Ariefmas's Weblog

Sejenak Menapak Riuhnya Dunia Maya

[ Bisnis Online ] Bapak Penjual Bunga dari Gunung Kidul

image

Teringat suatu waktu  ada yang menyapa saya dengan sebutan  “Bapak penjual bunga dari Gunung Kidul” …
Eh iya ya ….. selain mengingatkan bahwa saya memang ( tak terasa ) sudah bapak-bapak, juga label penjual bunga rupanya tertempel manis  melekat pada diri saya.
Tentu yang dimaksud bukan bunga dalam arti mekar, namun bunga sebagai istilah untuk tanaman hias secara umum mulai dari Sanse, Aglaonema, Puring, dan lain-lain …

Online .. ya tentu saja. Ketika jarak, ruang, dan waktu tak lagi menjadi pembatas. Dunia internet demikian mendekatkan kita semua dari berbagai penghujung belahan bumi ini. Sehingga dunia maya membuka lebar-lebar bisnis yang nyata.

image

Jika ditanya bagaimana cara memulainya .. Saya tidak bisa menjawab dengan pasti. Yang jelas semuanya berawal dari hobi. Hobi pada tanaman, hobi menulis, dan hobi pada dunia maya internet walau yang terakhir ini dengan segenap keterbatasan sarana dan prasarana. Yang mana hal mengenai keterbatasan fasilitas janganlah menjadi alasan halangan utama. Maksimalkan apa yang ada biarpun  dengan alat yang terhitung minimal seadanya, yang penting bisa.

image

Kepercayaan.
Itu selanjutnya menjadi modal utama. Harus ada di kedua belah pihak dalam transaksi online. Maka keharmonisan dan kelancaran akan terjaga, untuk meraih kesuksesan bersama.

image

Saya sedia bermacam aneka tanaman berbagai jenis dengan rupa-rupa variasi harga …
Begitulah bisnis online bapak penjual bunga dari Gunung Kidul Yogyakarta 🙂
Apakah selengkap itu ?

Ya … awalnya dulu memang mulai dengan menjual hasil produksi sendiri .. ataupun juga yang menjadi koleksi alias kolekdol.
Namun seiring berjalannya waktu, lama kelamaan tidak mencukupi memenuhi berbagai permintaan. Hingga akhirnya bisnis online tanaman hias yang semula sekedar hobi, mulai bergeser juga sebagai seller sekaligus hunter tanaman.
Beruntunglah mempunyai teman-teman yang baik hati, yang memberi kesempatan untuk memotret dahulu tanaman yang dimiliki untuk menjadi salah satu aset jualan. Penawaran biasa via BBM atau Whatsapp.
Terus berlanjut ke transaksi.

image

Emang salah jual bukan punya sendiri ?
Lho … siapa yang menyalahkan ?
Ya memang tidak ada yang menyalahkan. Hanya suka ada yang terlihat mempersoalkan.
Lantas jualan yang bukan punya sendiri apakah masalah ( buat loe ) ..
Yang penting kan tertib. Baik ke pemilik barang maupun ke pembeli. Selesai kan …
Yang penting juga, mau beli atau tidak …
Itulah selanjutnya selain koleksi, produksi, juga menjadi menjadi seller, hunter, bahkan broker ..

Anda mencari tanaman apa ? Saya siap … 🙂

image

Proses transaksi dengan saya itu mudah kok.
Penawaran berlanjut via BBM atau Whatsapp. Atau saya upload dulu di blog ini juga tidak masalah.
Setelah deal … ya lanjut transaksi. Dihitung total dengan perkiraan ongkos kirim, setelah transfer penuh, baru barang saya kirim.

Yang sering sekali saya alami di transaksi online selama ini, adalah ( teman-teman seller menyebutnya ) PHP. Alias cuma ngerjain.

image

PHP begitu sebenarnya tidak masalah … jika barang pas kebetulan milik sendiri. Tapi jika pas motret yang punya teman, terus sudah dideal sama pembeli, kalau dulu saya langsung memberitahu teman kalau barangnya positip laku. Saya sanggupi ambil. Yaaach kalo ternyata pembelinya PHP, akhirnya tetap saya beli juga.
Buat nambah koleksi atau bahan untuk ditani.

Kalau sekarang tidak begitu. Baik milik sendiri maupun motret punya teman, sebelum pasti ada transfer, saya mengharap tapi tidak lagi begitu mengharap. Belum saya persiapkan. Daripada kecewa kan …

image

Setelah ada transfer, jika packingnya cukup besar, dan pengiriman yang kilat memakai.pesawat, biasanya saya urus dulu surat karantina dari Balai Karantina Pertanian.
Daripada kena sensor xray bandara terus paket kita dikembalikan. Itu alamat ongkos kirimnya hangus. Lebih tenang ya urus Surat Karantina.

image

image

image

image

image

image

Bisnis online Bapak penjual bunga dari Gunung Kidul … Sebutan itu cukup berkesan buat saya.
Ada sisi kehidupan lain di samping yang nyata kita alami dalam keharian. Yaitu kehidupan online. Bisa jadi media internet dianggap semakin menjanjikan dalam bisnis. Buktinya akhir-akhir ini saya perhatikan banyak bermunculan lapak-lapak online.
Mengapa tidak ?

image

Persaingan ?
Itu wajar dan baik adanya. Asal fairplay dan tidak saling menjatuhkan, saya kira tidak masalah.
Malah dengan adanya persaingan, akan memunculkan kreatifitas dan sekaligus saling berlomba dalam kebaikan … mulai dari kebaikan pelayanan, sampai pada kebaikan usaha kita yang maksimal.
Toh sama-sama mencari rejeki di atas negeri yang gemah ripah loh jinawi. Negeri yang indah dan kaya.

image

Persaingan … menjadi cambuk untuk terus kita memperbaiki diri … Jangan jadikan persaingan sebagai hambatan. Tapi jadikanlah persaingan sebagai motivasi …

image

Akhirnya saya ucapkan salam semangat enterpreneur dimanapun Anda berada.
Kita adalah bangsa dengan etos kerja yang mumpuni. Mari menjadi tuan rumah di negeri sendiri.

Salam online dari pucuk gunung di tlatah Gunung Kidul …

image

Arief Gunung Kidul
SMS / WA 085643539399
Pin BBM D365ED5B
Gunung Kidul, Yogyakarta …

….

1 Juli 2015 - Posted by | Catatan Saya | , ,

Belum ada komentar.

Dipersilakan mohon Komentar di SiNi [trima kasih]

