-masing tingkat memuat 100 ekor populasi, sehingga 1 unit kandang ini memuat 500 populasi.

Kelemahan:
- Lembab (bagian bawah)
- Gelap (bagian bawah)
- Agak sulit mengontrol kalau ada kematian (harus cermat)
- Terlihat sempit (terasa kurang tinggi, kurang leluasa), jadi burung puyuh tidak bisa melompat-lompat.
- Membutuhkan penerangan listrik siang malam di rumah induk.

Kelebihan:
- Praktis, bisa memuat banyak kandang untuk lahan sempit

Bahan-bahan yang dibutuhkan per-unit kandang :
- tiang dari kayu mahoni 3,5cm x 3,5cm, @Rp 10.000
4 x Rp 10.000 : Rp 40.000
- reng kayu mahoni 2 meteran membutuhkan 20 batang, @Rp 2000
20 x Rp 2000 : Rp 40.000
- reng kayu mahoni 1 meteran membutuhkan 95 batang, @Rp 1000
95 x Rp 1000 : Rp 95.000
- kepang/anyaman bambu 2×1 meter membutuhkan 5 lembar, @Rp 7500
5 x Rp 7500 : Rp 37.500
- bambu 3 batang, @ Rp8000
3 x Rp 8000 : Rp 24.000

————–
maaf, diteruskan besok pembahasannya………

=========================================>

by. PUYUHJAYA

123 gagasan untuk “Gambar Kandang Burung Puyuh Petelur

  1. slm knl bg .sy mau coba2 ternak puyuh petelur?apa saja yg perlu saya persiap kan?apakah lebih baik mulai ternak dengan puyuh yg sdh bs telur umurnya 2 bln spy lebih hemat.soalnya modal saya cuma 7jt bang.trimh ksh tas perhatiannya bang

  2. Ping-balik: Resep Ramuan Tradisional untuk Pengobatan atau Pencegahan Penyakit pada Puyuh | [PUYUH JAYA]

  3. Supaya kotoran tidak bau bisa diberi probiotik biasanya dari bakteri bacillus sp, ditoko pertanian ada, yang banyak dipakai EM4 tapi saya pakai Prolimba karena sudah banyak yang pakai di peternakan ayam hasilnya lumayan bisa meredam bau dengan cara disemprotkan ke kotorannya ada juga yang diminumkan cuma saya belum coba untuk EM4 juga belum pernah coba, bisa juga yang dicampurkan ke pakan cuma saya lupa nama obatnya..

  4. mohon maaf, numpang bertanya, saya tertarik n berminat utk berternak puyuh, saya akan memulai, semua bahan masukan, mulai dari kandang n penanganan permasalahan sudah saya dapatkan dari berbagai artikel.
    Saya ingin bertanya satu hal..
    Apa sih prinsip dasar untuk memulai berternak puyuh ini…???
    Terimakasih.

  5. mohon info donk pak !!
    yg jual bibit puyuh area malang jawa timur,, dan pengepul atau kemitraan telur puyuk konsumsi, trm ksh :)

Dipersilakan mohon Komentar di SiNi [trima kasih]

